MING Dine and Chill

Thursday, December 12, 2013

Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan untuk mencicipi Ming Dine and Chill yang terletak di daerah Kuningan, Jakarta. Tidak hanya sekedar food tasting, undangan kali ini juga merupakan tea pairing bersama DeVieni Tea yang memperkenalkan teh lebih mendalam lagi, tidak hanya penghilang dahaga seperti yang kita kenal selama ini. 



Ming Dine and Chill sendiri merupakan restoran Chinese food yang berkonsep fine dining. Ruangannya cukup luas dan memiliki bar di bagian depannya. Di salah satu sisinya terdapat akuarium besar yang menampilkan aneka seafood segar yang masih hidup. 
Berkapasitas lebih dari 300 orang, Ming juga memiliki beberapa private room dan juga VIP room yang memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Untuk private room yang berukuran paling besar juga dilengkapi dengan fasilitas karaoke  yang dapat digunakan sesuka hati. Salah satu sisi lainnya menggunakan kaca-kaca besar yang menampilkan pemandangan apik, terlebih pada saat malam hari.


DeVieni Tea menyajikan 4 macam teh yang dipairing bersama dengan hidangan-hidangan andalan dari Ming Dine and Chill. Masing-masing teh ternyata memiliki manfaat dan rasa yang berbeda-beda, seperti halnya kopi, masing-masing teh memiliki karakteristik rasa sendiri-sendiri yang cocok dipasangkan dengan jenis masakan tertentu. 


 
APPETIZER
Assorted Dimsum pairing with Chrysanthemum Tea
 
Steamed Chicken Char Siew Cheong Fan
Steamed Shrimp Dumpling
Steamed Truffle Dumpling with Wild Fungus

Bisa dikatakan Ming Dine and Chill memang menyuguhkan dimsum yang berkualitas. Lapisan kulitnya tipis dan kenyal, isiannya generous dan sedap. Favorit saya adalah Steamed truffle dumpling with Wild Fungus. Dibalik penampilannya yang kurang menggugah selera, rasanya justru menurut saya paling lezat.

Satu set hidangan ini dipairing oleh Chrysanthemum tea. Rasanya yang ringan dengan sedikit aroma bunga krisan membuat the ini cocok dikonsumsi tanpa didampingi makanan ataupun sebagai pairing makanan dengan rasa ringan.  Teh bunga krisan ini dipercaya memiliki manfaat menyembuhkan panas dalam ataupun penyembuhan influenza.
 
MAIN COURSE
Steam Fish Fillet with Taiwanese Black Bean pairing with Oolong Green Tea


 
Ikan kukus ini sangat lembut! Potongan filletnya tebal dengan saus tauco yang meresap sehingga menjadikan hidangan yang satu ini banyak menjadi favorit banyak orang malam itu.
Menu ini dipairing dengan Oolong green tea yang memang cocok menjadi teman menyantap makanan yang memiliki rasa dan aroma yang tidak terlalu tajam. Oolong sebenarnya merupakan the hijau yang telah difermentasi melalui proses shaking. Shaking adalah proses pembenturan daun dengan daun dalam satu wadah seperti tampah yang menghasilkan aroma dan rasa yang lebih enak dibandingkan dengan teh hijau biasa.
 
Emperor Chicken pairing with Black Tea


Emperor Chicken ini merupakan salah satu menu andalan dari Ming Dine and Chill. Proses pembuatannya saja memakan waktu yang cukup lama sehingga disarankan untuk memesannya terlebih dahulu sebelum datang. Emperor Chicken ini adalah hidangan ayam yang dibumbui dengan aneka rempah serta irisan jamur dan rebung yang dibungkus dengan daun teratai/lotus. Setelah itu ayam ini masih dibalut lagi dengan tanah liat yang diimpor khusus baru kemudian dibakar hingga matang. 


Sesaat sebelum disajikan, bongkahan tanah liat ini dibakar kembali sebelum akhirnya dipecahkan. Penyajian yang cukup atraktif, menurut saya. Ketika lapisan daun teratai dibuka, aroma super wangi ayam rempah ini langsung menguar. Ayamnya sendiri sangat enak. Dagingnya sangat lembut dengan rasa bumbu yang kompleks tapi menghasilkan rasa gurih ringan dengan aroma campuran rempah-rempah yang digunakan.
A must try dish from Ming Dine and Chill!
 
Japanese Handmade Noodle with Handmade Sauce and Crabmeat pairing with Black Tea


Japanese noodle ini berbentuk agak pipih dengan diameter kecil dan tekstur yang kenyal. Sausnya terasa ringan dan agak manis dengan topping daging kepiting segar yang generous.
Kedua main course yang terakhir ini dipairing dengan Black Tea yang memang merupakan padanan tepat bagi makanan dengan bumbu dan aroma tajam seperti kari dan juga makanan goreng-gorengan karena dapat menghilangkan after taste dari makanan berminyak yang kadang membuat tenggorokan kurang nyaman.
 
DESSERT
Deep Fried Sesame Ball with Salted Egg Filling pairing with Long Jing Tea


Penyajian dessert ini cukup unik. Segelas kecil jus jambu yang disajikan di dalam wadah seperti tabung reaksi yang berada di sebuah mangkuk kaca berisi tumpukan es. Di sampingnya diletakkan bola-bola wijen berisi telur asin yang jadi favorit saya malam itu.


Filling telur asinnya benar-benar enak. Saat digigit, fillingnya meleleh dengan tekstur agak kental dan creamy. Filling yang creamy dan kaya rasa ini dibalut oleh lapisan luar yang renyah dan gurih karena balutan wijen. Jika saya kembali lagi ke Ming, sudah pasti bola wijen ini adalah salah satu menu yang akan saya pesan lagi.


Dessert ini dipadankan dengan Teh Long Jing yang merupakan varian dari teh hijau. Rasanya manis dengan aroma yang lembut. Teh yang berwarna hijau kekuningan ini dapat disajikan bersamaan dengan makanan ringan yang memiliki rasa manis.
 
 
Ming Dine and Chill dapat menjadi pilihan untuk menyantap hidangan Cina dengan sentuhan modern, terlebih menu yang disajikan cukup lengkap dan bervariasi, bahkan untuk seorang vegetarian. Ambiance restorannya yang nyaman, ditambah pelayanan yang baik menjadi nilai plus Chinese restaurant yang telah beroperasi sejak tahun 1995 ini.




 
MING DINE AND CHILL  
Epiwalk Rasuna Epicentrum 
2nd Floor Unit #318-330
Jl. HR Rasuna Said Kuningan Jakarta 12940
(021) 2991 2323
 

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe