Afternoon Bites with Din Tai Fung & Femina

Friday, July 20, 2012

Beberapa minggu yang lalu saya menerima undangan Femina untuk mengikuti Afternoon Bites with Din Tai Fung, Plaza Semayan. Seperti yang kita tahu bahwa Din Tai Fung sudah berdiri sejak tahun 1972 di negara asalnya, Taipei. Di tahun 1996 sejak membuka cabangnya di Jepang, mereka mulai ekspansi ke negara-negara lain termasuk Indonesia. 

Di Indonesia sendiri Din Tai Fung sudah terkenal sejak 2005 sebagai restoran yang memiliki salah satu Xiao Long Bao terenak di Jakarta. Xiao Long Bao merupakan hidangan Shanghai yakni semacam dumpling yang berisi kuah/kaldu. Biasanya Xiao Long Bao ini dinikmati dengan cuka dan potongan jahe sebagai pelengkapnya.
Gambar diambil dari flyer Din Tai Fung News 7 July 2012

Pada acara afternoon Bites kali ini, Din Tai Fung & Femina mengundang food bloggers dan pembaca Femina untuk mencicipi menu andalan dan menu terbaru Din Tai Fung. Sebagai pembukanya, saya mencicipi Blackcurrant Bubble Tea yang menggunakan jasmine tea sebagai penambah aroma. Setelah itu, Din Tai Fung menyajikan menunya yaitu : 

Pancake Abon Sapi ala Shanghai (20K) 


Pancake Abon Sapi ala Sanghai justru tidak mirip sama sekali dengan tekstur pancake, justru lebih mirip roti dengan tekstur yang agak kering.

Enoki Goreng dengan Cabe (38K)


Enoki Goreng dengan Cabe terbuat dari jamur Enoki yang dibalut dengan tepung dan digoreng hingga crunchy, bahkan jamurnya hampir tidak terasa lagi. Hidangan yang satu ini cocok untuk penyuka pedas karena tingkat kepedasannya memang tidak main-main. Bahkan setiap kali ada pengunjung yang memesan menu ini, kami harus rela terbatuk batuk karena aroma menyengat dari cabe yang dimasak karena kebetulan lokasi meja kami yang cukup dekat dengan dapur restoran.

Sup Wonton Ayam dan Sayuran (32K/4pcs)
 

Hidangan yang satu ini menjadi favorit saya. Kaldu wontonnya terasa gurih dan ringan dengan sentuhan rasa hangat dari jahe. Wontonnya sendiri juga lezat dan tidak overcooked

Setelah itu. Din Tai Fung mengeluarkan menu andalan mereka yang berupa Xiao Long Bao. Istimewanya, Xiao Long Bao yang kami coba kali ini adalah Authentic Indonesian Taste Xiao Long Bao yaitu Satay Xiao Long Bao (51K/6 pcs) yang dikeluarkan khusus untuk menyambut bulan puasa. Pada seri sebelumnya, Din Tai Fung juga pernah menciptakan Xiao Long Bao Opor Ayam dan Xiao Long Bao Rendang. Menu ini hanya dikeluarkan selama sebulan sebelum dan sebulan sesudah puasa. Bagi saya pribadi, saya lebih memilih Xiao Long Bao dengan rasa klasik/ayam. 


Selanjutnya, beberapa menu main course disajikan bersama dengan seporsi Nasi Hainam (12K), seperti :
Tumis Buncis dengan Sapi (52K) - Tumisannya terlalu berminyak dan buncisnya kurang crunchy.
Ayam Nanas dengan Saus Asam Manis (50K) - Ayam goreng tepungnya masih terasa renyah padahal sudah disiram saus asam manis. Lezat!


Ikan Asap ala Shanghai (45K) - Ikan dory asap yang dimasak dengan saus teriyaki ini rasanya terlalu manis bagi saya. Aroma dari ikan asapnya juga kurang terasa.

Mango Fantasy (58K- sharing atau 38K - personal)
 

hadir sebagai penutup bersantap siang itu. Pencuci mulut yang satu ini memiliki porsi yang cukup besar sehingga cukup untuk dishare 4-6 orang. Sebenarnya Mango Fantasy merupakan es serut yang kemudian disiram dengan saus mangga dan potongan mangga segar dan dihidangkan dengan satu scoop es krim mangga - FYI, es krim Haagen Dazs merupakan supplier mereka. Saya suka menu yang satu ini, manisnya pas dan menyegarkan.
Terima kasih Femina dan Din Tai Fung untuk Afternoon Bites yang menyenangkan!




@dintaifungindo
3rd Level unit 318C Plaza Senayan
Jl. Asia Afrika No. 8, Jakarta 10270
(021) 5790 0163

You Might Also Like

2 comments

  1. duhhh asiknya, syg banget i couldnt make it huksss #ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Juul, sayang ya waktu itu ga bisa dateng. Mana si Inez bawa Choco Lava lagi. Huhuu..

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe