Culinary Journey at Hilton Bandung

Saturday, March 21, 2015

Seminggu yang lalu, Hilton Bandung kembali mengundang beberapa blogger untuk Media Trip dalam rangka peluncuran promo masakan terbarunya. Pada bulan Maret ini, Hilton Bandung mengadakan Culinary Journey selama 3 minggu berturut-turut bersama 3 Chef yang berasal dari sister hotel di Korea, India dan China. 



Kebetulan, ketika saya datang ke Hilton, Culinary Journey di minggu tersebut dipegang oleh Chef Daniel Chong dari Conrad Seoul. Chef Daniel yang telah memiliki banyak pengalaman ini akan memasak aneka hidangan Korea yang disajikan di menu buffet dinner dari tanggal 11-15 April 2015.





Feel so good to be back here again!
Yang saya suka dari Hilton Bandung adalah kamarnya yang super comfy dan sangat besar. I promise I will tell you about my complete experience stay at Hilton Bandung in another post soon!
 
PURNAWARMAN RESTAURANT
Set Menu – Nourish Me April
 
Ya, April memang masih bulan depan, tapi saat itu saya sudah bisa mencicipi set menu yang akan menjadi highlight lunch menu di Purnawarman. Set menu ini terdiri dari 3 course yaitu appetizer, main course dan dessert. Seperti biasa, Thai Tea Hilton Bandung favorit ikut menemani santap siang saya kali itu.


Tuna Dabu Salad
Seared Tuna, sprout & tofu salad with dabu dabu sauce
 


Tuna tartare ini disajikan bersama sambal dabu-dabu yang terbuat dari irisan cabai rawit dan bawang. Tunanya juicy dengan rasa pedas yang tidak terlalu kuat, tofu salad yang gurih membuat rasa appetizer ini lebih balance.
 
Buntut Balado
Stew Oxtail served with Rice & Soup


Potongan besar buntut balado hadir bersama pelengkapnya berupa nasi, kuah bening, sambal ijo dan emping. Saya suka sekali buntut baladonya. Sangat empuk dan gurih, rasanya pedas dengan sedikit aksen manis yang menggugah selera.  
 
Surabi Kinca
Indonesian pancake with palm sugar & coconut milk sauce


Surabi adalah jajanan tradisional Indonesia yang terbuat dari campuran tepung terigu & tepung beras. Di Hilton Bandung teksturnya sedikit berbeda dari Surabi kebanyakan. Bagian atasnya tidak berpori dan Surabinya lebih terasa lebih fluffy. Surabi disajikan dengan saus santan dan juga parutan kelapa berbalut gula merah cair yang legit.


 
 
PURNAWARMAN RESTAURANT
CULINARY JOURNEY
230K++/pax
 
Mulai dari pertengahan bulan Maret, dinner buffet di Hilton Bandung menjadi lebih istimewa karena setiap harinya akan ada station khusus bagi sang Chef untuk menyajikan aneka masakan negaranya. Chef Daniel Chong (11-15 Maret 2015) akan dilanjutkan oleh Chef Ashok dengan masakan India (16-23 Maret) and last but not least, Chinese cuisine yang diusung oleh Chef David Du dari Hilton Shanghai.

 


Korean stationnya cukup besar dengan aneka jenis menu khas Korea.








Dari banchan (Korean side dishes), main course hingga Hotteok sebagai desertnya.

 
 
Pa Jeonnya lezat, kimchinya fresh, bulgoginya ok, dak gom tang soupnya juga lumayan segar. Yang jadi favorit saya dari semua yang saya coba adalah Galbi Jjim (Braised Short Ribs) yang luar biasa lezat! Potongan daging gurih manisnya sangat empuk, bagian lemaknya melted in the mouth dan bumbunya meresap hingga ke bagian dalam daging.
Kimbab adalah menu lain yang patut dicoba. Harum khas wijen dari sesame oil menguar di dalam mulut saat dikunyah, komposisi nasi dan fillingnya juga pas. Yumm!
 
 
PURNAWARMAN RESTAURANT
Breakfast time
 
 

 Big breakfast platter or a bowl of mixed cereal…or both? :p



Let’s not forget to start with fresh fruits.
 
 
The most order menu, Tom Yam Soup!
 




Setelah selesai dengan breakfast, Hilton Bandung mengajak saya dan teman-teman mengunjungi Pasar Cisangkuy. FYI, Pasar Cisangkuy merupakan sebuah tempat makan yang cukup baru di Bandung. Meskipun namanya pasar, namun Pasar Cisangkuy tidak mirip pasar sama sekali. Bentuknya seperti food court yang ditata apik dengan berbagai ornamen-ornamen tradisional di sekelilingnya, sekilas mengingatkan saya akan E*t & E*t di Jakarta. Bedanya yang mengisi stall-stall di Pasar Cisangkuy merupakan aneka street food Bandung dengan harga yang terjangkau. Sayang, ketika kami masuk, Pasar Cisangkuy melarang pengambilan foto.
Akhirnya kami pindah ke Yogurt Cisangkuy yang terletak persis di sampingnya, menikmati segarnya yogurt sambil melahap aneka jajanan kaki lima yang berada di depan Cisangkuy. Puas banget, apalagi lagi ngidam seblak. :D
 
Setelah kenyang di Cisangkuy, kami mampir sebentar di Noah’s Barn cabang Dayang Sumbi. Disana kami hanya memesan kopi dengan 3d latte artnya yang cukup terkenal. Baristanya cukup pengertian juga, mengingat pesanan kami tampil dengan hiasan 3D latte art yang berbeda-beda, lucu!
 
FRESCO RESTAURANT
Set Menu – Nourish Me April




Fresh Orange and Haloumi Salad



Definitely love this dish! Fresh garden salad cocok sekali dipadukan dengan irisan orange yang manis segar. Dressing balsamic vinegrette yang asam menjadikan salad ini semakin segar, potongan dadu haloumi cheese yang light menjadi padanan yang cocok untuk salad ini.
 
Marinated Poached Cod Fish


Potongan tebal poached cod fish yang disajikan dengan melted blue cheese, low fat beurre blanc & lime sauce dipercantik dengan irisan lemon di atasnya.
Hidangan ini cukup lezat, hanya saja kalau boleh memilih saya akan lebih suka jika ikan dimasak tidak terlalu matang.
 
 
Blackberry Merlot Granita


A Sweet & refreshing dessert to end our lunch. Blackberry merlot granita tampil cantik dengan potongan buah-buahan segar yang beku, rice crispy dan yogurt sebagai basenya. Meskipun agak sulit menyendok dessert ini karena disajikan  beku, tapi saya suka dengan blackberry granitanya yang segar dan tidak terlalu asam. 


Sebelum kami pulang, Chef Ashok Eapen dari Hilton Garden Inn datang menyapa kami. Ia pun sempat membuatkan dua menu khas India Selatan, yakni semacam kari ikan dan grilled prawn dengan chutney (semacam saus yang berasal dari buah-buahan, herbs dan sayuran segar yang ditumbuk) yang rasanya super lezat.  Kari ikannya cukup light, rasa kunyit diimbangi dengan gurihnya santan. 



Yang paling favorit adalah udangnya! Sebelum dipanggang, udang dilumuri bumbu termasuk kari sehingga aromanya tajam dan harum. Cocolan chutneynya juga sangat istimewa, campuran rasa asam, spicy dan juga manis cocok sekali dengan udangnya. Saya dan teman-teman menyantap habis si udang plus chutneynya yang super lezat, padahal sebelumnya kami sudah kekenyangan. Thank you Chef Ashok!



You Might Also Like

1 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe