Chicken Cordon Blue Rumahan

Friday, January 21, 2011

Kemarin malam si Vani udah merengek-rengek minta dimasakin Salmon Steak. Cuma berhubung si Mami hari itu udah masak Gurame Asam Manis, jadi saya membujuk Vani untuk menunda masak-masaknya sampai besok. Eh dia mau tapi malah minta dibuatin Chicken Cordon Blue, padahal saya belum pernah buat sebelumnya. Tapi berbekal nekat akhirnya hari ini, meskipun pusing-pusing, saya berhasil bikin Chicken Cordon Blue ala restoran-restoran itu. Hehehee..



Bahan :
-  Dada ayam tanpa tulang dan kulit
-  Smoked beef atau beef bacon
-  Keju cepat leleh ( saya pakai kraft quickmelt ), iris tipis *mau tebal juga boleh, sesuai selera saja*
-  Merica garam secukupnya
-  1 Telur, kocok lepas
-  Tepung terigu
-  Tepung roti

Cara Membuat :
-  Pipihkan dada ayam yang sudah terbelah sampai ketebalannya kurang lebih 1/2 cm.
-  Bumbui dada ayam dengan lada dan garam, sisihkan sebentar.
-  Taruh satu lembar smoked beef dan satu lembar keju diatas dada ayam, lalu gulung hingga posisi keju dan smoked beef berada di tengah dada ayam.
-  Lumuri dada ayam dengan tepung terigu sampai merata. Kibaskan dada pelan-pelan untuk menghindari kelebihan terigu yang menempel.
-  Masukkan dada ayam ke kocokan telur dan gulingkan ke tepung roti hingga rata.
-  Jika ingin bumbu lebih meresap bisa didiamkan di kulkas kurang lebih 30 menit namun jika ingin langsung memasaknya dapat langsung digoreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan.

Sebagai pelengkapnya saya menggunakan french fries dan setup sayuran, biar nggak cuma makan daging doang nih si Vani. Untuk sayurannya bisa dimasak dengan cara direbus sebentar, dikukus, ataupun di-sautee dengan butter untuk menambah citarasa gurih.

Sedangkan untuk sausnya bisa diberi saus sesuai selera. Mushroom sauce, creamy sauce atau saus tartar cocok dimakan dengan ayam ini. Kalau saya karena waktu itu sudah malas dan keburu pusing, akhirnya saya cuma nemplokin mayonnaise di pinggir piring sama saus sambal. Hehehe...Yang penting jadilah. Si Vani juga lahap makannya, sampai habis 3 lho.. 

You Might Also Like

1 comments

  1. Menu yg bagus. Sayangnya nyeritain si vani, wkwkwk

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe