Samsara Indonesian Cuisine

Monday, July 24, 2017

Terletak di wilayah Gunawarman membuat restoran yang bernaung di bawah Terra Gastronomy Family ini tidak sulit dicari. Terlebih dengan area dan juga parkirnya yang juga luas, Samsara berdiri dengan nuansa merah putih di seberang H Gourmet persis. 


Memasuki restorannya yang cukup luas, mata pengunjung langsung dimanjakan oleh suasananya. Samsara Indonesian Cuisine hadir dalam balutan interior yang classy dan berkesan mewah, dengan dominasi warna merah di salah satu ruangannya. Satu lukisan besar milik Ida Bagus Indra langsung menjadi center of attention di area tersebut. 









Di area lainnya tampak nyaman dengan kursi kursi empuk dan sofa besar  di balik kaca besar yang menyuguhkan pemandangan jalan Gunawarman yang tidak pernah sepi. Meskipun terkesan mewah dan elegan, namun Samsara bukanlah restoran fine dining. Pengunjung tetap dapat masuk dan menyantap makanan tanpa harus diributkan dengan urusan pakaian.





Samsara Indonesian Cuisine menyuguhkan aneka masakan Indonesia yang dibuat semirip mungkin dengan versi aslinya dengan mempercantik tampilannya. Berikut beberapa menu yang sempat saya cicipi di Samsara  :


Lavish Lychee (IDR 50.000)


Salah satu mocktail andalan Samsara ini terbuat dari Leci dengan campuran selai nanas. Unik dan menyegarkan!


Jamu Gendong Campur (IDR 35.000)


Jamu adalah salah satu warisan kuliner Indonesia yang harus dilestarikan. Samsara mampu menampilkan campuran kunyit asam, wedang jahe, beras kencur dan madu ini dengan menarik. Rasanya juga enak dan segar.


Complimentary Crackers



Lemper Cakalang Fufu (IDR 55.000)


Ukuran lemper ini memang jauh lebih besar dari lemper pada umumnya dan berbahan dasar nasi kuning. Isian cakalangnya cukup banyak dengan bumbu yang kuat. Sebagai pelengkapnya lemper dapat dinikmati bersama sambalnya yang enak dan juga sepotong ikan asin berbalut karamel. 


Laksa Bogor (IDR 75.000)




One of the memorable dish from Samsara. 
Laksa ini berisi potongan besar udang dengan telur puyuh dan juga bihun dengan siraman kuah kari berwarna kuning pucat. Saat dicicipi, saya benar benar ketagihan. Sang chef berhasil menciptakan keseimbangan rasa untuk laksanya. Gurihnya kaldu berpadu dengan creamynya santan, penggunaan herba yang tidak berlebihan dan bumbu yang kuat menjadikan laksa Bogor Samsara adalah satu hidangan yang wajib dipesan jika datang!


Gurame Saos Mangga (IDR 95.000)

Bebek Bengil Ubud (IDR 95.000)

Rendang Sengkel & Sumsum Sapi (IDR 95.000)


Tiga main course ini datang dalam satu piring. Yap, kali itu sang chef mempersiapkan spesial untuk food tasting sehingga porsi yang terlihat di blog post saya kali ini jauh lebih kecil dibanding dengan porsi aslinya. Gurame Saos Mangga Samsara terasa segar dengan siraman saus mangga yang asam dan sdikit pedas, sedangkan Bebek Bengil Ubud dagingnya sangat empuk dengan kulit yang renyah dan harum. Rendang sengkel dan sumsum sapi ini juga tidak kalah lezat, rasa rendang tidak dibuat pedas agar semua orang dapat menyantapnya, tekstur sengkel yang juicy dan sedikit berlemak menjadikan rendang Samsara gurih, sulit ditolak. Favorit saya tentu saja Bebek Bengil Ubud dengan pairing sambal matahnya. :)


Samsara Rujak Buah dan Sorbet Kedondong (IDR 55.000)


Tak berhenti sampai main course, Samsara tidak membuat kami berhenti kagum atas kreasi dessertnya yang tampil cantik. Rujak Buah hadir dalam bentuk jelly segitiga dan dimakan dengan sorbet kedondong yang dicampur sedikit cabe. Rasanya seperti memakan rujak sungguhan, manis, asam, dengan sentuhan pedas yang menyegarkan!


Tart Susu Teh Bunga Melati (IDR 65.000)


Tart susu yang sudah terkenal lebih dulu di Bali ini di twist oleh Chef Sambas Sanusi dengan menginfused isiannya dengan teh melati sehingga rasanya menjadi sangat berbeda. Harumnya teh melati terjejak di tiap gigitan. Me likey!


Celestial Pearl (IDR 80.000)





Interpretasi brilian Chef Sambas untuk dessert khas Indonesia yakni Es Podeng!
Saat saus karamel panas dituang terlihatlah isian bola raksasa yang beraneka macam seperti potongan roti tawar, mutiara, kacang tanah sangrai, alpukat, lengkap dengan es krim vanilla di bagian ujung atasnya. Rasanya pun sangat lezat, makin lezat dengan saus karamel dan tumbukan kacang tanah yang generous di bawah bolanya. Well done, chef!

So, for you, my dearest readers yang sangat menyukai masakan Indonesia, saya menyarankan untuk mencoba Samsara. Tidak banyak restoran khas Indonesia di Jakarta yang memiliki menu beragam dengan citarasa enak dan harga reasonable. Samsara menjadi pendatang baru dan langsung menjadi one of my top recommendations jika lidah saya rindu pada menu yang menjadi comfort foodnya. Thank you Samsara for letting my friend brought me to try your foods. Keep up the good work, and yes, I'll be back soon to this restaurant, esp. for their yumyum laksa!!





SAMSARA INDONESIAN CUISINE
Instagram
Jl. Gunawarman No.16
Kebayoran Baru

Jakarta
(+62 21) 72787110


You Might Also Like

1 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe