Bubur Kwang Tung

Wednesday, June 15, 2011

Jangan ragu untuk mencoba bubur istimewa Kwang Tung! Itulah kesan saya setelah mencicipi kelezatan bubur khas racikan restoran yang buka 24 jam ini. Restoran yang bernama Kwang Tung, Seafood Steam ala Hongkong ini memang terkenal dengan buburnya yang sedap. Selain itu, bubur yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari bubur ayam, bubur sapi, bubur ikan, bubur kepiting hingga bubur scallop. Selain itu, Kwang Tung juga menyediakan aneka macam hidangan steam seafood yang juga patut dilirik. 
Dari luar, restoran ini tidak tampak megah, bangunannya agak kecil dengan desain yang cukup oldies. Di bagian depan restoran terpampang akuarium yang berisi ikan, kerang, dan aneka seafood lain untuk menjamin kesegaran bahan masakannya. Di bagian dalam restoran, puluhan foto-foto pelanggan Kwang Tung memenuhi dindingnya. Foto-foto tersebut didominasi artis-artis ternama hingga para pejabat. Hmm..jelas bahwa Kwang Tung bukan sembarang restoran. 


 Kali ini saya mencoba bubur ayam, bubur ikan, dan bubur kepiting serta ayam rebus. Yang pertama datang adalah irisan cakwe yang teksturnya sangat garing. So crunchy! Setelah itu, mangkok-mangkok kecil berisi saus cokelat bening pun ikut berdatangan. Saus cokelat yang terdiri dari irisan jahe, cabai, bawang, dan kecap asin inilah yang menjadi ciri khas dari bubur hongkong. 




Bubur kepiting adalah bubur pertama yang saya coba. terhidang dalam mangkuk besar, seporsi bubur ini dapat dimakan 2-4 orang. Tampilannya sungguh menggoda, terlihat cangkang dan telur kepiting yang menyembul diantara bubur. Rasanya sungguh lezat. Daging dan telur kepiting yang gurih mampu menyatu dengan rasa dan tekstur bubur yang lembut. 
     Setelah itu saya mencoba bubur ikan. Bubur ikan Kwang Tung ini tidak kalah lezatnya dengan bubur kepiting. Padahal tadinya saya sempat agak malas membayangkan makan ikan dalam bubur. Ternyata saya menyesal hanya pesan satu porsi! rasa gurih bubur ikan ini sangat terasa, belum lagi potongan fillet ikan yang cukup besar didalam buburnya. Tekstur fillet ikannya sempurna, sangat lembut namun tidak sampai hancur. 
Tidak ada juga aroma yang menganggu dari seafood-seafood yang dicampurkan ke bubur, melainkan aroma wangi yang menguar dari bubur-bubur tersebut. Bubur ayam adalah bubur yang terakhir saya coba, dan rasanya memang tetap enak meskipun tidak sedahsyat bubur ikan dan kepiting sebelumnya. 

Bubur Kepiting (60K)
Ayam Rebus (70K)
Ayam rebus pesanan kami juga terhidang dalam porsi yang cukup besar. Meskipun tampilannya pucat, namun bukan berarti ayam ini kurang bumbu. Rasanya gurih dengan aroma dari rempah-rempah seperti bawang putih dan jahe. Cocok sekali menjadi teman bersantap bubur yang kami pesan. Overall, kami sangat puas dengan hidangannya. Tidak heran restoran ini hampir selalu padat pengunjung. Mengingat hampir seluruh jenis masakannya diolah dengan cara direbus dan dikukus, maka restoran yang telah buka selama kurang lebih 7 tahun ini tentunya juga lebih sehat. Jadi tunggu apalagi?


Kwang Tung Steam Seafood Ala Hongkong
Jl. Pecenongan Raya No. 67-I Jakarta Pusat
Telp. (021) 3865688

You Might Also Like

2 comments

  1. Wiwien : satu bubur pake satu kepiting lho, wien...dan itu mangkoknya besaar. Porsinya porsi sharing. =)

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe