HELLO SUNDAY CIKINI

Thursday, September 21, 2017

Dua minggu yang lalu saya diundang ke Foodies Gathering yang bertempat di Hello Sunday yang bertempat di Metropole Cikini. Awalnya begitu melihat rundown acara saya agak heran mengapa ada tour keliling Metropole juga. Ternyata tur ini bertujuan agar kami mengenal lebih dekat gedung Metropole yang bisa dibilang gedung XXI yang paling ikonik di Jakarta karena menempati bangunan cagar budaya. Pada acara ini juga saya baru tahu kalau ternyata Hello Sunday ini masih tergabung di bawah manajemen XXI F&B.



Sedikit sejarah dulu ya, jadi gedung Metropole yang sudah berdiri sejak tahun 1932 ini dulunya memang merupakan bioskop jaman Belanda yang bernama Bioscoop Metropool. Baru di tahun 1960, nama bioskop ini diganti dengan nama Bioskop Megaria. Sempat mengalami kebangkrutan, akhirnya bangunan ini dibeli oleh grup jaringan 21 Cineplex di tahun 1989. Tidak hanya bioskop, namun sepanjang tahun 1990-an, bangunan ini juga disewa oleh beberapa tempat makan sederhana dan legendaris yang bertempat di sisi bangunan Metropole. 
Bapak Doddy Suhartono, Director F&B XXI


Baru di tahun 2008, Grup 21 Cineplex melalukan renovasi besar besaran yang mengubah konsep interior sekaligus eksteriornya agar kesan Dark, Dirty, Dangerous yang sempat melekat pada Metropole benar benar hilang.
Ditambah lagi karena letaknya yang strategis, Grup 21 Cineplex sepakat untuk menjadikan Metropole sebagai bioskop XXI yang menyasar kalangan menengah ke atas. Interiornya dibuat istimewa dengan gaya art deco yang elegan untuk mengimbangi bentuk gedung cagar budaya ini. Bahkan para pegawainya pun mengenakan seragam semacam kebaya untuk sekaligus mempromosikan keindahan budaya Indonesia.

Interior Premiere Metropole

Perubahan tidak hanya bagian dalamnya saja, namun juga di sisi luarnya. Di bagian sisi kirinya dibangun semacam food court yang mengakomodir pedagang makanan sehingga menjadi lebih tertata dan rapi, lengkap dengan area terpisah antara smoking dan non smoking yang memanjang hingga ke belakang gedung. Di bagian ini juga dapat kita temukan Pempek Megaria, Ayam Bakar Megaria dan Es Teler Sari Mulia Asli yang tidak kalah terkenal sejak tahun 90’an.

ROEMAH KULINER
Salah satu pojok nyaman Roemah Kuliner


Semua makanan di Roemah Kuliner dijamin tidak menggunakan MSG dan halal.



Jika menginginkan suasana yang lebih nyaman, maka Roemah Kuliner bisa menjadi pilihan. Roemah Kuliner merupakan food court yang menyediakan makanan Indonesia mulai dari Soto Betawi, Sate, Asinan, Bubur tradisional hingga aneka jajanan pasar yang kebersihan dan kualitas bahannya terjamin. Range harga yang ditawarkan untuk bersantap di gedung peninggalan budaya ini pun cukup terjangkau.

RUANG VIP
Ruang VIP Roemah Kuliner yang super cantik & nyaman



Terdapat tiga ruangan seperti ini di bagian dalamnya



Tidak tanggung-tanggung, Metropole juga memiliki ruang VIP yang dapat disewa untuk acara khusus. Ruangan super cantik ini terletak di lantai dua, lokasinya bersebelahan dengan Hello Sunday. 
Biasanya ruangan yang sarat wangi melati & sedap malam ini banyak digunakan untuk acara kedutaan besar atau pejabat negara yang menginginkan ruangan privat dengan jamuan makan istimewa. Istimewa karena di ruang VIP Roemah Kuliner ini hidangan dapat disajikan ala Rijstaffle dimana setiap hidangan disajikan oleh satu pelayan, layaknya bangsawan di jaman Hindia Belanda. Masakan yang disajikan tentu saja masakan Indonesia yang menggunakan bahan-bahan segar dan premium.

Epic Entrance dari waiter & waitress yang membawakan makanan ala Rijstaffle diiringi oleh pemain biola dan gitar yang mengalunkan musik khas Indonesia.

Puas berkeliling, baru kami kembali ke Hello Sunday. Hello Sunday dihadirkan untuk melengkapi pilihan bagi para penikmat kuliner yang ingin menyantap hidangan bernuansa western. Tempatnya tidak terlalu besar, namun terang dan sangat nyaman dengan semi open kitchen di bagian depannya. Saat itu Hello Sunday sangat ramai sehingga saya tidak bisa mengambil foto bagian dalamnya, tapi seperti yang bisa dilihat, outdoornya saja terlihat apik.










Drinks
AFFOGATO (IDR 38.000)





Affogato Hello Sunday ini terasa enak dengan espresso yang cukup terasa aciditynya.Dihidangkan dalam waffle cone yang telah dilapisi coklat. Es krim vanilla memberi citarasa creamy pada espressonya.

POPEYE POWER (IDR 45.000)
Organic Spinach, Cucumber, Pineapple, Apple & Lemon


Very refreshing and perfectly fit for your healthy lifestyle.

ICED YUZU MORROCAN MINT (IDR 45.000)
Yuzu orange fruit & morrocan mint tea


Minuman terasa segar dan sedikit manis dengan sedikit scent & rasa yuzu yang segar. Favorit!


Appetizer
SUNDAY’S CRISPY (IDR 40.500)

It’s gone in 5 seconds in our table. Menu ini adalah kentang yang diiris tipis dan digoreng kering. Sebelum disajikan, kentang dicampur dengan abon (beef flakes) yang gurih manis. Oh my, we just can’t stop eating this!

SPICY RACHA WINGS (IDR 50.000)


Sayap ayam berbalut bumbu Korea yang pedas ini juga enak karena kulitnya yang renyah. Hidangan ini disajikan dengan dua potong jagung sebagai pendampingnya.


Salad
SAIGON CHICKEN SALAD (IDR 70.000)




Salad ayam yang ditata cantik ini menggunakan Vietnamese dressing yang rasanya campuran asam pedas dan sedikit manis. Sebagai pelengkapnya terdapat irisan papaya muda, manga delima dan kacang tanah yang menjadikan salad ini makin segar & renyah.

QUINOA BEEF SALAD (IDR 104.000)
Organic quinoa, baby spinach, beef bulgogi, edamame beans, sweet corn, soft boiled egg served with Korean Spicy dressing


Favorit saya!
Saya tidak menyangka salad quinoa bisa se-tasty ini. Rasanya gurih pekat karena menggunakan Korean spicy dressing. Gurih dengan hint sedikit rasa pedas menjadikan saya tidak berhenti mengunyah salad ini. Irisan daging sapinya juga cukup empuk. Jika semua rasa salad seenak ini, saya mumgkin akan mempertimbangkan untuk berhenti makan mie instan. LOL.


Main Course
SUNDAY SPECIAL ANGEL HAIR PASTA (IDR 90.000)



Angel hair pasta milik Hello Sunday dimasak dalam saos creamy yang gurih ringan. Saus yang membalutnya tidak terlalu pekat, disajikan dengan quinoa dan fillet salmon tebal yang dibumbui dengan baik di bagian atasnya.

ROSEMARY CHICKEN (IDR 146.000)



Another healthy menu alert!
Rosemary chicken ini terdiri dari setengah ekor ayam yang dipanggang (ya, bukan digoreng) setelah sebelumnya dimarinade dengan rosemary dan ketumbar. Hasilnya, daging ayam terasa juicy dan permukaan kulitnya renyah saat dikoyak. Aroma rosemary yang cukup kuat juga menguar dari hidangan yang satu ini.


BIG! CHICKEN WAFFLE (IDR 105.000)



OMG, Hello Sunday ternyata memiliki waffle yang benar-benar enak! Setidaknya itu yang ada di benak saya ketika mencicipi chicken waffle berukuran cukup besar ini. Dua fillet ayam ditumpuk berselang seling dengan waffle yang bertekstur fluffy dan buttery. Sebagai sentuhan akhir, waffle disiram dengan butter soy sauce. Samar samar juga terasa wangi rosemary saat mengunyah ayamnya yang cukup empuk. A must try!


Dessert
PUTU WAFFLE (IDR 20.000)


Putu waffle terinspirasi dari kue tradisional Indonesia. Menu ini mungkin terlihat cukup simple dan tidak menarik. Tapi tunggu sampai mencobanya sendiri. Aroma pandan bercampur butter yang keluar dari adonan waffle yang lembut berpadu pas dengan parutan kelapa dan gula Melaka di bagian atasnya. Waffle ini tersedia dalam beberapa ukuran dari mulai quarter, half sampai full untuk sharing dengan teman. Simple but memorable. Totally recommended!

BIG! HONEY TOAST (IDR 135.000)



Bagian dalam Big!Honey Toast

Jika datang ke Hello Sunday beramai ramai, pastikan untuk mencoba dessert andalannya yang berukuran super besar ini. Big!Honey Toast ini dapat dimakan sampai 4 orang (atau bahkan lebih), karena kami ber 4 sudah menyerah kekenyangan untuk menghabiskan dessert ini. Potongan toast bertekstur padat dan renyah ini disajikan dengan cream dan homemade ice cream di bagian atasnya dengan pilihan rasa yang menarik. Sebut saja Kopi Tubruk, Java Tea, Es Teler, atau gula Melaka yang siap dipilih. Saya sendiri mencicipi Java Tea Big! Honey Toast yang terasa creamy dengan aroma dan rasa khas Java Tea XXI yang cukup kuat. 

Pengalaman bersantap di Hello Sunday cukup berkesan untuk saya. Di luar ekspektasi, Hello Sunday ternyata banyak memiliki menu-menu lezat nan unik yang patut dicoba. Saya bahkan sudah berniat untuk kembali lagi tentunya untuk Quinoa Beef Saladnya yang super enak dan juga menu lainnya yang belum sempat saya coba.



HELLO SUNDAY
Metropole 21 Lantai 2
Jl. Pegangsaan Timur No. 21 Cikini
Menteng Jakarta
(021) 319 00404
Open : 11.00 – 22.00 WIB

You Might Also Like

2 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe