Altitude at The Plaza

Saturday, August 24, 2013

Tidak banyak restoran di Jakarta yang menawarkan pengalaman bersantap di ketinggian gedung pencakar langit. Salah satunya adalah Altitude yang hadir di Jakarta sejak bulan April lalu di lantai 46 The Plaza Building. Altitude yang berarti ketinggian ini terdiri dari 3 restoran high cuisine yaitu Salt Grill, Enmaru dan Gaia dengan konsep yang berbeda-beda.

SALT GRILL by Luke Mangan
Salt Grill adalah restoran yang mengusung menu dengan sentuhan gaya Australia. Di bawah pimpanan Chef Luke Mangan, Salt Grill sudah terlebih dulu mendulang sukses di beberapa negara seperti Australia, Singapore dan Tokyo sebelum akhirnya membuka cabang di Jakarta.





 
Salt Grill berkonsep modern casual dining meskipun penataan meja dan interiornya cukup resmi. Terdapat dua private room yang dapat digunakan untuk lunch atau dinner meeting dan acara-acara pribadi lainnya. Jika ingin menikmati makanan lezat buatan Chef MJ Olguera seraya melihat pemandangan bundaran HI dari atas, maka Salt Grill adalah pilihan yang paling tepat.


ENMARU 
Tidak jauh berbeda dengan Salt Grill, Enmaru sudah terlebih dahulu mengokohkan kakinya di Singapore dan Jepang sebelum memasuki Indonesia. Di bawah tangan dingin Chef Takashi Tomie, Enmaru menyajikan aneka masakan Jepang dengan bahan baku premium yang diimpor langsung dari negeri sakura tersebut. Contohnya menu sashimi Enmaru terbuat dari ikan yang diimpor langsung dari Pasar Ikan Tsukiji di Tokyo.






Dengan dominasi kayu pada furnitur dan hiasan dinding serta pernak pernik yang kental dengan nuansa oriental khas Jepang, Enmaru sukses menciptakan atmosfir Jepang modern & shopisticated saat memasuki restorannya.


GAIA by OSO Ristorante
Gaia merupakan fine dining restaurant di bawah pimpinan Kenny Lim, sang executive chef yang menyediakan aneka menu khas daerah utara Italia dan mengkombinasikannya dengan aneka premium wine Perancis dan Italia yang tersedia disana. Penataannya sekilas mirip dengan Salt Grill hanya saja, Gaia terlihat lebih classy dengan pemilihan warna interior dan furniturnya yang tidak terlalu colourful. Terdapat satu private room dengan pemandangan daerah tanah abang Jakarta yang tidak kalah cantik di malam hari. 







Saya beruntung kali itu mendapatkan dinner invitation dari Altitude dan bisa mencicipi aneka menu andalan dari ketiga restoran di atas.

BEVERAGES
Virgin Mojito


Refreshing, fresh, thirst quencher, you name it!

Foie Gras Chawanmushi 
-ENMARU-


Menu appetizer pertama ini datang dari Enmaru, chawanmushi diberi potongan foie gras dan dibumbui dengan saus teriyaki. Ini adalah chawan mushi terenak yang pernah saya coba. HANDS DOWN! Foie grasnya sangat lembut, chawanmushinya juga creamy dan lembut dengan rasa gurih dari siraman saus di bagian atasnya. Hal ini masih ditunjang dnegan penyajiannya yang cantik. Satu-satunya yang disayangkan dari menu ini adalah porsinya yang kecil.

Assorted 5 Kinds of Sashimi  
-ENMARU-


Keahlian Chef Takashi Tomie tidak berhenti sampai di Chawanmushi saja, sajian sashimi dari Enmaru ini membuat kami berdecak kagum karena tampilannya yang memukau. Menurut Chef Takashi, penyajian sashimi dari Enmaru tidak monoton, sebagai contoh mereka menyajikan beberapa bentuk penyajian sashimi yang terdiri dari Kanpachi (Kakap ekor kuning), ootoro (sashimi dari daging perut Tuna), Kinmedai, Uni (Bulu Babi) dan Tsubugai yang diimpor langsung dari Tsukiji Fish Market di Tokyo.



Rasanya juga lezat, favorit saya tentu ootoro yang memiliki tekstur sangat lembut dan juga gurih. Hampir seperti meleleh di dalam mulut. Semua sashiminya terjaga kualitas dan kesegarannya, tidak ada yang terasa kurang fresh saat dicicipi.


Fish to Share: Stir Fry of Crab Meat, Shitake Mushrooms, Charsiu Sauce, Sugar Peas and Confit Eschalot  
-Salt Grill by Luke Mangan-



Ikan Barramundinya dimasak dengan tingkat kematangan yang pas, tektur dagingnya padat dipadu dengan siraman saus kepiting dan jamur shitake yang gurih. Bagian bawahnya diberi kacang kapri yang masih renyah. Hidangan ini dilengkapi dengan Mashed Potato yang diberi truffle oil (salah satu mashed potato terenak yang pernah saya makan!) dan  Heirloom Tomato Salad yang ringan dan menyegarkan. Paduan pas bagi mashed potato yang creamy dan gurihnya fillet Barramundi. Untuk menambah kelezatannya, sebelum makan, jangan lupa untuk menambahkan perasan jeruk lemon di atasnya.

Boneless Chicken Leg Stuffed with Porcini Mushroom  
-GAIA Ristorante-



Main course selanjutnya datang dari GAIA Ristorante. Fillet paha ayam yang gurih diisi dengan porcini mushroom. Bagian bawahnya terdapat potongan asparagus yang renyah dengan tekstur yang penuh serat. Ayamnya sendiri terasa empuk dan juicy.


Passion Fruit Ketel One Vodka
Vodka, brown, sugar, monin syrup, passion fruit, lime juice



Minuman beralkohol ini merupakan salah satu minuman andalan yang banyak dipesan. Rasanya manis dan segar dan memang menjadi favorit banyak orang pada malam itu.

Pannacota, Tiramisu and Orange Cake 
-GAIA Ristorante -



Trio dessert berupa Pannacota, Tiramisu dan Orange Cake yang disajikan sebagai penutup dinner malam itu juga berasal dari GAIA Ristorante. Orange Cakenya enak namun tidak spesial menurut saya, cakenya padat dengan tekstur yang agak kasar, mirip seperti madeleine yang pernah saya coba di Madleine Bistro. Tiramisunya cukup enak, creamnya tidak terlalu berat dengan sentuhan aroma kahlua yang ringan, sedangkan pannacotanya adalah bintang utama pada dessert malam itu! Super lembut, super creamy dengan manis yang pas dan tekstur yang cukup padat untuk dapat dipotong rapi. Saya pasti akan memesan pannacota jika bertandang mengunjungi GAIA di lain waktu.



Acara bersantap kami malam itu masih dimeriahkan oleh perayaan kecil ulang tahun Hans dari Altitude serta kunjungan Romi Rafael sebagai entertainer tetap Altitude ke meja kami. Jika datang di saat jam makan siang, baik Enmaru maupun Salt Grill menyuguhkan pilihan lunch package dengan harga terjangkau yang bisa dipilih. Saya sendiri sangat menikmati makan malam dengan aneka hidangan lezat dari ketiga restoran Altitude ditemani dengan pemandangan pusat kota yang sangat indah di malam hari. 


Definitely will coming back for more.
Terima kasih Altitude!




ALTITUDE The Plaza
Salt Grill by Luke Mangan | ENMARU Japanese Restaurant | GAIA by OSO RISTORANTE

Facebook  | Twitter
The Plaza Tower, 46th fl. Jl. M.H. Thamrin Kav. 28-30 Jakarta 10350
(021) 2992 2448

You Might Also Like

6 comments

  1. ihhh.. gw bru ke salt grill , lu udh ke semuanya.. huh.. foto tempat2nya sih bgs bnrrr linnn... kita hrs janjian lg ya next. awas lu ga bs lg :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kan abis itu lu ke Kahyangan, Cend. Hehee..iya nih, next time janjian lagi yaa, tp weekend dong. Office slave nih..

      Delete
  2. Gak ada foto keluarga yah?? HUahahahahaha...... aku gak bisa datang sih waktu itu.... beautiful like always Lin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, kamu jd nggak bs liat belated bday surprisenya Hans deh, hehehee..

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe