Por Que No Jakarta

Saturday, April 25, 2015

Meskipun Por Que No Jakarta baru dibuka tanggal 11 April, namun saya dan beberapa teman blogger mendapat kesempatan untuk mencicipi lebih dulu aneka hidangan yang ditawarkan oleh restoran yang berlokasi di pusat Jakarta ini. Letaknya di pinggir jalan besar, namun dari luar memang tidak terlihat karena Por Que No berada di lantai 5, satu gedung dengan toko Batik Keris di deretan seberang Menteng Central.






Keunikan interior Por Que No telah terlihat sejak keluar dari lift, dimana pengunjung disambut dengan colourful artwork bertuliskan Por Que No yang terbuat dari pensil warna. Masuk ke bagian dalamnya saya sangat suka dengan penataan ruangannya. Sebenarnya Por Que No tidak terlalu besar, namun tempatnya ditata apik sehingga memberikan kesan nyaman dan luas.




  
Sebagai ganti dinding, salah satu sisinya dipenuhi oleh kaca besar yang menyuguhkan pemandangan kota Jakarta dari ketinggian. Di sisi lainnya terdapat dapur berkonsep open kitchen yang cukup besar dan terang. Bagian luar juga ditata indah dengan atap dan juga bar di salah satu sudutnya. 







Por Que No menyajikan ragam tapas khas Spanyol yang otentik, tidak ketinggalan pula beberapa makanan Spanyol populer seperti Churros dan Paella tersedia disini.

 

Olive Tree




Bagi penggemar zaitun, maka di Por Que No, buah ini dihidangkan dengan tampilan artistik yang menyerupai pohon. So cute!

 

Foie Cone




Yap, dari namanya saja sudah cukup menjelaskan jika ini merupakan mini cone yang berisi foie gras mousse dengan taburan bacon di atasnya. Tekstur moussenya mirip seperti buttercream dengan rasa foie gras yang lembut.

 

Berenjenas Fritas (Fried eggplant)




Berenjenas Fritas adalah nama lain dari Terong goreng (fried eggplant). Terong dipotong berbentuk stik dan dilumuri oleh honey tuffle sesaat sebelum disajikan. Definitely yummy, one of my favorite on that night.

 

Marinated Manchiego (Cheese)




Keju khas Spanyol ini terbuat dari susu kambing yang kemudian direndam dalam campuran olive oil dan beberapa rempah lain seperti thyme ataupun rosemary untuk menambah citarasa. Saya suka tekstur kejunya yang padat dengan rasa yang agak buttery.

 

Mushroom Salad, Strawberry Salad, Salmon Tartar Salad




Ketiga jenis salad ini merupakan sebagian dari varian salad yang terdapat di Por Que No.Meskipun semuanya lezat, favorit saya adalah Salmon Tartar yang dari penampakan justru terlihat paling biasa. Dressingnya gurih dan creamy tidak berlebihan, ditambah potongan salmon yang generous membuat salad unik ini sulit ditolak.

 

Trilogia de Gazpacho




Ketiga sup dingin ala Spanyol ini disajikan unik dalam tabung reaksi. Seporsinya terdiri dari 3 macam sup yang dihiasi dengan potongan buah di bagian atasnya. Ketiganya sama sama didominasi oleh rasa asam, favorit saya adalah Gazpacho Tomato yang berwarna oranye terang.

 

Hueso de Cana



Their bone marrow was good! Teksturnya yang lembut dan fatty ini tidak membuat saya eneg. Tambahan herbs di bagian atasnya menjadikan aromanya lebih lezat lagi. Hueso de Cana ini disandingkan dengan irisan roti untuk dijadikan olesan di bagian atasnya.


Solomillo



Pada hidangan tapas, daging memang disajikan begitu saja tanpa padanan apapun layaknya seporsi main course. Namun, daging yang digunakan bertekstur empuk dan juicy dengan tingkat kematangan yang pas. Recommended!

 

Gambas Alajilo



Udang yang dimasak dengan olive oil, butter dan juga bawang putih ini memiliki rasa yang sangat gurih! Udangnya juicy dengan aroma garlic butter yang harum. 

 

Tortilla Espanola



Tortilla Espanola terbuat dari kentang yang diiris tipis dan disusun bertumpuk-tumpuk, campur dengan telur dan kemudian di pan fried. Tidak beda jauh dengan omelet kentang, hanya saja Por Que No membumbuinya dengan tepat sehingga rasanya enak dengan tekstur yang agak crispy di bagian luarnya.
Croquettas (Blue Cheese and Beef)


Croquettas atau yang lebih kita kenal sebagai kroket juga merupakan salah satu menu tapas Por Que No. Kroket berukuran mini ini disajikan dalam gelas vintage. Por Que No memiliki beberapa macam varian rasa seperti kroket sapi dan keju yang saya coba.



Esparragos



Tidak jauh berbeda dengan Berenjenas Fritas, Asparagus ini digoreng kering dan dibaluri dengan truffle oil yang aromanya kuat. Hanya saja rasanya tidak manis karena tidak dicampur dengan madu.



Arroz Negro Paella


Don't judge by the first look!
Paella ini berwarna hitam karena lumuran tinta cumi yang digunakan untuk membumbui nasi agar terasa semakin lezat. Nasi paella memang sedikit lembek karena sausnya membuat tekstur hidangan ini creamy. Porsinya sangat besar, dapat disharing untuk 5 orang atau lebih. Setiap porsinya, paella dihidangkan bersama lemon juice dalam bentuk spray yang disemprotkan ke paella sesaat sebelum disantap.



 

 
DESSERTS

Chocolate Con Chile

 



Cake coklat yang unik karena memiliki campuran cabai di dalamnya. Saat disajikan, sang waitress akan membantu untuk menuangkan saus coklat pekat yang akan membuat bagian tengah cake menjadi berlubang. Teksturnya padat dan moist, rasa coklat awalnya mendominasi indera pengecap sebelum ditutup dengan hint pedas dari campuran cabainya. Must try!


Torrijas


 
My favorite! Basically ini adalah semacam roti yang direndam dalam susu dan sedikit rempah sebelum di panfried dan dihidangkan bersama vanilla ice cream dan juga madu. Rasa manis dan creamynya pas!


Natillas



Natillas merupakan semacam custard yang terbuat dari susu dan telur. Rasanya menyerupai creme brulee atau flan namun teksturnya lebih encer dan lembut. Disajikan bersama dengan saus karamel dan biscuit crumbs.

Overall, Por Que No menyuguhkan pengalaman menyantap Spanish Tapas yang cukup lengkap dengan harga yang terjangkau. Varian tapasnya cukup beragam dengan tempat yang cozy pula. Sangat cocok untuk berkumpul bersama teman-teman.

Thank you & good luck Por Que No!






Por Que No
5th floor De Ritz Building 
Jl. HOS Cokroaminoto No.91, Menteng
Jakarta Pusat 10350
(021) 3901 950

Opening hours : 5PM - 2AM
Wifi : Yes

You Might Also Like

3 comments

  1. Halal gak ini? Apakah ada menu non-halalnya juga?

    ReplyDelete
  2. terima kasih infonya. kira kira untuk acara ulang tahun disana cocok kan ya ?

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe