Cooking Class with Bakerzin & Groupon ID

Sunday, April 21, 2013

Bulan lalu saya diundang oleh Bakerzin & Groupon ID untuk mengikuti kelas memasak. Menu  yang akan disajikan adalah Penne Minced Chicken with Cheese dan Raspberry Panna Cotta.




Peserta cooking class ini tidak hanya diikuti oleh food blogger saja melainkan juga oleh disdusers yang kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang. Ternyata, kami harus menyimak chef yang mencontohkan langkah-langkah pembuatan kedua menu tersebut dan kemudian ketika kami memasak sendiri, sang chef akan menilai Penne kelompok mana yang paling enak.

Step by Step Spaghetti Minced Chicken
Saya juga mendapat sedikit pengetahuan mengenai pasta dari Agnesi yang merupakan supplier pasta untuk Bakerzin. Melalui selebaran yang dibagikan, saya jadi lebih mengenal jenis-jenis pasta dan memilih jenis saus yang paling cocok. Misalnya saja spaghetti merupakan pasta yang paling baik untuk dimasak aglio olio, sedangkan untuk saus yang creamy lebih baik menggunakan fettucinne ataupun penne.



Tips :
- Menumis bawang bombay jangan sampai gosong, cukup sampai aromanya tercium saja
- Masukkan kaldu & krim masak hanya ketika ayam sudah berubah warna
- Kekentalan saus harus diperhatikan agar pas, tidak terlalu banyak seperti sup dan tidak terlalu sedikit sehingga pastanya kering.

Step by Step Raspberry Panna Cotta

Panna Cotta sebagai menu kedua didemokan dengan piawai oleh chef Bakerzin, untuk menu kali ini kami tidak ikut mencoba memasaknya. Selesai demo, kami langsung mendapat raspberry panna cotta yang siap santap. Meskipun teksturnya masih kurang firm (saya duga waktu pendinginannya belum cukup lama), rasanya lezat. Tekstur panna cotta yang sangat creamy, manis sekaligus lembut diimbangi oleh saus raspberry yang asam dan segar. Paduan yang pas!


Tips:
- Gunakan hanya biji vanillanya saja. Belah vanilla stick dan ambil bagian dalamnya dengan menggunakan pisau.
- Mendiamkan Panna cotta di dalam stainless steel yang dibawahnya terdapat mangkok berisi air dingin sampai panna cotta setengah set itu berfungsi agar bintik-bintik biji vanilla itu tersebar merata di seluruh permukaan dan tidak mengendap di bagian bawahnya saja.
- Jika ingin menyajikan panna cotta dalam wadah, pilihlah wadah yang bening/transparan, sehingga tekstur panna cotta bisa terlihat jelas.
-Saus buah yang cocok untuk panna cotta disarankan untuk menggunakan buah-buahan bercita rasa asam agar terasa lebih segar.


Acara cooking class ini berlangsung cukup seru. Resep dari Bakerzin ini harus dicoba karena benar-benar mudah dan relatif cepat. Dalam waktu singkat, kita bisa menyajikan hidangan khas restoran dari dapur rumah masing-masing. Jadi, terima kasih untuk Bakerzin dan Groupon ID yang sudah memberikan saya kesempatan yang menarik ini. 
Mari memasak!





Bakerzin 
Facebook  | Twitter 
Ground Floor Unit 217, Central Park
Jl. Let. Jend. S. Parman Kav. 28, Jakarta
(021) 29200 195

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe