Le Gran Cafe

Saturday, August 10, 2013

Beberapa minggu yang lalu saya mendapat undangan dari Gran Mahakam Hotel untuk mencicipi aneka masakan buffet mereka di Le Gran Cafe. Gran Mahakam sendiri terletak di kawasan Blok M yang cukup strategis. Mengukuhkan dirinya sebagai salah satu five stars boutique hotel, Gran Mahakam menyediakan 158 kamar dengan tipe yang berbeda-beda dimulai dari deluxe room hingga suite room dengan fasilitas yang memadai.

 

Meskipun tidak terlalu besar, Gran Mahakam mampu bersaing dengan hotel bintang lima lainnya. Dari mulai furnitur, perabotan hingga desain interior dipilih dengan cermat untuk menampilkan gaya eropa yang berkesan elegan dan mewah. Setiap bunga yang ada di dalam ruangan pun menggunakan bunga asli yang diimpor khusus untuk Gran Mahakam. Hotel ini dilengkapi dengan beberapa restoran andalan, diantaranya Le Gran Cafe, Aoki Japanese Cuisine dan Regal Bar & Lounge



Le Gran Cafe merupakan restoran yang menyediakan buffet dengan aneka hidangan tradisional dan internasional, namun satu nilai plus Le Gran Cafe untuk saya adalah karena ia banyak menggunakan hidangan tradisional khas Indonesia sebagai menu andalannya. Beragam menu khas Indonesia seperti soto mie, Nasi Bali, Nasi Liwet hingga ke jajanan pasar seperti kue Ape, Pancong dan Tahu Gejrot tersedia lengkap. Selain itu beberapa menu lain seperti teppanyaki, salad, soup, sushi, sashimi, hingga pasta juga siap dipilih sesuai selera pengunjung.

 


Ambula Juice (55K)
 


Ambula Juice adalah nama lain dari Jus Kedondong yang menjadi salah satu minuman favorit di Le Gran Cafe. Rasa asam kedondong yang kuat terasa ketika menyisip minuman berwarna hijau ini. Menyegarkan!

Mahakam Beauty (55K)


Minuman ini berbahan dasar mangga, teksturnya tidak terlalu kental, namun rasa mangganya enak. Kadar manisnya cukup dan tidak kalah menyegarkan dari Ambula Juice.

Nasi Bali


Salah satu menu unggulan dari Le Gran Cafe. Menu ini disediakan bergantian dengan nasi liwet sehingga tidak setiap hari tersedia. Seporsi nasi bali berisi Nasi putih, be siap pelalah (ayam suwir khas Bali), telur pindang, serombotan (semacam urap Bali/mixed vegetables with grated coconut), sate sapi, peyek dan sambal. 
Yang menjadi highlight pada menu Nasi Bali Le Gran Cafe ialah sate sapinya. Dagingnya sangat empuk, bumbunya pekat meresap. Ketika dikunyah, rasa manis dari daging sate akan terjejak di lidah yang semakin lama terasa semakin sedap.

Tahu Gejrot


Siapa yang tidak kenal tahu gejrot? Makanan kecil khas Cirebon ini memiliki banyak peminat, oleh karena itu Le Gran Cafe juga menyediakannya dalam menu buffet. Tingkat kepedasannya bisa dipilih sesuai selera pengunjung. Tentu saja saya pesan yang pedas. Rasanya enak, campuran antara manis dari saus gula jawa dan cabe rawit yang ditumbuk serta aroma bawang putih yang kuat tercium saat menggigit potongan tahu.

Kue Ape


Melihat kue ape di hotel berbintang adalah hal yang terbilang jarang, Le Gran Cafe memodifikasi resep kue ape dan menghadirkannya kembali dengan bahan-bahan berkualitas terbaik. Kuenya berwarna hijau, teksturnya lembut, agak sedikit chewy dengan pinggiran berwarna kecoklatan yang renyah. Manisnya pas dengan aroma pandan yang harum. Perfect!

Pancong Kopyor

 
Kue pancong di Le Gran Cafe berbeda karena menggunakan saus durian sebagai dippingnya, belum lagi adonan kue pancongnya dicampur dengan potongan kopyor yang gurih. Teksturnya agak basah dan sangat lembut. Saus duriannya sendiri kental dan legit. Salah satu hidangan favorit saya malam itu.

Soto Mie Mahakam


Salah satu menu unggulan Le Gran Cafe yang saya cicipi malam itu. Ya, soto mie ini memang lezat. Kuahnya bening dan gurih dengan taburan aneka topping seperti mie, potongan telur rebus, risol, potongan tomat segar, dan taburan daun bawang. Tidak lupa potongan dadu daging sapi yang empuk melengkapi sajian tradisional khas Bogor ini. Wajib coba jika anda bersantap di Le Gran Cafe.

Nasi Liwet


Masakan Solo ini juga menambah deretan menu tradisional yang ada di Le Gran Cafe. Nasi liwet yang dimasak dengan campuran santan ini ditemani oleh aneka lauk seperti potongan telur pindang, sayur labu siam, opor ayam, tempe bacem dan kerupuk gendar yang terbuat dari beras. Pada bagian atas lauk masih diberi tambahan areh (santan kental) sehingga rasa gurihnya semakin menonjol. 

Salmon Sashimi


Potongan tipis fillet salmon segar yang dihias dengan daun shiso ini terasa fresh. Dagingnya lembut dan tidak amis. Bagian terbaiknya adalah, sashimi ini bisa diambil sepuasnya karena termasuk dalam menu buffet

Beef Meatloaf


Beef meatloaf ini biasanya terbuat dari campuran daging sapi giling dan telur yang sudah dibumbui dan kemudian dioven hingga matang. Di Le Gran Cafe, Beef meatloaf disandingkan dengan dua macam saus pilihan yaitu mushroom dan blackpepper sauce. Malam itu saya mencoba meatloaf dengan mushroom sauce. Potongan dagingnya cukup padat, namun menurut saya masih agak hambar. Untungnya mushroom sauce memiliki rasa yang cukup kuat, sehingga menjadi penyelamat hidangan yang satu ini.

Teppanyaki



Based on your request, sang chef akan memasakkan teppanyaki dari bahan segar yang bisa dipilih langsung di teppan station. Ada beberapa macam teppan yang tersedia diantaranya daging sapi, ayam dan beberapa jenis seafood seperti salmon dan gindara. Dihidangkan dengan dua macam saus, daging ayam dan sapinya lumayan enak, hanya saja ikannya terasa agak fishy.

Searah jarum jam: Singapore Style Prawn, Lamb Rack with Thyme Juice, Parmentier Potato, Chicken Supreme

Singapore Style Prawn berisi udang yang juicy dengan lumuran saus yang terasa gurih dengan sedikit sentuhan rasa pedas. Lamb Rack in Thyme Juice ini terasa lezat dengan dagingnya yang empuk dan aromanya wanginya yang berasal dari daun thyme.
Parmentier Potato adalah sebutan bagi masakan yang terbuat dari potongan dadu kentang yang kemudian diberi bahan tambahan sesuai selera (di Le Gran Cafe menggunakan paprika) dan kemudian dipanggang. Kentangnya mengandung aroma herbs yang tercium samar-samar, sayang ketika saya cicip kentangnya agak kering, padahal rasanya lezat. Chicken Supreme adalah menu lain yang menjadi favorit saya malam itu. Ayamnya sangat empuk dan gurih. Gurihnya creamy sauce terasa hingga ke bagian dalam daging. Enak!

Banana Crepes


Banana Crepes ini baru dibuat ketika pengunjung memesan untuk menjaga kualitasnya. Crepesnya lembut, potongan pisang di atasnya juga manis, matangnya pas. Cocok sekali untuk penggemar sajian berbahan dasar pisang.

Chocolate Melt


Chocolate melt ini dihidangkan dengan es krim dengan pilihan rasa sesuai selera dari mulai es krim chocolate, strawberry ataupun vanilla. Ketika disendok, dari dalam cake yang padat dan moist muncul lelehan coklat pekat yang manis.  Ukurannya memang agak mini, tapi tidak jadi masalah karena kita bisa mengambil lagi sepuasnya, seperti yang saya lakukan pada waktu itu. :)

Beignet & Marshmallow



Mashmallow & roti berbentuk seperti lady finger ini adalah salah satu dari beberapa jenis pasangan chocolate fondue fountain yang terdapat di salah satu sisi restoran. Berbagai macam topping tambahan seperti meises, sukade, chocolate chips, pistachio tersedia lengkap. Jika ingin yang sedikit segar, cobalah menjodohkan "sate" buah-buahan segar dengan coklat leleh ini.

Mahakam Lotus Ice & Lobi-Lobi Ice


Kedua es ini adalah menu spesial dari Le Gran Cafe. Penyajiannya unik karena mangkoknya terbuat dari es yang dipahat sendiri sehingga menjamin esnya akan tetap dingin. Mahakam Lotus Ice berisi biji teratai, longan, jelly, jagung yang terasa segar dengan aroma leci yang menyegarkan. Lobi-Lobi Ice juga tidak kalah menyegarkan karena menggunakan buah lobi-lobi yang manis dan sedikit asam yang membuat rasanya unik.

Kopyor Durian


Di Le Gran Cafe ini kopyor kembali dijodohkan dengan durian dalam bentuk minuman. Kopyornya sendiri saja sudah juara segarnya, apalagi ditambah dengan durian yang manis dan legit. Saat dicicip, esnya beraroma durian yang memikat dengan tekstur kenyal kopyor di sela-selanya. Kombinasi minuman yang tidak akan pernah salah!

 





Saya sangat senang bisa mencicipi aneka hidangan Le Gran Cafe yang lezat, terlebih lagi bisa menikmati aneka masakan Indonesia dengan kualitas dan rasa yang prima. Jika ingin mencicipi hidangan dari Le Gran Cafe ini datanglah pada saat makan siang ataupun makan malam. Yang menarik, dari bulan Juli hingga akhir Agustus ini, Le Gran Cafe mengadakan promo lunch buy 1 get 1 seharga Rp. 258,000nett yang berlaku setiap hari dari Senin hingga Minggu.




LE GRAN CAFE  
Gran Mahakam Hotel
www.granmahakam.com
Facebook  | Twitter 
Jl. Mahakam I No.6, Blok M Jakarta 12130
(021)720 9966


You Might Also Like

1 comments

  1. halo aline,
    sya hobi bikin juice meskipun masih pemula, kadang rasanya enak kadang malah ga karuan hehe..

    salam kenal

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe