Warung Yu Tien

Saturday, March 02, 2013



Penggemar bebek rasanya belum pas kalau belum mencoba aneka olahan bebek yang diusung oleh Warung Yu Tien. Tempat makan yang terletak di Cipete Raya ini memang menjadikan bebek sebagai menu utama andalan masakannya. Sesuai dengan taglinenya yaitu “Spesialis Bebek”, Warung Yu Tien tidak hanya menyediakan menu bebek goreng atau bebek bakar, melainkan juga kreasi unik menunya seperti bebek cabe nanas, bebek rempah, pangsit bebek hingga bakso bebek.


Dari luar, Warung Yu Tien ini memang tidak terlalu eye-catching, namun saat memasuki bagian dalamnya pengunjung akan disambut dengan ruangan yang didominasi oleh furnitur kayu dan cat yang berwarna kuning terang  ditambah dengan sedikit sentuhan pernak pernik etnik khas jawa menjadikan suasana ruangan nyaman dan hangat. Naik ke lantai dua, penataan interiornya lebih minimalis dengan jendela-jendela kaca yang besar.




Makanan yang disajikan oleh Warung Yu Tien memang cukup beragam, untuk menu pembuka saya mencicipi beberapa menu diantaranya :

JLowelcome drink


 
Tidak ada hubungannya dengan Jennifer Lopez, JLo sendiri merupakan singkatan dari Jahe Lemon. Sebagai penambah rasa, mereka juga menggunakan madu. Minuman yang satu ini asam segar sekaligus menghangatkan.

Pangsit bebek (10K/6pcs) 


Bentuknya tidak jauh berbeda dengan pangsit pada umumnya, hanya saja isiannya terbuat dari daging bebek.


Bakso Bebek (11,5K/ 8pcs)
Bentuknya memang tidak bulat sempurna, namun rasanya tidak kalah dengan bakso biasa. Teksturnya cukup padat tapi masih juicy dan sedikit kenyal. Gurihnya daging bebek juga cukup terasa. Saya suka sekali dengan menu ini.

Sambil menikmati makanan pembuka yang disajikan, minuman pesanan kami pun berdatangan.  Saya mencoba beberapa minuman rekomendasi mereka yaitu :


Beras Kencur Smoothies (10K) & Kunyit Asem Smoothies (10K)


 
Awalnya saya tidak yakin dengan rasa minuman nyeleneh yang terbuat dari campuran jamu beras kencur dan susu ini. Setelah dicoba ternyata rasanya enak! Campuran susunya cukup proporsional sehingga tidak membuat rasa smoothiesnya terlalu manis dan pekat. Jamunya juga cukup terasa, aroma dan rasanya menjadi lebih mild. Tapi untuk Kunyit Asem Smoothies, asemnya tidak terlalu terasa.

Es Pitu (19K)



Sejenis es campur ini diberi nama es Pitu karena terdiri atas 7 macam bahan campuran antara lain alpukat, nata de coco, kelapa, cincau, agar-agar, jagung dan kacang merah dan es krim vanila sebagai pelengkap. Lengkap dan mengenyangkan!

Es Pelangi (14K) & Es Buah Naga (18K)



Es Pelangi hadir dalam 3 warna kontras yaitu merah, hijau dan putih. Buah markisa menjadi pelengkap minuman bersoda ini. Es buah Naga seperti namanya, hadir dengan potongan dadu buah naga, sirup merah, selasih, lengkap dengan satu scoop es krim pada bagian atasnya.

Selang beberapa lama kemudian, beberapa menu main course andalan Warung Yu Tien pun dihidangkan di meja kami. Salah satu penggagas varian menu unik aneka bebek ini ialah Chef Rendy Kongs yang pernah mengenyam training bersama Marco Pierre White, seorang 3-star Michelin Chef. Meskipun menu yang disajikan semua merupakan olahan dari bebek, namun disamping itu, Warung Yu Tien juga menyediakan masakan berbahan dasar ayam. Bagi para penyuka pedas, wajib mencoba menu Bebek Yu Tien yang terdiri dari tiga macam tingkat kepedasan yaitu small, medium spicy dan Extra Hot OMG.


Nasi Goreng Spesial Yu Tien



Penampilan nasi gorengnya sekilas memang mirip dengan nasi kuning, tapi soal rasa jelas berbeda. Nasi goreng Yu Tien menggunakan kunyit sehingga warnanya menjadi kuning dengan aroma dan rasa yang sarat rempah. Seporsi nasi goreng ini disajikan dengan balado ati ampela yang cukup pedas, telur mata sapi, acar dan bawang goreng.

Bebek Yu Tien – Medium Spicy (16,5K/pcs)


 
Sekali dilihat, penampilan Bebek Yu Tien dengan tingkat kepedasan medium ini memang agak menyeramkan. Bebek goreng dilumuri dengan sambal pedas khas Yu Tien dengan minyak cabai yang menggenang di sekitarnya. 

Tapi setelah dimakan ternyata rasanya tidak sepedas yang saya bayangkan. Bebeknya dibumbui dengan baik dan meresap hingga ke daging.

Bebek Yu Tien – Extra Hot OMG (16,5K/pcs)


 
Berbeda dengan Bebek Medium Spicy, lumuran sambal di Bebek Extra Hot OMG tampil justru lebih “kalem”. Awal mencicipi, pedas sambalnya masih biasa saja, lama kelamaan ternyata jadi bertambah pedas. Tapi bagi saya, pedasnya masih bisa ditolerir lidah. 

Yang saya sukai dari menu yang satu ini ialah tidak seperti makanan pedas lain yang biasanya hanya terasa pedas dan panas, rasa gurih dengan semburat rasa manis juga masih dapat dirasakan disamping pedasnya bebek. Recommended (for spicy food lover).

Bebek Cabe Nanas (15,5K/pcs)



Penyuka citarasa asam manis dapat mencoba Bebek Cabe Nanas ini. Saus asam manisnya berpadu sempurna dengan kelezatan bebek goreng, potongan kecil nanas menciptakan sensasi asam segar. Meskipun terdapat embel-embel cabe namun rasa pedasnya sendiri hampir tidak terasa.

Bebek Goreng Crispy (14,5K) & Nasi Putih (2,5K)





Bebek Goreng Rempah (16K/pcs)


 
Satu lagi kreasi olahan bebek yang harus diakui kelezatannya. Bebek rempah ini merupakan bebek yang goreng dengan taburan rempah rempah yang telah digoreng kering. 

Taburan rempah yang terbuat dari serai, jahe, lengkuas, kunyit dan rempah lainnya ini bertekstur renyah dan mampu menciptakan paduan rasa yang harmonis di mulut. One of the most delicious dishes at Warung Yu Tien!

Asem Asem Bebek (14K)





Potongan daging paha bebek yang dimasak dengan kuah asem-asem yang sarat dengan rasa asam yang menyegarkan. Bebeknya empuk, kaldu bebek dan daun kemangi yang dicampurkan dalam kuah asem-asemnya membuat aromanya semakin sedap. Ditambah lagi dengan kucuran jeruk nipis yang membangkitkan selera makan. Seporsi asem-asem ini dapat dinikmati dengan nasi putih ataupun lontong.


Warung Yu Tien cukup sukses memuaskan lidah dan perut saya hari itu dengan aneka suguhannya. Pelayanan yang cukup cepat ditambah dengan staf serta para chef yang ramah menjadikan suasana bersantap lebih menyenangkan. Rasa makanan yang lezat serta harga masakan yang dibandrol tidak terlalu tinggi juga merupakan salah satu nilai plus dari Warung Yu Tien. 
Thank you Warung Yu Tien & the crew! :)






Warung Yu Tien

Facebook  | Twitter
Opening hours : 10.00 – 22.00 ; WiFi available
Jl. Cipete Raya No.7 (seberang Jakarta Coffee), Jakarta 12410
(021) 7591 7471/ 0811 977 2630

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe