Ramadhan at JW Marriott Jakarta

Thursday, July 02, 2015

Menu spesial Ramadhan kali ini datang dari JW Mariott Jakarta. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini JW Mariott Jakarta meluncurkan konsep yang berbeda dimana menu spesial yang akan tersedia di Sailendra tidak hanya berasal dari satu daerah melainkan 4 yaitu Morocco, Turkish, Lebanon dan Paskistan! 
Masakan dari 4 kultur yang berbeda ini akan berubah di tiap minggu, memberikan pengalaman bersantap yang unik & berbeda untuk para pengunjungnya.





Beberapa waktu yang lalu, saya dan beberapa teman blogger mendapat kesempatan untuk mencicipi aneka makanan yang dihidangkan secara family style seperti layaknya tradisi makan bersama ala timur tengah.


A R A B   M E Z Z A H
Hummus | Babaganush | Tabouleh | Mutabe |Fatoush | Imam Bayildi |Zabneh Feta
 
Arab Mezzah atau Mezze merupakan makanan pembuka yang wajib ada (dan wajib dicoba) yang terbuat dari sayuran dan kacang-kacangan sebagai bahan utamanya. Kurang lebih mirip dengan salad, hanya saja disajikan dengan gaya yang berbeda. 


Biasanya aneka Mezze ini disajikan dalam piring besar, sehingga dapat dimakan semua orang secara bersamaan. Mezze biasanya disajikan dengan roti Pita sebagai pendampingnya. Cara makannya pun tergantung selera, sebagian orang senang mencoba satu per satu mezze dalam balutan roti pita. Saya sendiri lebih memilih untuk mencampur aneka mezze favorit saya ke dalam roti pita. Lezat!
 
Hummus


Hummus mungkin merupakan mezze yang paling dikenal dibandingkan hidangan lainnya. Hummus terbuat dari chick pea yang dihaluskan, sedikit tahini (sesame oil) dan juga olive oil sehingga teksturnya creamy layaknya selai. Rasanya gurih ringan dengan aroma kacang yang samar tercium. Dikenal low calorie, hummus juga seringkali dijadikan alternative dipping favorit untuk chips dan keripik. 
 
Babaganoush


Babaganoush merupakan hidangan yang terbuat dari terong yang juga dihaluskan, mirip seperti hummus. Yang menarik adalah aroma smokey dari hasil terong yang dipanggang sebelum dihaluskan.
 
Tabouleh



Tabouleh merupakan makanan yang terbuat dari cincangan daun parsley, mint, bawang dan dibumbui dengan olive oil, lemon dan garam.  Aroma dari kedua daun ini pastinya segar dan harum, cocok bila dicampurkan bersama mezze lainnya.
 
Mutabe


Mutabe atau Mutabal/moutable sebenarnya mirip dengan baba ganoush, hanya saja bahan yang ditambahkan lebih banyak lagi seperti paprika, mint dan basil sehingga aroma dan rasanya lebih kuat.
 
Fatoush


Fatoush adalah salad sayuran yang terdiri dari potongan tomat, selada, buah zaitun dan paprika. Paduan olive oil dan lemon menjadi dressing yang segar dan juga sehat. Biasanya fatoush dinikmati bersama potongan roti pita yang telah dipanggang, namun kali ini Sailendra menyajikannya dengan croutons bertekstur renyah yang adiktif!
 
Imam Bayildi


Another eggplant dish! Kali ini Imam Bayildi merupakan nama lain dari stuffed eggplant/terong yang berisi bawang, garlic dan tomat dan kemudian disiram olive oil di atasnya. Di beberapa daerah, tambahan herbs lain ikut dimasukkan ke dalamnya dan disajikan panas.
 
Zabneh Feta


Zabneh feta merupakan semacam keju yang terbuat dari yogurt sehingga memiliki rasa gurih asam yang nyaris sama seperti yogurt. Cocok dimakan bersama dengan mezze lainnya dalam sebuah roti pita yang empuk.
 
Beef & Cheese Samosa

Samosa adalah sejenis pangsit pada masakan Chinese. Bedanya pada masakan arab biasanya berisi keju ataupun daging sapi cincang yang sarat akan bumbu. Samosa di Sailendra berukuran mini yang dapat habis dalam satu suapan, meskipun begitu, kelezatan bumbu pada dagingnya cukup kuat.

Samosa - Falafel - Roti pita dengan aneka mezze
 
Falafel

Makanan yang berbentuk seperti nugget ini umumnya terbuat dari chickpeas yang dihancurkan dan kemudian digoreng sampai matang. Biasanya saya tidak suka falafel karena campuran rempah yang terlalu kuat dan tajam, akan tetapi di Sailendra falafel terasa lezat dengan bumbu yang tidak tajam.
 
 
Sorbat Addas


Sorbat Addas lebih kita kenal dengan nama Lentil Soup. Lentil Soup ini merupakan salah satu sup favorit dalam hidangan timur tengah ataupun India. Teksturnya creamy dengan rasa yang gurih, samar-samar terjejak aroma nutty dan penggunaan kunyit sebagai salah satu rempah pada sup yang dihidangkan dengan taburan croutons ini. Really really a warm and hearty soup, recommended!
 
 
 
M A I N   C O U R S E
 
Lebanese Beef Makloubi


Makloubi merupakan masakan nasi yang mirip dengan mandhi ataupun biryani karena sama-sama menggunakan beras basmati sebagai nasinya. Biasanya nasi dimasak bersama dengan daging (kambing, sapi atau ayam) dan juga terong yang sudah dimasak. Nasinya gurih dnegan topping yang melimpah. Irisan tipis almond, potongan daging sapi dan kismis cukup generous. Rempah yang digunakan tidak sekuat briyani, bahkan hanya rasa gurih dari penambahan kaldu yang dominan terasa ketika dikunyah. Yummy!
 
Cous Cous with Chicken, Lemon and Raisin


Cous Cous merupakan sumber karbohidrat dari gandum semolina yang paling populer dalam hidangan timur tengah dan afrika. Orang Italia pun mengenal cous cous sebagai varian pasta yang paling kecil. Sekilas, rasa cous cous mirip seperti rasa gilingan jagung yang telah dikukus,  biasanya cous cous disajikan dalam piring besar bersama dengan aneka sayur dan daging-dagingan yang sudah dimasak.
 
 
Chicken Tagine with Olive and Lemon


Ayamnya masih juicy dan berlumur saus yang surprisingly tidak seasam yang saya pikir. Hint rasa lemonnya justru lembut membelai lidah, berpadu dengan bumbu ayam yang gurih meresap.
 
Braised Chicken Wings with Coriander Leaf, Tomato and Lemon Juice
 

Penambahan tomat dan daun ketumbar membuatnya lebih segar, baik dari segi rasa maupun dari aromanya bila dibandingkan dengan chicken tagine.
 
Braised Snapper Fillet in Tomato


Fillet ikan yang lembut ini dihidangkan dalam kuah tomat yang asam manis. Cocok menjadi lauk dari Lebanese maklouba ataupun cous cous yang gurih.
 
 
Moroccan Meatball with Tomato


Daging meatballnya dibumbui dengan sempurna, begitu pula teksturnya. Tidak terlalu padat tapi juga tidak terlalu lembek. Rasa gurih daging memang merupakan pasangan yang cocok bila disandingkan dengan saus tomat yang asam segar.
 
Moroccan Spiced Lamb Shanks with Preserve Lemon and Prunes


Melihatnya saja membuat saya menerbitkan air liur.
Lamb shanks yang tampak kaya bumbu ini memang sedap, hanya saja bumbunya tidak sekuat yang saya kira dan masih kurang meresap meskipun dagingnya sudah cukup empuk dan juicy.
 
 
Pakistan Beef and Chicken Kofta



I prefer the chicken over the beef.
Chickennya juicy dengan spicy herbs yang cukup kuat sedangkan beef kofta terasa sedikit kering di bagian dalamnya.
 
Eggplant and Tomatoes


Menu sayuran ini rasanya mirip-mirip dengan mezze. Dominasi rasa asam dari tomat yang segar membuat terong yang dibakar ini semakin lezat.
 

D E S S E R T S
 
Um Ali


Um Ali merupakan dessert favorit saya dari deretan dessert khas Timur Tengah. Um Ali sebenarnya mirip dengan puding roti, hanya saja biasanya teksturnya lebih cair. Di Sailendra, Um Ali disajikan dengan parutan kelapa yang sudah dibakar untuk memberi rasa gurih dan aroma yang harum.
 
Katayef


Bentuk Katayef ini mirip dengan pastel yang berisi aneka cincangan kasar kacang-kacangan yang gurih. Sesaat sebelum disajikan, katayef disiram dengan sirup madu untuk menambah citarasa. Bagi saya sendiri, katayef kurang cocok di lidah karena rasanya yang terlalu manis.
 
Baklava


Menu dessert yang satu ini adalah menu yang paling banyak dicari oleh pengunjung. Baklava terbuat dari lapisan pastry tipis yang berisi kacang-kacangan dan disiramkan sirup madu. Tekstur phillo pastry yang renyah dan buttery menjadi pasangan cocok untuk gurihnya kacang dan manisnya madu. Jika belum pernah mencobanya, maka jangan lewatkan dessert yang sudah terkenal dari Timur Tengah hingga ke Yunani ini.
 

Thank you, JW Marriott!

 

You Might Also Like

1 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe