Stir Fry Udon

Tuesday, April 19, 2011

Saya coba beli udon basah di supermarket karena suka sama rasa yaki udon Hachi Hachi Bistro. Karena waktu itu nggak benar-benar mencermati kemasannya, sampai di rumah saya baru tahu kalau udon yang saya beli adalah udon rebus. Tapi untungnya tetap bisa digoreng meskipun akhirnya bumbu instan si udon terbuang sia-sia.
Oh ya, Udon adalah mie khas Jepang yang terbuat dari tepung terigu dan sedikit garam. Biasanya diameter udon lebih besar dibandingkan mie biasa. Biasanya di Jepang, udon dapat disajikan dingin maupun panas. Bumbu dasar yang digunakan untuk mengolah udon ini biasanya memakai dashi, yakni kaldu dasar untuk semua masakan Jepang yang terbuat dari kombu dan katsuobushi serta shoyu (kecap asin Jepang).

Membuatnya sama seperti membuat mie goreng biasa. Kali ini saya hanya menambahkan kekian dan jamur untuk tambahan isinya. Rasanya jelas masih berbeda dengan yaki udon Hachi Hachi Bistro, karena udon yang saya masak cenderung lebih kering, sedangkan yang di Hachi Hachi sedikit berkuah. Maunya masak pakai dashi, tapi belum punya. Mau beli kok kayaknya niat banget. Jadi pakai bahan seadanya di rumah saja, seperti biasa. Hehehe...Tapi biarpun begitu rasanya nggak kalah enak, gurih sekaligus manis, cocok sekali dengan tekstur udon yang kenyal dan lembut. 

Stir Fry / Yaki Udon

Stir Fry / Yaki Udon
Bahan :
1 bungkus Udon basah kemasan, sisihkan bumbu instannya jika ada.
1/2 bh bawang bombay, iris tipis
1 siung bawang putih, cincang halus (bisa di-skip)
1 sdm minyak wijen
1 1/2 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis
1/2 sdt kecap asin
garam & merica secukupnya
additional : jamur champignon segar, iris tipis
                    kekian, iris tipis
Cara :
1. Panaskan minyak. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. 
2. Masukkan kekian dan jamur. Tumis sampai jamur layu.
3. Masukkan udon. Tambahkan minyak wijen, saus tiram, kecap manis dan kecap asin. Aduk rata. Tambahkan garam dan merica. Aduk sampai matang.

Simple yet delicious!
 

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe