Easy Pizza

Tuesday, April 12, 2011

Googling sana sini karena penasaran pengen buat pizza sendiri. Coba buatnya sedikit dulu, takut kebanyakan dan gagal. Hehehe..ternyata bahan doughnya simpel sekali. Percobaan kali ini maunya coba buat thin crisp pizza, bukan yang tebal ala Pizza H*t itu, tapi waktu menipiskan adonan ternyata masih kurang tipis. Jadinya tebal rotinya nanggung.
Kalau toppingnya bisa diisi apa saja sesuka hati. Saya buat dua macam, satu yang tunamelt dan satu lagi yang spesial. Spesial disini maksudnya toppingnya lengkap, dari mulai daging, jamur, paprika, jagung, dan sosis. Saking banyaknya, pizzanya sampai susah diangkat karena keberatan topping. Hahahaa..



Pizza ini enak dimakan waktu hangat, karena sewaktu kering kulit pinggirnya jadi keras. Kalau doughnya benar-benar tipis sih enak, tapi karena pizza saya nggak tipis nggak tebal, jadi lumayan terasa kerasnya. Kalau mau roti pizza yang empuk setelah dingin, memang harus ditambahkan pengempuk roti/bread improver. Saya memang nggak pakai, habis nggak ada di rumah dan lagi saya baru coba-coba bikin. Nanti kapan-kapan dicoba yang pakai bread improver biar tahu bedanya. 

Bahan Pizza Dough (diambil dari sini) :
1 sdm ragi instan
150 ml air hangat
1 sdt gula pasir
 250 gr tepung terigu protein sedang (kalau ada yang protein tinggi lebih bagus)
1 sdm minyak zaitun
1 sdt garam


Cara Membuat
- Larutkan ragi dengan air, tambahkan gula, aduk rata. Diamkan kurang lebih 10 menit.
- Campurkan terigu, aduk hingga kalis.
- Masukkan minyak zaitun dan garam, aduk kembali hingga rata dan kalis.
- Tutup wadah dengan kain lembap. Diamkan adonan selama 1 jam. 
- Bagi menjadi 2-3 bagian, tipiskan di loyang.
- Olesi pizza dengan minyak zaitun, saus dan beri taburan topping sesua selera. Taburi dengan parutan keju mozarella (kalau saya, pakai campuran mozarella dan cheddar).
- Oven 20 menit suhu 200 'C 


Untuk sausnya saya hanya mencampur pasta tomat dengan tomat segar yang sudah dipotong kecil-kecil dan ditumis dengan bawang bombay cincang hingga layu. Tambahkan basil, oregano, bay leaf, merica, garam, dan sedikit gula. Kalau mau pakai saus spaghetti instan juga bisa untuk pengganti pasta tomat. Kayaknya lebih enak deh. *drooling*

You Might Also Like

2 comments

  1. lin,,,keju mozarela mahal kan yak??

    ReplyDelete
  2. hmm, nggak begitu, Wien. Aku beli satu pack gitu cuma 18 rb aja kok. Untuk buat 3 pizza masih sisa setengahnya. Irit. hehee..

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe