Lumpia Samijaya

Wednesday, October 10, 2012

Beberapa waktu yang lalu, ketika saya ke Jogja lagi, saya kembali mengunjungi tempat-tempat jajan yang saya rindukan, salah satunya adalah Lumpia Samijaya. Sebenarnya, lumpia ini tidak memiliki nama, hanya saja gerobak jualannya berada di depan toko Samijaya Malioboro, sehingga untuk lebih memudahkan pencarian si lumpia maka disebutlah Lumpia Samijaya. Lumpia Samijaya ini sudah eksis sejak tahun 1980-an, setidaknya begitulah yang dikatakan nenek saya.

Berbeda dengan lumpia khas Semarang yang berisi rebung, lumpia Samijaya ini hanya berisi cacahan wortel, tauge, sedikit rebung (dan tidak berbau!), dan tahu. Bisa juga memilih yang isi ayam atau lumpia spesialnya yang berisi sayur, ayam dan telur puyuh.  Untuk menikmati lumpia ini disertakan pula pelengkapnya yang berupa acar timun, cabe rawit dan saus bawang putih.
Yang saya suka adalah lumpia Samijaya ini benar-benar fresh karena diolah langsung di depan pembeli, mulai dari meracik isian hingga menggorengnya. Dan tentu saja karena rasanya yang lezat! Daging ayamnya juga sudah dibumbui dulu sebelum dicampurkan ke dalam isian, sehingga rasanya gurih. Belum lagi jika ditambah dengan saus bawang putih yang segar. Highly addictive.
Lumpia Samijaya ini buka mulai jam 11 sampai jam 3 sore dan baru buka kembali lagi jam 5 hingga malam hari. Saya sarankan jika memang ingin mencoba, datanglah di jam-jam Lumpia ini baru buka, karena seringkali banyak pembeli yang kehabisan lumpia seperti yang saya lihat kemarin, padahal baru sekitar satu jam saja Lumpia Samijaya mulai menggelar dagangannya.
Lumpia Samijaya
Jl. Malioboro, Yogyakarta

You Might Also Like

4 comments

  1. I can eat 5 of this and still wanting more... it's soooooo good. Apalagi kalo pakai saus bawang putihnya. eh2, kapan mau ganti nama blog, mbak aline?

    ReplyDelete
    Replies
    1. me too! pernah beli 10 lumpia spesial utk berdua, eh masih kurang aja.. --"
      belum sempat niih, tapi diusahakan di bulan ini nanti deh, harus cari waktu senggang nih.. anyway, thanks ya udh mampir baca..

      Delete
  2. juara rasa nya, kmrn dapat kiriman dari temen

    thanks
    cumi
    http://cumilebay.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Antrriiii 😂 waktu itu nginep di mutiara jadi pesen dl ke bawahbsejam kemudian trn mau ambil ternyata blm smp jg no aku 😁 besoknya belinya sengaja nungguin dr dia baru buka biar ga antri 😀

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe