Steakology

Friday, April 05, 2013

Pada Openrice gathering kali ini saya mendapatkan undangan untuk datang ke Steak house yang belum lama ini beroperasi, yakni Steakology. Menemukan tempatnya tidak sulit karena letaknya tidak begitu jauh dari warteg Warmo Tebet yang tersohor itu.

Steakology ini terdiri dari 2 lantai, lantai satu merupakan smoking room, sedandangkan lantai dua adalah non smoking room yang memiliki lounge yang dapat digunakan jika pengunjung ingin menggunakan private room untuk acara khusus seperti arisan ataupun meeting. 




Gathering Openrice malam itu berlangsung di lantai 2 Steakology yang didesain cukup unik. Dindingnya didominasi warna hitam dengan sulur daun-daunan yang menjulur dari atas sampai ke dinding. Beberapa lukisan berwarna cerah tampak menghiasi dinding. 

Melongok ke deretan menunya, pilihan steak yang ditawarkan cukup lengkap mulai dari sirloin, topside, tenderloin, salmon dan ayam. Steakology menyediakan 3 macam porsi untuk setiap steak yaitu small (130gr), medium (150gr) dan big (180gr). Seporsi steak sudah termasuk satu pilihan potato dish, satu saus dan setup sayuran.


Yang membuat Steakology ini berbeda dengan steak house lainnya adalah jenis sausnya yang beragam. Saat ini Steakology memiliki 7 macam saus yang dapat dipilih di antaranya BBQ, Teriyaki, Blackpepper, Pesto, Mushroom, Rattlesnake dan Bearnaise. Bahkan menurut bocoran info dari Prabu Revolusi yang merupakan salah satu ownernya, bulan depan mereka akan meluncurkan 30 macam saus unik yang akan menjadi signature sauce, salah satunya menggunakan bahan dasar kopi. Menarik!
Lucunya lagi, ketika membaca deretan menu pilihan saus, masing-masing saus memiliki efek masing-masing. Misalnya saja saus mushroom yang memiliki efek menenangkan atau rattlesnake yang memiliki efek dropdead georgeous

Chicken Steak with French Fries


Chicken Steak yang saya cicipi masih kurang juicy, sepertinya dimasak terlalu matang dagingnya agak sedikit kering.

Tenderloin Steak with French Fries



Sirloin Steak with Mashed Potato


Saya mencicipi tenderloin steak dengan french fries yang dimasak dengan tingkat kematangan medium well. Penampilan steaknya terlihat minimalis dengan warna hasil panggangan yang sedikit agak pucat. Namun, meskipun yang digunakan adalah daging lokal, ternyata chef Steakology mampu mengolahnya dengan baik sehingga teksturnya tidak kalah empuk dengan daging impor. 
Hanya saja saya agak kecewa ketika saya tidak mendapatkan jus daging yang biasanya keluar ketika steaknya dibelah. Untung tekstur dagingnya masih baik dan tidak kering. Sirloin steaknya pun tak kalah empuk, hanya saja jika dibandingkan dengan tenderloin steak malam itu, tenderloin masih juara empuknya.


Saus Pesto dan Bearnaise menjadi favorit saya untuk pendamping makan si tenderloin tersebut. Rasa saus pestonya cukup intens sedangkan Bearnaise yang terbuat dari campuran mentega, kuning telur, cuka dan rempah-rempah ini terasa creamy dan gurih. Bagi penyuka pedas harus mencoba saus Rattlesnake yang memiliki tingkat kepedasan sampai level 10, saus Blackpeppernya justru dibuat creamy dengan sedikit sekali hint pedas dari lada hitam. 
Saus Teriyakinya tidak kental seperti layaknya saus steak lainnya, rasanya manis dengan aroma khas kecap jepang yang harum. Saus BBQ terasa pedas manis sementara saus mushroom yang biasanya creamy dan kental justru hadir agak encer dengan potongan-potongan tebal jamur kancing.

Setelah puas menyantap steak, kami diberikan kesempatan untuk mencoba menu dessert baru yang belum ada di buku menu Steakology. Pelayanannya cukup ramah dan lumayan cepat, tidak membuat kami lama menunggu, banana caramel serta beberapa varian crepe & pancake langsung berdatangan ke meja kami.

Strawberry Pancake
Fruity Crepe
Tekstur pancakenya masih kurang moist sedangkan isian fruity crepenya yang terbuat dari irisan apel dan saus strawberry masih terasa kurang balance. Banana Caramel, Chocolate Crepe dan Caramel Cheese Crepe menjadi dessert favorit kami. Caramel saucenya enak, mengingatkan saya akan rasa permen karamel Alpenliebe. 

Banana Caramel
Cheese Caramel Crepe
Chocolate Crepe

Sebelum pulang, saya mendapat kejutan lagi karena menjadi pemenang dalam lomba foto #me&mysteak, sehingga saya bisa membawa pulang sirloin steak dengan 3 macam saus dengan cuma-cuma! Terima kasih Openrice & Steakology!




Steakology
Opening : 12 PM - 10 PM (weekdays)/ 12 PM - midnight (weeked)
Jl. Tebet Raya No. 38, Tebet, Jakarta
(021)837 86620

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe