Lesehan SBTB

Wednesday, September 05, 2012

Tidak jarang saya mendengar keluhan beberapa orang mengenai lesehan Malioboro yang mengecewakan. Harganya mahal tapi masakannya tidak enak atau bahan-bahan yang digunakan tidak lagi segar. Saya sendiri tidak pernah makan di lesehan Malioboro yang menurut saya lebih menjual suasana dibandingkan makanannya. Namun, Lesehan Burung Dara Sebelah Barat Terang Bulan ini rasanya perlu diberikan pengecualian.

Buka mulai malam hari, persis di emperan toko batik Terang Bulan, lesehan mulai digelar. Namun, belum lagi 5 menit tikar digelar, pengunjung sudah langsung memadati lesehan yang areanya cukup luas. Sekejap saja sudah tidak ada meja yang kosong. Beruntung saya dan sepupu datang lebih awal sehingga kami mendapat tempat.

Menu Lesehan SBTB tidak jauh berbeda dari lesehan kebanyakan. Selain menjual burung dara bakar/goreng, lesehan SBTB juga menyediakan bebek & ayam bakar/goreng. Kami memesan nasi putih (6K), lalapan (4K) dan burung dara yang menjadi andalan lesehan ini.

Burung Dara Goreng SBTB (29K)



Burung dara ini dimasak dengan menggunakan air kelapa dan bumbu-bumbu bacem khas sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan meresap hingga ke bagian dalamnya dan kemudian digoreng hingga kecoklatan. 
Saat masih hangat, tekstur luarnya cukup crispy, dagingnya empuk dan tidak berminyak, tulangnya pun agak lunak. Sambal terasi cocolannya juga luar biasa sedap. Pedasnya kuat namun tetap ada sedikit rasa manis yang menyertainya. 
Sambal terasi SBTB
Lesehan yang sudah mulai buka sejak tahun 1985 ini patut diacungi jempol atas rasa makanannya yang lezat. Terbukti dari pengunjung yang juga tidak berhenti menyambangi, bahkan dengan rela mengantri demi bisa bersantap malam disini. Satu lagi tambahan destinasi kuliner favorit di Jogja!


Suasana lesehan SBTB yang langsung ramai ketika tempat baru disiapkan
 







Lesehan Sebelah Barat Terang Bulan (SBTB)

Open : 21.00 - habis
Jl. Malioboro, Depan Toko Batik Terang Bulan, Yogyakarta  

You Might Also Like

2 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe