Viva Mexico at Mandarin Oriental

Tuesday, May 20, 2014

Selama sepekan ini, Mandarin Oriental bekerjasama dengan Embassy of Mexico meluncurkan promo terbarunya di Cinnamon Restaurant yang bertajuk VIVA MEXICO. Perayaan kuliner khas negeri Amerika Latin ini menyajikan aneka hidangan tradisional hasil olahan tangan dingin Chef Angel Vazquez dari Puebla, Mexico. Bertempat di Cinnamon restaurant, sajian khas Mexico ini menjadi bagian dari menu buffet untuk santap siang dan malam bagi para pengunjung. Mexican corner ini hanya akan ada mulai dari 12 hingga 22 Mei 2014.
 









Virgin Margarita



Untuk minuman malam itu saya memesan Virgin margarita yang didominasi oleh rasa asam lime yang segar. Pinggiran gelas tetap diberi garam layaknya cocktail, menambah sensasi unik ketika meminumnya.
 
 
Frijoles Refritos
Refried Beans
 

Salah satu sajian khas Meksiko milik Cinnamon ini sangat lezat. Saya suka sekali rasa gurih khas kacang yang dilumatkan ini. Cocok sebagai dipping nachos ataupun filling tortilla/tostada.
 
Arroz Blanco con Elotes Rajas y Crema
White rice with Poblano peppers, corn and cream


Sepintas nasi ini terlihat biasa saja, tapi ketika dicoba nasinya mengeluarkan aroma wangi dan rasa yang gurih, sedikit hint creaminess terasa di lidah ketika dicoba. Untuk menambah tekstur, ditambahkan pula pipilan jagung ke dalam nasi yang pulen ini.
 
 
Filete de Huachinago Relleno de Mariscos con Salsa de Acuyo
Red snapper fillet stuffed with seafood and acuyo sauce



Salah satu hidangan yang menarik perhatian saya malam itu. Fillet ikan kakap merah diisi seafood kemudian digulung dan dimasak dalam saus acuyo yang gurih. Acuyo merupakan sejenis daun yang memiliki aroma mirip seperti star anise/adas, biasanya herbs ini memang dipasangkan dengan ikan yang mengurangi bau amis.  Ikannya lembut dengan isian seafood yang fresh. Saus acuyo yang gurih ringan ditambahkan sekaligus sebagai penambah aroma. Salah satu hidangan yang wajib dicoba di promo Viva Mexico!
 
 
Pollo en Salsa de Chipotle y Epazote, Calabaza y Elote
Chicken leg & thigh in a Chipotle Epazote Sauce


Sup ayam ini berisi potongan paha ayam yang dimasak dalam saus berwarna kemerahan. Selain ayam terdapat pula beberapa sayuran lain yang menyerupai buncis, teksturnya renyah, mengimbangi lembutnya daging ayam. Konsistensi kuahnya pas dan rasanya tidak terlalu bold. Rasa asam segar seperti tomat mendominasi rasa menu ini. Segar!
 
 
Camaron en Sasa de Pipian Rojo
Shrimp in Pipian Rojo (Sesame Pumpkin Seed Red Sauce)
 
Udang segar nan juicy ini dimasak dalam saus pipian rojo khas Meksiko. Pipian Rojo sendiri adalah spicy tomato sauce yang mengandung biji-bijian atau kacang-kacangan sebagai penambah citarasa. Biasanya yang paling umum adalah penambahan wijen yang disangrai sehingga menjadikan sausnya lebih gurih dan menyumbangkan sedikit aroma nutty pada masakan.
 
Enmoladas de Pollo, Cebolla, Queso Cotija
Soft Chicken Tacos with Onions and Cotija Cheese in Mole Poblano Sauce


Mandarin Oriental menyajikan soft tacos yang berisi ayam dalam saus mole poblano. Saya kurang terkesan dengan hidangan ini karena saus mole poblano yang menjadi isian dari tortilla spicy namun terlalu manis. Rasa saus khas Meksiko yang berwarna coklat tua ini sangat pekat dengan konsistensi yang agak kental, yang membuatnya unik adalah penambahan coklat sebagai salah satu bahan satu bahan saus.


Flatos de Pollo res y Queso, Lectuga Salsa y Crema



Keripik tortilla renyah ini diracik langsung oleh Chef Angel dengan berbagai isian yang terbuat dari bahan-bahan segar. Tortilla terlebih dulu diolesi dengan refried beans baru kemudian diberi suwiran ayam, lettuce segar, salsa tomat dan sour cream sebagai pelengkapnya. Imma big fan! Hidangan yang satu ini sangat lezat, paduan antara gurihnya refried beans, ayam yang juicy dan sayuran segar serta saus salsa dan sour cream menjadikan hidangan ini flavourful sekaligus segar. One of the best dishes.
 
 
Tostada de Tinga Poblana
 


Berbeda dengan Flatos, pada menu ini keripik tortilla diisi dengan daging ayam, digulung untuk kemudian digoreng hingga renyah. Sesaat sebeluk disajikan, tostada gulung ini diberi topping tambahan berupa irisan lettuce segar dan bisa ditambahkan salsa, sour cream ataupun salsa verde untuk menambah rasa. Ini juga tidak kalah lezatnya dibandingkan dengan Flatos de Pollo. Dua hidangan ini adalah favorit saya malam itu.
 
 
Fresas con Crema
Strawberries cream with fresh strawberries and sugar
 

Konsistensi creamnya agak encer, tapi rasanya lezat. Manis dan asamnya seimbang. Di dalamnya terdapat potongan buah strawberry untuk menambah tekstur dari dessert nan lembut ini.
 

Mexican Flan
Baked egg custard made of condensed and evaporated milk with vanilla
 

Flan adalah semacam puding karamel ala Meksiko yang biasanya disajikan sebagai hidangan penutup. Rasanya legit dengan tekstur lembut puding yang creamy. Saus karamel yang agak pahit mengimbangi manisnya puding. Favorit!




CINNAMON MANDARIN ORIENTAL JAKARTA
Lobby Level
JL. M.H. Thamrin (Bundaran HI)Central Jakarta
(021) 2993 8823

 
 

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe