Plataran Menteng

Wednesday, July 05, 2017

Bagi beberapa orang, Plataran lebih banyak dikenal sebagai tempat untuk menyelenggarakan event seperti pernikahan. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa Plataran juga memiliki restoran yang menggunakan menu khas Asia Indonesia sebagai andalannya. Beberapa bulan yang lalu, Plataran Menteng dibuka untuk umum dan saya berkesempatan untuk berkunjung kesana bersama teman-teman blogger yang lain.






Plataran Menteng memiliki tiga lantai serta sebuah rooftop yang dibalut oleh interior yang berkesan mewah dan classy. Lantai pertama adalah area 'penerimaan tamu'. Area ini terdiri dari 2 area dining dan 2 ruang privat lengkap dengan area bar yang berada di tengah dining area. Lantai dua terbagi menjadi area dining, sebuah lounge, serta empat ruang privat yang bisa digabungkan. Biasanya, jika digunakan untuk pernikahan maka seluruh sekat dilepas dan pelaminan berada di lantai dua ini. Lantai 3 sendiri suasananya lebih santai, dengan akses ke rooftop juga lantai 3 cocok dinikmati untuk ngobrol sore sambil menikmati terbenamnya matahari sore. 









Menu Plataran Menteng tidak juah berbeda dengan Plataran Dharmawangsa, hidangan yang ditawarkan masih berupa aneka hidangan Indonesia dengan sentuhan asia yang terinsipirasi dari era kolonial. Namun, menu andalannya tentu saja berbeda dari tempat lainnya. Berikut makanan yang sempat saya cicipi kala itu.


The Salt (IDR 69.000)
Lemon, Orange, Pineapple, Pomegranate and Tonic



Salad Jantung Pisang (IDR 69.000)
Banana blossom, sprouts and chicken with tangy mild curry relish


Sangat unik. Potongan jantung pisang dipadukan dengan bumbu kari yang ringan dengan pelengkap ayam dan udang sebagai toppingnya. 


Selada Prabu (IDR 149.000)
Braised beef shank with pomelo, jicama, guava and mango slaw served with special dressing


Cocok untuk penyuka hidangan pembuka yang segar karena jaruk bali dan mangga mudanya yang bercitarasa asam. Braised beef yang manis diiris tipis menyeimbangkan rasa asam segar dari saladnya.


Bola Bola Cokro (IDR 115.000)
Chicken squid ball with special peanut sauce


This little chewy and flavourful balls was my favorite! YUM!


Kerapu Menteng ( IDR 70.000/ons)
Crunchy grouper, mint leaves, basil, ginger flower, shallot, red onion, lemongrass with spicy tamarind sauce and ground toasted rice



Kerapu yang dihidangkan digoreng dengan baik. Kering di lapisan kulit namun masih lembut di bagian dalamnya. Sausnya juga lezat, sedikit asam dan pedas, cocok dimakan dengan taburan bawang merah dan kemangi yang bertaburan di atas ikannya.


Udang Sriwedari (IDR 195.000)
King prawn, paprika, onion in yellow curry


Udangnya besar dan juicy dengan bumbu kari pekat yang meresap hingga ke dalam dagingnya.


Kari Ayam Deli (IDR 125.000)
Chicken curry with roti prata


Salah satu hidangan favorit saya yang lain. Karinya sangat harum dengan rasa gurih & creamy yang cukup kuat. Daging ayamnya sendiri empuk. The best part : dip your roti prata to those curry sauce. Yumster!


Pisang Goreng Lombok (IDR 49.000)
Banana stripes with chili relish


Biasanya masyarakat Sulawesi suka memakan pisang goreng menggunakan sambal roa. Namun, di Plataran Menteng, pisang diiris tipis dan digoreng kering sehingga menjadi lebih renyah dan disajikan bersama sambal yang cukup pedas.  



Pisang Bakar Plataran (IDR 52.000)

Grilled banana with cheddar rosti


Dessert mereka ini patut dicoba. Saya suka bagaimana mereka bisa menggabungkan antara pisang bakar, kulit pastry dengan selipan keju cheddar yang cukup banyak di tengahnya. Paduan manis dan gurihnya keju sungguh tak bisa membuat mulut berhenti mengunyah.

Rupanya, selain tempatnya yang luar biasa bagus dan juga nyaman, Plataran Menteng juga sukses dalam menyuguhkan aneka macam hidangan khas Indonesia dengan bumbu yang berani dan juga porsi besar. Plataran langsung menjadi rekomendasi teratas saya untuk restoran keluarga favorit di Jakarta!


See you when I see you, Plataran Menteng!






PLATARAN MENTENG
Instagram
Jl. H.O.S. Cokroaminoto No. 42
Menteng, Jakarta
(021) 2962 7771


Open : 11 AM - 11 PM

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe