Gudeg Ceker Bu Joyo

Monday, September 03, 2012

Yogyakarta memang terkenal dengan Gudeg yang lezatnya melegenda. Seperti makanan lainnya, rasa gudeg pun cukup bervariasi mulai dari yang basah sampai kering dan dari rasanya yang legit manis hingga yang dominan gurih. Gudeg Ceker Bu Joyo merupakan salah satu gudeg basah dengan citarasa gurih yang menonjol yang kerap saya kunjungi jika sedang ke Jogja.
Jangan mengharapkan menemukan papan nama untuk lesehan yang satu ini. Lokasinya yang berada di emperan toko emas samping pasar Beringharjo dan sebuah mobil tua berwarna putih di depannya menjadi ciri khas gudeg ceker ini. Untuk menikmatinya, pengunjung harus bersabar menunggu lesehan ini hingga pukul setengah sebelas malam.
Favorit saya tentu saja, seporsi gudeg ceker yang disiram dengan areh. Satu porsi berisi 10 ceker ayam yang telah dimasak menjadi sangat lembut dan empuk. Hampir tidak memerlukan usaha keras untuk memakan makanan yang kaya kolagen ini. Rasanya yang gurih dengan semburat manis yang tidak menyengat menjadi pasangan serasi untuk teman bersantap nasi putih.

Selain ceker, tersedia pula krecek, gudeg, telur dan ayam sebagai pelengkap bersantap. Kali ini saya memesan lauk krecek dan suwiran daging ayam, tidak lupa beberapa cabe rawit utuh untuk memberikan sedikit ‘tendangan’ rasa pedas pada gudegnya.
Soal harga juga tidak perlu kuatir karena Gudeg Ceker Bu Joyo benar-benar terjangkau. Jika ingin menikmati gudeg cekernya, lebih baik datang pada saat baru buka, karena ceker adalah menu yang paling banyak diminati pengunjung. Seringkali, belum satu jam Gudeg Ceker Bu Joyo buka, si ceker sudah habis tak bersisa.




Gudeg Ceker Bu Joyo
Open : 22.30 - habis
Depan toko emas samping Pasar Beringharjo, Malioboro Yogyakarta

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe