Kazan Ramen Express

Wednesday, February 26, 2014

Beberapa hari yang lalu saya mencicipi ramen baru di Lotte Avenue Shopping. Ramen ini belum lama dibuka, lokasinya mudah ditemukan karena berada di food court. Kazan Ramen Express ini telah buka lebih dulu di Osaka, Jepang sebelum akhirnya membuka outlet pertamanya di Jakarta.
Kazan sendiri memiliki arti gunung berapi dalam Bahasa Jepang. Nama ini dipilih karena penampilan ramen sebelum dihidangkan ini menggunakan penutup khusus berwarna merah yang mengeluarkan asap dari bagian tengahnya, mirip seperti gunung berapi.




 
Kazan Ramen memiliki 2 macam ramen base yaitu vegetables broth dan chicken broth. Masing-masing ramen base ini memiliki beberapa varian rasa lagi. Kali ini saya mencoba varian dari chicken broth ramen Kazan Express. Kazan Ramen dihidangkan di dalam mangkuk batu yang telah dipanaskan hingga mencapai suhu 300 derajat, sehingga panasnya akan bertahan lebih lama. Kuah ramen dihidangkan terpisah dan dapat dituang sendiri sesuai selera pengunjung.
 
Tori Kazan Shoyu (49,8K)

 
Tori Kazan Shoyu adalah chicken broth ramen dengan campuran kaldu dan soy sauce. Kaldu ayam yang digunakan dalam ramen bukan merupakan kaldu yang bening, melainkan berwarna kecoklatan/keruh. Rasa gurih yang agak asin mendominasi kuahnya. Tapi setelah diaduk di dalam mangkuk batu dan didiamkan sebentar, gurihnya akan terasa lebih pekat dan tidak lagi terlalu asin. 
Saya suka sekali rasanya yang ringan, gurih dan sedikit milky. Mienya bertekstur kenyal dengan aneka sayuran segar sebagai campurannya. Sepotong paha ayam yang juicy menjadi pelengkap chicken broth ramen ini.
 
 
Tori Kazan Karamiso (49,8K)

Ramen ini sedikit berbeda dengan Tori Kazan Shoyu karena menggunakan campuran miso dan kaldu ayam yang menciptakan rasa gurih dan sedikit manis dengan aroma nutty. Untuk ramen Tori Kazan Karamiso ini diberikan tambahan topping berupa ayam cincang yang dibumbui pedas. Saya sendiri lebih suka ramen Tori Kazan Karamiso ini dibandingkan Shoyu. Rasanya unik membelai lidah, apalagi jika dinikmati selagi panas. Sedap!
 
Tori Kazan Shio (49,8K)
 
Tori Kazan Shio adalah ramen yang menggunakan campuran kuah yang terbuat dari kaldu ayam dan garam. Di Kazan ramen, Shio ramen ini tidak bening seperti Shio Ramen pada umumnya. Warna kuahnya putih, mirip seperti susu. Saat dicoba, kuahnya terasa gurih dan lebih ringan bila dibandingkan shoyu dan miso ramen.
 
Tori Kazan Curry (54,8K)

Seperti namanya, ramen ini berkuah kari dengan base kaldu ayam. Rasa kari jepang yang harum dan kaya rempah ini tercium jelas saat menyuapkan mie kenyal ini ke dalam mulut. Enak, tapi tidak terlalu istimewa. Kuahnya tidak terlalu kental, namun samar-samar tercium wangi rempah dengan paduan yang pas dari kuah kari yang berwarna kuning keemasan ini.  
 
Boiled Egg (9,8K), Japanese Fried Chicken (9,8K) & Fried Dumpling (24,8K)

 
Di samping ramen yang bertopping cukup lengkap, Kazan ramen juga menyediakan side dish seperti boiled egg  ataupun Japanese fried chicken. Japanese fried chicken ini tidak lain adalah karaage yang disajikan berbentuk sate. Satu tusuk berisi dua karaage yang juicy dan renyah. Fried dumpling juga tersedia sebagai tambahan menu pendamping, isiannya sudah lezat, hanya saja menurut saya kulitnya masih terlalu tebal untuk ukuran dumpling.
 

Cold Stone Ice Cream (29,8K)
Banana Chocolate, Strawberry Milk, Caramel Peach



Sebagai dessert, Kazan ramen menyuguhkan tiga macam pilihan ice cream yang cukup unik. Keunikan es krim ini terletak pada penyajiannya yang menggunakan cold stone (mangkuk batu yang dibekukan). Es krim ini kemudian harus diaduk dan ditekan-tekan menggunakan sendok ke dasar mangkok sebelum dinikmati agar semakin lezat.



 
 
KAZAN RAMEN EXPRESS
Food Avenue, unit #FCS-03
Lotte Shopping Avenue, 4th Floor
Jl. Prof Dr Satrio Kav. 3- 5 Jakarta 12940
 

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe