Madeleine Bistro

Wednesday, June 13, 2012

 Madeleine Bistro sudah terkenal sejak cukup lama sebagai modern style french bistro dengan harga yang cukup affordable. Suasana restorannya pun terbilang cukup berbeda, sementara beberapa restoran perancis di Jakarta menganut konsep fine dining, maka Madeleine memiliki ambiance yang lebih casual dan nyaman dengan dekorasi ruangan yang tertata apik dan cukup mendetail.




Saya terkesan dengan pelayanannya yang maksimal. Sang waitress mampu menjelaskan seluruh menu yang kami tanyakan dengan mendetail bahkan memberikan rekomendasi yang tepat. Kami memesan menu entree berupa Escargots a la Madeleine dan Salade Nicoise. 

Complimentary Bread
Salade Niçoise (55K) ini merupakan salad tradisional dari Nice yang berisi sayuran, tuna dan anchovies. Sepintas, salad ini tampak biasa saja, namun ketika dicoba saya harus mengakui kalau salad ini memang lezat. sayurannya ternyata telah diberi beberapa herbs yang diimpor langsung dari Perancis, rasanya benar benar seimbang antara segar, sedikit asam dan juga gurih. Tunanya juga super lezat. Tekstur, rasa dan kesegarannya patut diacungi jempol.


Yang kedua adalah Escargots a la Madeleine (75K). Hidangan yang terbuat dari 4 siput yang telah dikeluarkan dari cangkangnya ini dilumuri oleh saus garlic butter yang gurih dan wangi. Ditambah lagi dengan pelengkapnya berupa duxelle (tumis cincangan jamur), jamur goreng, dan sun dried tomato tapenade (semacam pure zaitun dengan tomat kering yang dilumatkan).  Ini pertama kalinya saya mencoba escargots, dan menurut saya rasanya lezat. Teksturnya kenyal namun tidak liat, garlic butter dan tomato tapenadenya berpadu sempurna dengan duxelle jamur yang sangat gurih. Keduanya benar-benar hidangan pembangkit selera makan yang baik.


Complimentary Granita
Kami mencoba Gnocchis Fait Maison (85K) dari deretan pastanya yang tidak terlalu banyak. Gnocchinya dimasak dengan sempurna. Chewy dan sedikit kenyal dengan saus krim yang ringan namun agak hambar. Sedangkan Honey Glazed Chicken (65K) yang dilengkapi butter rice dan bayam hasil rekomendasi sang waitress memang tidak salah. Sekilas memang terlihat biasa saja, namun begitu dicicipi rasanya sungguh enak! Daging paha ayam termarinasi dengan baik, bumbunya cukup meresap. Rasa manisnya tidak terlalu dominan. Bahkan bayamnya pun terasa lezat walaupun penampakannya hanya seperti bayam rebus biasa.


Selain itu kami juga memesan Doris et ses Artichauts (85K) yaitu berupa fillet dory panggang dengan ragout arthicoke dan saus garlic. Saya tidak terlalu terkesan dengan ikan dorinya walaupun dimasak dengan kematangan yang tepat. Justru ragout arthicokenya yang menurut saya patut diacungi jempol.

 
Côte d'Agneau Croustillante aux Groseilles Rouges (195K) ikut melengkapi santap malam kami. Lamb chop yang dibumbui oleh red currant mustard disajikan dengan ratatouille, mashed potato dan saus mint akan terasa sangat lezat apabila bau prengus dari lamb chopnya benar-benar hilang. Untuk ratatouillenya, menurut saya masih lebih enak ratatouille dari Bibliotheque.

Dessert Madeleine tidak banyak variannya namun cukup membuat kami kebingungan memilih. Akhirnya kami memesan Trio de Gâteaux Madeleine (40K) dan Cold Chocolate Cheesecake (40K). Trio Madeleine berisi madeleine dengan tiga rasa yang berbeda yaitu macadamia, raspberry dan coklat yang dilumuri oleh saus berry dan coklat. Tidak ada yang istimewa pada hidangan pencuci mulut ini.
Cold Chocolate Cheesecake dilengkapi oleh semacam orange jeli yang disebut blood orange gelee karena warnanya yang merah cerah. Teksturnya cukup unik karena tidak seperti jeli pada umumnya. Rasanya enak dan menyegarkan! Secara keseluruhan saya menyukai si cheesecake coklat ini.Saya sangat menikmati santap malam saya kali itu. Semoga Madeleine bisa terus mempertahankan konsistensi rasa masakan dan pelayannya yang memuaskan.






Madeleine Bistro
http://madeleinebistro.co.id/
@madbistrojkt
Jl. Kemang Raya no. 89 Jakarta. 
021-71794538

You Might Also Like

6 comments

  1. kak, makanan di madeleine bistro ama harganya sepadan ga? nice blog.. btw, mau exchange link ama blog ku? www.elvina-febriani.blogspot.com looking forward to hear ur reply :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepadan banget. Good food, good ambiance and good price I think.
      Sip, salam kenal yaa..nice blog btw. =)

      Delete
  2. Hun, mau dunk kesini November ntarrr....hehehe

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe