Ayam Kodok

Monday, April 25, 2011

Meskipun tidak menggunakan daging kodok dalam pembuatannya, namun kodok tetap dicatut untuk menjadi nama masakan yang super lezat ini. Saya adalah salah satu penggemar ayam kodok. Bagaimana tidak, saya tidak mampu menolak ayam utuh tanpa tulang yang diisi oleh telur ayam dan daging ayam yang sudah dibumbui dan kemudian dipanggang. 
Resep ayam kodok ini saya peroleh dari tetangga yang kebetulan punya usaha katering. Karena lihat saya doyan makan, dengan baiknya beliau membagikan resep-resep masakannya yang enak-enak. Dari dulu sampai sekarang tidak pernah coba resep lain karena sudah jatuh hati sama resep ini. Si Mami juga sering membuat ayam kodok ini jika sedang ada acara spesial di rumah ataupun di kantornya. So far, nggak pernah ada yang nggak doyan. Meskipun pembuatannya sedikit merepotkan dan agak lama, tapi hasilnya benar-benar worth it. Super lezat!

ayam kodok utuh (terlihat 'gembul' ^^" )
AYAM KODOK
Bahan :
1 ekor ayam utuh
4 butir telur ayam rebus
2,5 ons daging sapi giling
100 ml susu cair
Bumbu ayam kodok :
2 butir telur, kocok lepas
3 sdm kecap inggris
garam, merica, pala bubuk
Bumbu olesan :
2 sdm mentega, cairkan
1 siung bawang putih, cincang halus
1 sdt merica hitam

Cara Membuat :
1. Ayam utuh dikuliti, jangan sampai sobek. Jika sobek segera jahit. Daging ayam yang telah dilepas cincang halus.
2. Rendam roti tawar dalam susu cair sampai hancur. Sisihkan.
3. Campur daging sapi dan daging ayam cincang. Tambahkan roti tawar yang telah hancur, bumbu, dan 2 butir telur. Aduk rata.
4. Masukkan semua daging dan telur rebus kedalam kulit ayam. Jahit kulitnya. Olesi kulit dengan mentega dan kukus hingga matang.
5. Letakkan ayam di loyang. Olesi dengan bumbu olesan, panggang di oven hingga kulit berwarna kecoklatan.

Sausnya bisa pakai saus macam-macam kok. Rasa-rasanya hidangan ini cocok dimakan dengan segala jenis saus. Ah, jadi kepingin makan lagi..

Ayam kodok mini portion =p

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe