Mediterranea Restaurant

Thursday, October 04, 2012

Yang tinggal di Jogja dan hobi makan pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama Chef Kamil. Ia pernah bekerja sama dengan beberapa restoran yang cukup terkenal di Jogja. kali ini ia kembali membuka sebuah restoran di daerah Selatan Yogyakarta dengan menu khas Mediterania. Biasanya, masakan khas Mediterania banyak ditandai oleh pemakaian minyak zaitun, sayur maupun kacang-kacangan ke dalam masakannya yang juga mendapat pengaruh dari masakan Eropa dan Asia.

Restoran Mediterranea ini hampir tidak terlihat dari pinggir jalan Tirtodipuran. Tampilan luarnya yang hanya menyerupai rumah biasa dan cenderung agak gelap dengan signboard yang juga tidak terlalu besar membuat saya beberapa kali melewati tanpa menyadari ada restoran baru di daerah itu. Memasuki area dalamnya, Mediterranea ditata apik dengan beberapa ruangan terpisah dan juga pernak pernik yang simpel namun menarik. 

Penne au Salmon Fume (47K)
Penne with homemade smoked salmon, cream and aneth.


Meskipun disebut dimasak menggunakan krim namun penampilannya plain, sama sekali tidak kelihatan menggunakan saus sebagaimana pasta carbonara atau alfredo. Tapi ketika dicoba, penne terasa cukup creamy. Cincangan daun dill yang dicampurkan kurang terasa. Enaknya, menu yang satu ini tidak cepat membuat eneg karena saus krimnya tidak berlebihan, ditambah lagi irisan smoked salmon yang cukup generous.

Confit de Cuisse et Mandhon de Canard, Puree Maison et Sauce au Champignons (50K)
Traditional Duck Leg and Wing Confit, Mashed Potato and Mushroom Sauce



Enak! Daging bebeknya crispy di bagian kulit dan lembut di bagian dagingnya. Mudah sekali terlepas ketika ditarik oleh garpu. Bumbunya juga cukup meresap hingga ke bagian dalamnya, sehingga daging terasa gurih dan tidak terlalu greasy. Cocok sekali dengan saus jamur dan mashed potatonya. Di hidangan ini, mashed potatonya tidak menggunakan campuran krim ataupun susu. Jadi benar-benar hanya kentang yang ditumbuk halus. 




Perut saya sudah cukup kenyang selesai menyantap Duck Confit, ketika Chef Kamil datang ke meja kami untuk menawarkan dessert. Tidak lama kemudian, dia kembali lagi dengan dua gelas compliment dessert yang dibuatnya sendiri. 



Chef Kamil
Dessert ini terbuat dari krim dan macaroon yang diremukkan dengan sedikit saus coklat diatasnya. Krimnya lembut, kental dan tidak terlalu manis. Macaroon dan saus coklat memberikan rasa lezat dan juga paduan tekstur yang menarik dengan krim yang lembut tadi. Jika ingin mencicipi, pesan saja menu dessert Café Gourmand yang berisi dessert ini plus espresso atau black coffee.




Mediterranea Restaurant by Chef Kamil
www.restobykamil.com
Twitter : @Mediterranea_R
Jl. Tirtodipuran No. 24 Yogyakarta. (0274) 371052

You Might Also Like

8 comments

  1. Menarik, kalau dari suasananya sendiri apakah casual atau sudah masuk arah-arah fine dining? Kemudian dengan range harga seperti ini apa cukup mengena untuk standar Yogya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Bayu! Kalau suasananya lebih ke casual dining, untuk harga sebenarnya terhitung cukup tinggi, tapi untuk Yogya yang sekarang, range harga segini sudah semakin banyak dan bisa tetap laris. Mungkin pengaruh dari makin banyaknya pendatang di Yogya juga..

      Delete
    2. Oh ya? Jadi dengan harga segitupun di Yogya sekarang ini sudah bisa sustainable ya? Nice... Yang pasti jadi lebih banyak pilihan untuk international dining di Yogya yah :).

      Salam kenal juga, dari sesama tukang makan.

      Delete
  2. Replies
    1. makasi udah mampir baca, mamanya Aishaa.. :)

      Delete
  3. halo, saya mau tanya masakan Mediteranian yg diusung Chef Kamil ini apakah lebih mengarah ke makanan Prancis?? karna ada menu duck confitnya segala...

    Salam kenal sesama tukang makan :))

    http://gadisrakus.wordpress.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai gadisrakus, salam kenal juga ya..
      Jadi, menurut si empunya, Mediterranea ini mengusung masakan Mediterranea beserta 'tetangga-tetangga'nya. Makanya disini ada Duck Confit dari Perancis, Shish Kebab dari Mid East ataupun Pasta dari Italia, CMIIW. :)

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe