Si Centil Puput

Wednesday, May 14, 2008

Ngomongin tentang kluarga emang ga bakal ada abisnya. Apalagi kluarga gw yang notabene buanyaak banget!kira-kira tuh ya kalo dikumpulin bisa 30an orang. Itu yang baru berdomisili di Jogja, belum lagi anak-anaknya yang masih bayi2 gtu..Kalo gw di rumah nenek sie Cuma ada 7 orang (tuh!tetep banyak kan!)..nah, dari 7 orang ini banyak yang perilakunya suka ajaib gtuh...
Umm, gw tinggal ama adek-adek spupu gw. Yang gede namanya Puput, dya tipe2 anak kelas 6 es de yang kecepetan puber. Centilnya masyaoloh. Napsu makannya naujubilah. Hobinya nonton sinetron di tipi. Sebenernya kecentilan Puput udah kliatan dari masih orok. Jaman-jaman masih umur 3 taun, semua make up ibunya ancur, gara-gara dipake ama dya. Kemana mana ga mau pergi tanpa make up, yang blush onnya setebel badut ancol dan lipstik yang semenor ondel-ondel. Hasilnya, wah, monyet Zimbabwe dibedakin aja kalah ancur. Jangan salah, itu lipstik bukan cuma dipake di bibir, tapi juga di idung, di jidat, sprei, ampe dinding. Kadang adik laki-lakinya yang cuma beda setaon juga dijadiin objek makeover a la kadarnya.

Semakin besar, kecentilannya semakin tidak terkontrol. Dia mulai merasa udah dewasa, dan rajin nulis diary. Kalo diary nyeritain kejadian sehari-hari kayak anak normal lainnya sih gapapa, lah ini setiap harinya nyeritain dya naksir si A lah, si B lah, ditambah lagi bahasanya dibuat sedemikian rupa ala sinetron, kayak : “ Kemarin aku bertemu Pandu. Dia sangat ganteng. Kami sempat bertemu di kantin, dan mata kami saling bertatapan. Aku merasa berdebar-debar. Oh, inikah yang dinamakan cinta pertama?”

Masyaoloh.

Kalo gak berisi curhat cinta pertama, itu diary berisi keluhan dia terhadap pembantu di rumah dan keluarga. Bener-bener deh, mungkin kalo diarynya dipilemin, judulnya mungkin jadi Ratapan Anak Centil. Selain hobi menulis diary, anak autis satu ini seneng banget akting. Ya!akting! kalo gw liat sih, sebenernya dia ada bakat, tapi orang tuanya belum sadar potensi diri si Puput. Padahal, kadang si Puput udah mempertontonkan bakat terselubungnya ini. Kayak dulu pas kita sekeluarga lagi rame-rame ngumpul sambil nonton sinetron. Tiba-tiba si Puput duduk bersimpuh, trus sedikit memalingkan muka, trus pasang ekspresi sedih sambil bilang ”Jangan tinggalkan aku, Mas Bambang!!!” Otomatis dong, kita semua langsung pada noleh ngeliatin Puput.

Adek gw (Rudi) : “Kamu lagi ngapain, Put?” (sambil nahan ketawa)
Puput : (muka malu tertangkap basah) ”Ah..nggak..aku cuma...niruin sinetron....”
-Semua orang ketawa girang sambil nunjukin Puput yang masih di posisi bersimpuh-
Gw : Buset, kamu nonton sinetron apaan?kok namanya masih Bambang?perasaan hari gini nama-nama di sinetron udah modern kayak Andi, Denis, Satria..”
Puput : -mesam mesem asem-

Geli kan?
Belum lagi cerita gw nemu rekaman suaranya di hape adiknya. Maksud gw waktu itu sih Cuma iseng aja muterin satu-satu siapa tau ada yang lucu, eh gak taunya gw malah denger suara si Puput niruin akting cewek mewek yang mau ditinggal pacarnya, dan minta jangan ditinggalin.
Bombastis.
Dramatis.
Gw yang denger itu sampe pengen nanem kacang saking gelinya. Waktu didengerin rekaman suaranya sendiri, lagi-lagi dia cuma senyam senyum jumawa. --"

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe