Mojo Kitchen & Bar

Sunday, June 09, 2013

Beberapa waktu yang lalu, saya berkesempatan mengikuti food tasting di Mojo dalam acara gathering yang diselenggarakan Openrice. restoran ini berlokasi di ujung jalan Senopati, tepatnya di jalan Kertanegara. Dari penataan interiornya, Mojo memilih untuk mengusung gaya rustic modern yang terlihat pada model furnitur dan dominasi kayu pada dinding dan lantai ruangan. 

 



Pada bagian depan terdapat jendela besar yang dihiasi oleh sulur tumbuhan yang tertata apik. Bagian dalamnya tidak terlalu besar, namun ditata dengan cukup baik sehingga tidak menimbulkan kesan sempit ataupun sumpek. Salah satu bagian dindingnya dihiasi oleh mural untuk menambah kesan santai. Salah satu sisi ruangannya dilapisi oleh atap kaca dan pada bagian dalamnya terdapat sebuah bar. Tampak puluhan botol digantung di atas bar sebagai hiasan unik yang cukup eye catching. Hal bagus lainnya adalah bahwa Mojo memisahkan ruangan smoking dan non smoking sehingga aman bagi pembenci asap rokok seperti saya. :)




Menu yang dihadirkan Mojo terbilang cukup unik. Hidangan fusion yang dipilihnya yaitu perpaduan antara kuliner Meksiko dan Korea. Inspirasi penggabungan dua macam hidangan dengan kultur yang berbeda ini datang dari ketiga owner Mojo yang pernah mengenyam pendidikan di Los Angeles. Disana, jenis makanan yang paling digemari ialah masakan Meksiko dan Korea, oleh karena itu kemudian mereka mencoba untuk menciptakan hidangan fusion Meksiko Korea yang memang belum ada di Jakarta. 
Menu yang ditawarkan tidak terlalu banyak, namun banyak di antaranya yang cukup unik. Sebut saja Kim Chee Spaghetti, Foie Gras Burger, Korean Style Tacos, dan Steak ala Plancha. Deretan minumannya juga cukup lengkap. Mojo menyediakan berbagai macam pilihan mulai dari juice, soft drinks, mocktails, cocktails dan aneka minuman beralkohol lainnya. 

La Ramalas (25K)
A peach, fresh lime, white sugar, soda



Minuman yang memiliki warna gradasi yang cantik ini rasanya menyegarkan, sekilas mirip dengan lime squash namun dengan sentuhan rasa manis alami peach yang juga menyegarkan.

G.S.L (25K)
Guava, strawberry, lemon



GSL memang diambil dari nama bahan yang digunakan untuk membuat mocktail yang satu ini. Rasanya didominasi oleh manisnya jambu yang berpadu dengan asamnya lemon yang refreshing dan cacahan strawberry segar dalam minumannya.

Port O Pi (25K)
Fresh Ginger, lemon grass, slice of lemon, soda


 
Mocktail ini adalah minuman favorit saya, rasanya mirip dengan ginger ale, hanya saja aroma dan rasa jahenya lebih kuat karena menggunakan jahe segar. Rasanya segar dan tidak terlalu manis dengan rasa hangat menenangkan dari jahenya namun tetap segar karena disajikan dingin. Love it!

Korean Wings (35K)
Gochujang Glaze, Sesame Seeds and Chilli Flakes



Ayamnya tidak overcooked, bagian luarnya dilapisi kulit ayam yang digoreng kering. Gochujang glazednya sungguh lezat! Citarasanya berpadu apik antara asam pedas saus gochujang dengan aroma wangi dari wijen.

Classic Tacos (50K)
Steak/Chicken/Chorizo, Pico De Gallo, Guasacaca, Jalapeno Relish, Taco Sauce



Untuk isian tacos pengunjung diperbolehkan untuk memilih antara steak, ayam ataupun chorizo yang merupakan semacam sosis khas meksiko. Selain itu tacos juga berisi Pico De Gallo (cincangan tomat, bawang putih dan paprika), jalapeno, taco sauce dan Guasacaca, saus guacamole khas Venezuela yang biasanya memiliki rasa yang lebih tajam. Rasanya lezat hanya saja tidak terlalu istimewa menurut saya.

Korean Style Tacos (45K)
Short Ribs/Chicken/Pork Belly, Cabbage, Kim Chee, Cucumber Pickles, "KB" Sauce



Sama seperti Classic Tacos, Korean Style Tacos juga memiliki isian yang bisa dipilih. Untuk kali ini kami mencicipi tacos yang diisi oleh short ribs. Saya suka paduan tekstur sayuran segar dan short ribsnya yang berlumur saus Korean BBQ. Dibandingkan dengan Classic Tacos, saya lebih menyukai Korean Style Tacos yang tasty ini!

Kim Chee Spaghetti (45K)
Nori Strips, Smoked Beef, Chilli Padi Crumb and Fried Quail Eggs 



Cross culture pasta! Sekilas tampilannya tidak jauh berbeda dari spaghetti bersaus tomat lainnya, namun setelah dicicipi, ternyata rasanya sungguh lezat. Meskipun menjadi salah satu campuran bahannya, namun tidak ada rasa asam yang tajam dari kimchi, justru rasanya sedikit pedas dengan rasa asam yang samar-samar terasa. Satu lagi nilai plus hidangan ini ialah sausnya yang bisa berpadu dan meresap sempurna di pastanya. Telur puyuh goreng dan nori strips memperkuat keunikan hidangan yang satu ini.

Californian Cheese Burger (55K) 



Menurut sang owner, keunikan menu ini terletak pada saus rahasianya. Dengan melihatnya saja memang tampilannya lebih dari cukup untuk menerbitkan air liur. Patty tebal berlumur saus dibungkus selada segar dan bun yang lembut ini ditemani oleh french fries sebagai pendampingnya. Saya suka pattynya yang tebal, juicy dan dibumbui dengan baik.

Chipotle Glazed Herb Chicken - Quarter Chicken (55K)
Lime Cilantro Rice, Glazed Carrots, and Char Scallions Vinaigrette 



Satu lagi menu andalan dari Mojo yang terbuat dari ayam yang dimasak dalam waktu yang cukup lama dengan penggunaan berbagai macam rempah-rempah. Meskipun begitu, tekstur dagingnya masih moist dan juicy dengan lapisan kulit yang tipis dan renyah. Sayangnya rempah yang digunakan kurang bisa meresap hingga ke bagian dalam ayam, sehingga rasanya sedikit hambar. 
Lime cilantro ricenya juga cukup unik, sedikit asam, namun mampu membangkitkan selera makan. Dua jempol untuk glazed carrot yang flavourful dan bebas bau langu!

MOJO Fried Rice with Duck Eggs Mata Sapi (45K)
Short Ribs/Chorizo, Green Peas, Diablo Sauce, Mojo Verde



Nasi goreng yang dihidangkan kali ini berisi short ribs. Saus diablo khas Meksiko ini juga merupakan pasangan yang tepat bagi daging, sehingga mampu menaikkan citarasa short ribs yang empuk dan nasi gorengnya itu sendiri. Telur bebek mata sapi dan mojo verde sengaja ditaruh pada bagian atas nasi goreng untuk memberikan tambahan citarasa dan tekstur creamy pada nasi goreng.

Chipotle-pears 180G Braised Short Ribs Bone in Olive-Tomato Rice, Creamed Corn, Mojo Verde and Fried Shallots (99K) 



Menu yang satu ini mengingatkan saya akan bibimbap, karena cara makannya sama-sama harus diaduk dan diacampur dahulu menjadi satu baru kemudian dicicipi.Tomato rice yang agak asam dan saus ribs yang manis gurih serta jagung yang creamy benar-benar saling melengkapi. Hidangan lezat ini wajib dicoba!

Jika pengunjung mencari dessert atau makanan kecil, maka churros bisa menjadi pilihan. Di samping itu, beberapa varian drunken ice cream yang dibuat sendiri oleh Mojo seperti Baileys Ice Cream atau Vodka Cranberry Ice Cream juga layak dicoba.

Overall, di balik konsep Mojo yang hadir sebagai tempat 'nongkrong', saya cukup terkesan dengan hidangan-hidangan fusionnya yang unik dan lezat. Hal ini membuktikan totalitas Mojo sebagai sebuah restoran dan juga sebuah bar. Di samping itu, pelayanan yang diberikan juga cukup memuaskan. Pastinya saya sendiri masih akan kembali ke Mojo untuk mencicipi menu lainnya. Jika berencana untuk mengunjungi Mojo di akhir pekan, maka sebaiknya buatlah reservasi terlebih dahulu untuk menghindari antrian yang seringkali terjadi karena keterbatasan tempat.






Mojo Kitchen & Bar
Jl. Kertanegara No. 70, Jakarta
(021) 700 70529

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe