Ministry Of Coffee

Sunday, March 18, 2012

Kawasan Prawirotaman Yogyakarta ini memang ibarat Legiannya Bali. Deretan hotel, restoran dan cafe berjejer rapat di kedua sisi jalannya. Sesekali terlihat wisatawan asing yang sedang berlalu lalang ataupun bersantap di restoran sekitar. Ministry of Coffee adalah salah satu tempat favorit saya di daerah tersebut untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman. Selain tempatnya yang nyaman dan tidak terlalu ramai, Ministry of Coffee dilengkapi oleh beberapa rak yang berisi buku-buku impor yang bisa dibaca ditempat.


Meskipun mengusung coffee sebagai nama tempatnya, namun MoC tidak seperti tempat ngopi kebanyakan. Disini juga tersedia western food yang cukup beragam. Mulai dari appetizer, makanan berat, sampai dessert berupa aneka cake, quiche dan flan. Sedangkan untuk minumannya juga mulai dari kopi, coklat, teh sampai aneka juice dan mocktail lengkap tersedia. Karena buka sejak pukul 08.00 pagi, MoC juga menawarkan menu khusus berupa pancake, roti dan beberapa menu sarapan lain hingga jam 11 siang. 


Berhubung saya bukan peminum kopi, saya belum pernah mencoba varian menu kopi yang ditawarkan oleh MoC. Saya juga belum pernah makan berat, biasanya saya kesini justru untuk menikmati cake andalan MoC yaitu Death by Chocolate dan Chocolate Log. Yap, saya bukan pecinta coklat, justru seringkali cenderung untuk menghindari coklat karena cepat membuat eneg. Tapi Ministry of Coffee selalu sukses membuat saya kembali lagi kesana demi sepotong cake coklat!

Chocolate Log (13K) adalah cake yang hampir selalu saya pesan jika bertandang ke Ministry of Coffee. Soft roll cake yang bertekstur sangat lembut memiliki rasa coklat yang tidak terlalu legit dan pekat. Di bagian dalamnya berisi krim coklat dan whip cream yang langsung lumer begitu menyentuh lidah. Saya tidak bisa menjelaskan lebih banyak lagi, yang jelas saya sangat menyukai cake ini.


Terakhir kali kesana saya juga mencoba Coffee Meringue Pie (15K). Pie crust yang renyah dipadu dengan legitnya coklat, harumnya coffee custard dan dilapisi oleh manisnya meringue yang dilapisi dengan taburan almond dan brown sugar juga cukup lezat. Meskipun tetap manis, tapi meringuenya sendiri tidak oversweeted


Sampai sekarang, setiap kali saya pulang ke Jogja, saya pasti menyempatkan datang ke Ministry of Coffee yang kebetulan letaknya tidak terlalu jauh dari rumah nenek. Next time saya akan mencoba main coursenya yang juga terlihat menggiurkan.






Ministry of Coffee
Jl. Prawirotaman 1 / 15A Yogyakarta 55153. Telp : (0274) 7473828.

You Might Also Like

2 comments

  1. Di prawiro Taman ya...ok, next time tante mau ke situ...

    ReplyDelete
  2. Tante Linda : yes tante, cobain deh. Enak enak :D

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe