Sajian Sunda Sambara

Thursday, February 16, 2012

Siapa yang tidak suka masakan Sunda?
Masakan sunda adalah menu yang dicari saat biasanya kita sudah kebingungan mau makan apa, bosan dengan western food atau menginginkan makan yang benar-benar kenyang. Karena, selain pilihan menu lauk yang beragam, masakan Sunda juga memiliki penggemar dari segala usia.
Salah satu restoran yang ikut meramaikan kuliner Sunda adalah Sambara. Sambara memiliki beberapa cabang yang terletak di lokasi strategis, yaitu dii bilangan blok M dan di Cipete. Saya mengunjungi cabangnya yang berada di Cipete Raya. 
Ketika memasuki restorannya, tempatnya bersih dan terang. Konsep family restaurant yang diusungnya dipercantik oleh pemilihan dekorasi dan interior yang unik, seperti tempat mengambil sambal dan sayur asem "all you can eat" dan tempat jajanan kecil yang disusun sedemikian rupa hingga berbentuk seperti warung.



Saya memesan nasi beras merah (5.5K), ayam goreng sambara (13K), dan tumis jamur kancing (8K). Disini sayur asem dan 3 jenis sambal diberikan secara cuma-cuma, sehingga kita bebas mengambil sepuasnya. Saya mencoba sayur asemnya yang ternyata surprisingly tasty! Asemnya pas dan kuahnya segar, isi sayurnya pun lengkap dengan potongan jagung. Beras merah terasa pulen dan tidak overcooked. Ayam gorengnya lumayan, tapi tidak spesial, saya masih dapat menyebutkan beberapa ayam goreng yang lebih enak di tempat lain.



Tumis jamur kancingnya enak, bumbunya terasa, tidak terlalu oily dan bercitarasa ringan. Jamurnya pun masih cukup renyah ketika disantap. Meskipun tampilannya cukup seram dengan potongan-potongan cabe yang cukup besar namun rasanya tidak pedas sama sekali. Sambal yang bisa kita pilih di Sambara ada sambal dadak, sambal terasi dan sambal oncom. Saya mencoba sambal dadak dan terasi. Sambal dadak memang juara pedasnya, jika lebih suka dengan citarasa sambal yang sedikit manis, maka sambal yang satunya lagi patut dicoba. Saya dengar, menu iganya adalah salah satu yang recommended disini. Sayangnya saat itu iganya sudah sold out.



Sajian Sunda Sambara
Jl. Cipete Raya No. 14 Jakarta 12410. Telp : (021) 7697913
Jl. Wolter Monginsidi No. 19 Jakarta Selatan. Telp: (021) 7200544

You Might Also Like

1 comments

  1. Ini tempat favorite ..lalapan nya free flow..dan deket kantor lagi...

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe