Saraso

Saturday, April 05, 2014

Senang sekali mengetahui ada restoran baru yang menyuguhkan hidangan khas Indonesia yang kaya rempah di tengah menjamurnya restoran bergaya barat. Mengusung beragam hidangan padang peranakan, Saraso hadir untuk melestarikan budaya Padang yang menjadi salah satu masakan daerah terfavorit di Indonesia. Padang peranakan ini berbeda dengan padang lainnya karena dipengaruhi oleh citarasa Tionghoa, salah satu cirinya ditandai dengan rasa masakan yang tidak sepedas masakan padang aslinya.




Berbeda dengan restoran padang pada umumnya juga, Saraso menampilkan konsep bersantap affordable luxury, dimana restoran ditata dengan gaya modern dan nyaman tapi tetap kental dengan nuansa tradisional padang. Saraso berkapasitas 98 pengunjung dengan pemisahan (tanpa sekat) antara smoking dan non smoking area dan satu semi private room berkapasitas 10 orang.
 
Ikan Bilih Lado Ijo (19K++)



Sate Padang (31K++)



Lontong Picel (17K++)



Lontong Sayur Padang (18K++)



Soto Padang (27K++)


Dari aneka hidangan appetizer milik Saraso ini, favorit saya adalah Sate Padang.  Seporsi sate padang disajikan dengan saus kuning kental yang kaya bumbu dengan potongan ketupat di bagian bawahnya. Satenya terdiri dari campuran daging dan jeroan sapi yang empuk dan gurih. Ikan Bilih Lado Ijo juga patut dicoba. Teksturnya yang super renyah dipadu dengan sambal lado ijo pedasnya samar-samar. Cocok bagi yang tidak terlalu suka hidangan pedas.
 
 
Saraso juga memiliki beberapa hidangan yang menjadi Signature Dishnya. Uniknya, beberapa pilihan menu Signature ini tersedia dalam 3 porsi  yaitu small, medium dan large. Menu-menu tersebut antara lain :
 
Gulai Kepala Kakap (115K++)


Gulai Kepala Kakap racikan Saraso tampil dengan kuah kuning yang kaya rempah. Konsistensi gulainya pas, tidak terlalu encer ataupun kental. Sayangnya pada hari itu, kepala kakapnya terasa amis, penggunaan rempah pada kuahnya juga tidak banyak membantu menghilangkan aroma fishy pada hidangan ini. Untuk gulai kepala kakap ini hanya tersedia dalam satu macam porsi saja.
 
Gulai Udang Pancet Besar (S = 140K++ ; M = 270K++)


Gulai udangnya juga recommended. Udang-udang yang besar dan juicy ini dimasak dalam kuah kari yang kental dan kaya rasa. Rasa gurih santan meresap ke dalam udang dengan semburat pedas tercecap di lidah saat menyantapnya.
 
 
Selain sajian ala carte seperti pada umumnya, Saraso juga memiliki set menu yang dapat dipilih sesuai selera. Satu porsinya sudah termasuk nasi putih, lauk pilihan, daun singkong, terong balado dan gulai cubadak (nangka muda). Nasi Batang Anai menggunakan lauk dendeng yang dapat dipilih masak basah ataupun kering, sedangkan Nasi Batang Arau menyuguhkan pilihan ayam sebagai lauknya. Bagi para pecinta rendang, Nasi Batang Kandislah yang merupakan pilihan tepat.
Favorit saya adalah Nasi Batang Anai dengan  dendeng balado yang dimasak kering. Tekstur dagingnya kering renyah, menyerupai keripik dengan bumbu gurih yang meresap
 
Nasi Batang Anai (36K++)

Nasi putih + dendeng balado (kering atau basah) + sayur daun singkong + terong balado + gulai cubadak.

 
Nasi Batang Arau (37K++)

Nasi putih + aneka pilihan lauk ayam (ayam pop/ayam balado/ayam cabe ijo/ayam bakar/ayam gulai) + sayur daun singkong + terong balado + gulai cubadak.

Nasi Batang Kandis (39K++)

Nasi putih + rendang + sayur daun singkong + terong balado + gulai cubadak.

Serabi Padang (12K++)


Serabi ini dihidangkan dengan saus yang terbuat dari gula merah. Serabinya sendiri moist dan empuk dengan aroma gurih kelapa yang terjejak di lidah. Saya suka dengan hidangan penutup santap nan lembut ini.
 
 
Bubur Kampiun (28K++)


Bubur Kampiun adalah salah satu hidangan khas padang kegemaran saya. Di daerah asalnya, Bubur Kampiun ini kerap kali disajikan sebagai ta’jil saat berbuka puasa atau menu sarapan, khususnya bagi anak-anak karena rasanya yang manis. Bubur kampiun ala Saraso ini memiliki isian yang variatif, mulai dari  bubur sumsum, bubur kacang hijau, ketan putih, ketan hitam dan bola ubi.


Saraso juga menyajikan aneka minuman yang cukup bervariasi. Yang menjadi andalan tentu saja varian healthy juicenya yang terbuat dari campuran buah-buahan serta sayuran segar yang dapat digunakan sebagai penetralisir setelah makan besar.
 
 
 
 
 
 
SARASO
1st floor Unit 17/18 Citywalk Sudirman
Jl. KH Mas Mansyur No. 121 jakarta
(021) 2555 8783

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe