Paul Bakery & Patisserie Indonesia

Wednesday, December 04, 2013

Ketika mendengar Paul Bakery yang sudah lebih dulu terkenal di Paris telah membuka outletnya di Pacific Place, saya langsung menyempatkan diri untuk mencoba varian roti dan pastrynya. Paul Bakery and Patisserie telah mulai beroperasi di kota Croix yang terletak di bagian selatan Perancis sejak tahun 1889. Hingga saat ini, Paul Bakery and Patisserie telah memiliki lebih dari 450 outlet yang tersebar di seluruh dunia.


Cabangnya yang terletak di Jakarta ini baru saja dibuka di salah satu pusat perbelanjaan di tengah kota. Berkonsep sebagai bakery dan restoran, Paul Bakery and Patisserie hadir dengan ambiance yang nyaman dan cozy dengan nuansa warna hitam putih yang mendominasi restorannya. 


Bagian dalamnya terdiri dari bakery yang tidak terlalu luas. Hanya terdapat dua meja serta satu meja panjang ala bar yang terletak di salah satu sudut. Sebagian besar bakery dipenuhi oleh etalase yang menampilkan aneka pastry, Danish, éclair, mille feuille, fruit tart, macaroon, flan, dan berbagai jenis roti fresh from the oven andalan Paul. 


Bakery ini memiliki akses langsung ke restorannya yang tidak terlalu besar tapi ditata dengan cukup apik. Sebagai pengganti dinding, Paul menggunakan kaca-kaca besar untuk memberikan kesan yang lebih luas. Di bagian outdoornya juga ditata menyerupai kafe taman yang tidak kalah nyaman.


Menu restorannya sendiri didominasi oleh sandwich-sandwich khas Perancis seperti Croque Monsieur ataupun croquet Saumon Poireaux  dan aneka crepes yang disajikan dengan salad sebagai side dishnya. 


Selain itu, terdapat pula aneka main course andalan mereka seperti Roulade de Dourade yang berbahan dasar Dory ataupun beef steak. Di samping itu varian sweet crepes, waffle, dan gelato juga siap dipilih dari jejeran menu dessert yang tersedia.

 
Butter Croissant (18K)


One of the best croissant I’ve ever tried so far.
Lapisan pastry luarnya terasa begitu ringan, flaky dan super renyah. Sedangkan bagian dalamnya gurih lembut dengan wangi butter yang dominan.  Butter croissant ini juga tersedia dalam bentuk mini (8K/pcs).
 
Pain Chocolat (22K)


Pastry ini berisi coklat di bagian tengahnya. Konsistensi filling coklatnya tidak terlalu padat/solid, rasa manisnya pas dengan sedikit hint rasa asam.  Cocok sekali disandingkan dengan lapisan pastry yang renyah dan buttery.  Pain chocolat ini juga tersedia dalam bentuk mini (8k/pcs).
 
Tartelette Framboise (55K)


Tartelette Framboise adalah salah satu varian tartelette dari Paul Bakey & Patisserie selain lemon,  chocolate, strawberry, ataupun mixfruit.  Pie doughnya berisi pastry cream yang wangi dan lembut. Bagian atasnya dipenuhi oleh buah raspberry segar dan ditaburi gula bubuk di sebagian tartnya. Saya suka konsistensi pastry cream yang tidak terlalu milky sehingga rasanya tetap ringan dan tidak terlalu manis. Raspberry segar yang digunakan pun terasa manis. Worth a try!
 
Gourmandise (25K)




Ini salah satu yang wajib untuk dicoba! Gourmandise adalah pastry yang terbuat dari adonan croissant yang flaky dan diisi oleh custard cream dan chocolate chips. Di varian pastry yang satu ini rasanya benar-benar lezat. Lapisan pastry yang gurih berpadu pas dengan custard cream dan chocolate chips di bagian tengahnya. Gurih butter dari lapisan pastry dan manis fillingnya benar-benar padanan yang tepat.
 
Chausson Pommes (25K)


Dalam bahasa inggris Chausson Pommes adalah apple turnover. Pastry ini berisi puree apel yang sangat lembut. Saya sendiri kurang menyukainya karena rasanya yang cukup asam. Untuk pastry yang satu ini, cocok untuk penggemar pastry dengan rasa yang segar atau jika sedang menghindari makan makanan yang terlalu manis.
 
 
Fougasse Cheese (25K)
 

Tidak cukup dengan mencicipi pastry, saya pun membawa pulang Fougasse Cheese. Fougasse adalah sebutan untuk flatbread di Perancis, biasanya dibuat dengan tambahan topping zaitun ataupun buah-buahan kering. 
Di Paul sendiri terdapat 3 macam fougasse yang berukuran cukup besar yang bisa dipilih sesuai selera. Fougasse Cheese ini bertopping lelehan keju yang sudah mengeras di permukaannya. Aroma kejunya kuat dan tajam dengan tekstur roti yang agak keras. Setelah dipanaskan sebentar di dalam microwave, teksturnya menjadi lebih soft dan chewy dengan rasa keju yang pekat. Love it!
 
 
Overall, saya cukup puas dengan aneka pastry yang saya cicipi di Paul Bakery & Patisserie. Selain fresh, rasanya juga lezat, belum lagi variannya yang cukup beragam sehingga membuat saya berpikir lama sebelum akhirnya menentukan pastry mana yang ingin dicicipi terlebih dahulu. Sayangnya, tempat yang cantik dan hidangan yang lezat ini kurang didukung oleh pelayanan staf. 

Ketika saya duduk, meja yang saya tempati masih kotor dan tidak ada satu orangpun yang membersihkan meja. Para waiter & waitress justru dengan sigap membersihkan meja dan memberikan buku menu kepada dua pengunjung berkebangsaan asing yang datang setelah saya. Saya harus meminta dua kali sebelum akhirnya meja dibersihkan dan kami mendapat buku menu. 
Belum lagi ice lemon tea yang dipesan tidak dihidangkan dengan gula cair sehingga (lagi-lagi) kami harus meminta gula cair untuk menikmati minuman yang kami pesan. Semoga ke depannya pelayanan di Paul bisa lebih baik lagi karena pasti saya masih akan kembali untuk mencicipi menu lainnya. :)






PAUL BAKERY & PATISSERIE
Pacific Place Mall South Lobby
Jl. Jendral Sudirman Kav.52-53
Jakarta Selatan
(021) 5797 3464

You Might Also Like

3 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe