JJ Royal Brasserie

Wednesday, October 09, 2013

Dua minggu terakhir ini, Lotte Shopping Avenue diramaikan oleh kehadiran salah satu restoran terbaru di Jakarta yang bernama JJ Royal Brasserie. Sebenarnya nama JJ Royal sudah tidak asing bagi saya karena produknya yang berupa kopi banyak dijual di supermarket besar.
Selain restoran, JJ Royal Brasserie juga bekerja sama dengan Gulaku menyediakan Cake & Pastry Corner serta Bar dengan aneka pilihan minuman beralkohol yang cukup lengkap.



Bagian dalam restoran terbagi dalam 3 area yaitu bagian dalam restoran yang didesain seperti cafe dengan warna perabot cerah dan deretan maskot JJ Royal Brasserie, salah satu sisinya terdapat pastry corner yang berisi aneka cake andalan mereka di bawah pimpinan dari sang pastry chef, Kevin Curry yang juga telah memiliki banyak pengalaman. 




 


Ruangan tengah  adalah smoking area yang memiliki sebuah bar panjang dan juga semi open kitchen. Pada bagian belakang bar terdapat sebuah lemari besar berisi aneka botol minuman beralkohol. Salah satu sisi pada ruangan ini didominasi oleh pintu-pintu kaca besar yang dapat dibuka sore harinya. JJ Royal juga memiliki area teras yang ramai karena mereka memiliki area yang cukup luas dan DJ show sebagai hiburan musik di malam hari setiap Selasa sampai Minggu dari 5PM - 1PM.

JJ Royal Brasserie menawarkan aneka menu yang didominasi oleh masakan western seperti salad, soup, pasta, pizza serta beberapa masakan khas Indonesia seperti Soto dan Nasi Goreng. Selain itu berbagai jenis  minuman dan juga dessert-dessert yang variatif juga tersedia disini, salah satunya adalah Cronut, produk pastry yang sedang booming belakangan ini. Pada siang hari tersedia pilihan Set Lunch Menu dengan harga yang lebih hemat.

DRINKS

Cafe Latte (30K)



Menghadirkan JJ Royal Coffee sebagai produk kopi andalannya, JJ Royal Brasserie memiliki banyak varian kopi yang dapat dicoba. Mulai dari menu kopi standar seperti Americano dan Cappucino hingga berbagai macam  alcohol infused coffee yang cukup variatif. 
Aneka suguhan kopi berkualitas ini diperkuat oleh Ian Consulta, sang Head Barista yang telah memiliki gelar runner up dari Singapore National Barista Championship tahun 2009.  Cafe Latte yang dapat dipesan panas ataupun dingin ini tampil cantik dengan macaroon crumbs dan marshmallow berbalut Valrhona. Bagi saya Cafe Latte ini adalah pilihan yang pas karena komposisi susu dan foamnya lebih banyak.

Cappucino (30K)




Seperti Cafe Latte, Cappucino dapat disajikan dengan dua macam cara, panas dan dingin. Saya sempat mencoba keduanya. Bagi selera saya, Cappucinonya terasa lebih enak dibanding Cafe Latte, hanya saja efek kafein yang lebih kuat membuat saya terjaga sampai pagi setelah sebelumnya menghabiskan segelas Ice Cappucino.


Ian took Hans picture and then he made this! What a great skill!

Untuk varian hot coffee seperti Cappucino, Ian yang juga seorang latte art expert dapat membuat sesuatu yang spesial bagi para pengunjung JJ Royal Brasserie, yaitu melukis wajah pengunjung di atas permukaan foam. Wow!

Lychee Ice Tea (25K)



Lychee ice tea ini juga bisa menjadi pilihan jika ingin sesuatu yang menyegarkan bagi yang tidak mengonsumsi kopi. Rasanya manis dan menyegarkan! Selain lychee, JJ Royal juga menyediakan varian rasa lain yang siap dipilih seperti Mango, Strawberry, Peach ataupun Green Apple Ice Tea.

Sweet Pomelo Longan (55K)

Salah satu varian mocktail andalan JJ Royal Brasserie ini terbuat dari longan (lengkeng), jeruk bali yang dicampurkan ke dalam air soda dan sirup. Rasanya sangat segar! Manisnya pas dengan semburat rasa sedikit asam dari jeruk Bali.


APPETIZER

BBQ Chicken Wings (50K)



BBQ Wings disajikan dengan saus BBQ homemade yang lezat. Potongan sayapnya masih juicy dan tidak terlalu berminyak meskipun melalui proses deep fried. Lumuran sausnya cukup pekat, rasa saus BBQnya manis gurih.

Tender Chicken Fingers (40K)



Simple and delicious dish! Potongan fillet dada ayam ini terasa renyah di luar dengan tingkat kematangan yang pas. Bagian dalamnya masih terasa juicy and slightly seasoned. Love it!

Crunchy Tiger Prawns (65K)



Tiger prawns berbalut lapisan tepung yang renyah ini juga tidak kalah menarik. Warnanya sedikit gelap dengan aksen rasa pedas & renyah yang terasa lamat-lamat di lidah, bagian dalamnya lembut dan tidak amis. Pada buku menu, tertulis bahwa hidangan ini disandingkan dengan chili yogurt sauce. Saya bahkan suka dengan pilihan saus sambalnya meskipun tidak bisa merasakan tambahan yogurt di dalamnya.

Chunky Salsa, Guacamole and Crispy Tortilla Chips (50K)




Tortilla chips yang renyah ini memang pasangan yang tepat bagi salsa yang fresh dan campuran guacamole yang bertekstur creamy dan terasa gurih ini. Saya suka sekali dengan guacamolenya, apalagi ketika disantap bersamaan dengan salsa dan tortilla chips. Light bites khas Meksiko ini harus dicoba saat bertandang ke JJ Royal Brasserie.

MAIN COURSE

Nasi Goreng JJ (75K)
Long grain rice, fried chicken, chicken satay, fried sunny side up, tomato, cucumber







Salah satu hidangan khas Indonesia yang paling populer ini juga tersedia di JJ Royal Brasserie. Nasi goreng ini memiliki lauk pendamping yang cukup lengkap, mulai dari telur mata sapi, satu tusuk sate ayam, ayam goreng ungkep dan disajikan dengan potongan tomat, timun, emping dan juga acar. Rasanya nikmat! Bumbu nasi gorengnya cukup berani dengan dominasi rasa gurih dan pedas yang samar-samar.

English Fish & Chips (75K)
Deep fried lightly battered fresh cod, pommes frites and tartar sauce

Tampil cukup sederhana dengan beberapa potongan panjang fillet ikan dan kentang goreng dalam keranjang. Tapi soal rasa, English Fish & Chips ini boleh diacungi jempol. Fillet ikan di dalamnya terasa segar, gurih, dan lembut. Love the golden, ultra light and super crispy batter! Kentang gorengnya juga terasa renyah dan tidak berminyak. Saus tartar menjadi pelengkap yang membuatnya lebih lezat lagi. Recommended!

Traditional Indonesian Oxtail Soup (85K)
Oxtail soup, long grain rice, thin emping crackers, pickles and condiments



Satu lagi masakan populer khas Indonesia yang tersaji di JJ Royal Brasserie. Seporsi Sop Buntut ini disajikan dengan sepiring nasi putih, emping lengkap dengan sambal ijo. Kuahnya terlihat bening dan tidak berminyak dengan isi potongan buntut, potongan kentang, wortel serta irisan daun bawang.


Buntutnya lembut sekali, tidak perlu usaha keras untuk melepasnya dari tulang. Kuahnya yang bening dan segar serta potongan kentang dan wortel yang tidak overcooked menambah tekstur dari sup hangat ini. Satu-satunya yang saya sayangkan hari hidangan ini adalah sambal ijo yang kurang pedas.

Prawn Linguine Aglio Olio (85K)
Fresh prawns, pine nuts, crunchy ebi, garlic, chili flakes & chopped parsley



JJ Royal Brasserie menggunakan jenis pasta linguine. Linguine sekilas memang tampak serupa dengan spaghetti, hanya saja jika lembaran spaghetti bulat, lembaran linguine lebih flat/pipih. Aglio Olio JJ Royal Brasserie menurut saya cukup lezat. Pastanya dimasak al dente serta tidak terlalu kering ataupun berminyak, renyahnya ebi menambah tekstur gurih sedangkan chili flakes memberikan sentuhan rasa pedas yang cukup kuat. Linguine ini adalah salah satu hidangan favorit saya siang itu.

DESSERT

Raspberry Cronut (30K)


Cronuts fever is still spreading, foodies. JJ Royal Brasserie menghadirkan beberapa varian rasa Cronut yaitu Chocolate, Raspberry, Boston Cream, dan Dulce Le Leche. Tidak seperti outlet lain yang membuat cronuts dengan sistem made by order, Cronut JJ Royal Brasserie tidak perlu dipesan terlebih dahulu karena sudah siap. Tekstur lapisan pastry terlihat jelas di permukaan cronut. Sungguh menggugah selera.
Sayangnya, dari segi rasa, cronut ini masih terasa kurang renyah. Lapisan luarnya renyah, krim raspberrynya juga terasa lezat dengan rasa manis dan asam yang seimbang. Hanya saja bagian dalamnya terasa agak chewy.

Boston Cream Cronut (30K)



Sebenarnya, cronut ini saya coba pada kunjungan kedua saya ke JJ Royal Brasserie beberapa hari yang lalu atas rekomendasi salah satu staf mereka. Saat saya mengatakan tidak terlalu menyukai Raspberry Cronut mereka, sang staf menyarankan untuk mencoba rasa lain yang menjadi andalan mereka, Boston Cream.
Pada cronut yang satu ini, hampir seluruh permukaan cronut tertutup oleh lapisan coklat dan macaroon crumbs di permukaan atasnya. Tekstur cronut ini sedikit berbeda dengan yang pertama saya coba. Meskipun tertutup coklat, tapi teksturnya justru terasa lebih flaky dan renyah hingga ke bagian dalam. Isian boston cream yang berupa vanilla custard juga cukup enak.

Big Red (40K)
Raspberry Marmalade, fresh raspberries, vanilla brûlée, almond macaroon





Penampilan Big Red tampak seperti macaroon raksasa berwarna merah. Bagian dalamnya berisi buah raspberry segar utuh. Ketika dibelah, tampak vanilla brûlée yang menyembul di balik raspberry. Rasa dessert yang satu ini enak! Almond macaroon yang bertekstur renyah dan agak manis berpadu dengan creamy vanila brûlée dan raspberry segar yang memberikan rasa asam untuk mengimbangi manisnya macaroon. Yumm!


Black Velvet (35K)
Chocolate spongecake, cherry compote, vanilla mousseline




Dessert ini adalah salah satu yang direkomendasikan oleh Eric Guilbert selaku GM dari Foodie Habit Group yang mengelola JJ Royal Brasserie. Spongecakenya bertekstur sangat moist dengan rasa coklat yang lumayan kuat, bagian dalamnya terdapat lapisan cherry compote dan vanilla mousse yang tersusun rapi.

Tarte Au Chocolat (40K)
Pate brisee, hazelnut crispy, Valrhona manjari Ganache



Pate brisee adalah nama lain dari adonan kulit pie. Seperti namanya, Tarte au Chocolat ini adalah tart berisi coklat ganache yang terbuat dari coklat Valrhona. Bagi para penyuka coklat pasti akan menyukai dessert yang satu ini karena rasa coklatnya yang sangat pekat dan intens. Teksturnya lembut dan rasanya tidak terlalu manis, justru sedikit pahit karena menggunakan Valrhona Manjari yang memiliki kandungan kakao sebesar 64%.

The Smurf (35K)
Blueberry flavoured cupcake, vanilla cheese frosting, bakers coconut



Cupcake JJ Royal Brasserie ini berukuran cukup besar dengan warna biru tua pada cupcakenya. Saya suka dengan tekstur cupcakenya yang padat dan moist, namun lidah saya tidak dapat merasakan campuran blueberry di dalamnya, hanya ada rasa dan aroma asam yang samar-samar terasa di lidah. Frosting dan serutan kelapa di atasnya juga tidak terlalu creamy dan 'berat'.

One, Two, Tea (30K)
White chocolate mousse, manjari chantily, matcha tea sponge



Jujur saja, saya tertarik cake ini karena namanya yang unik. Bentuknya kotak dengan semacam 'kubah' yang terbuat dari coklat putih di atasnya. Sponge matchanya padat, rasa dan aroma matchanya cukup kuat, hanya saja agak berbeda dengan produk matcha lain yang sering saya rasakan. Rasanya tidak terlalu kuat, namun aromanya lebih wangi. Bagian atasnya terdiri dari white chocolate mousse yang dicampur dengan manjari chantily di beberapa bagian. Overall, cake ini terasa lezat, hanya saja white cocolate moussenya agak terlalu manis. Jika kemanisan mousse bisa dikurangi atau menambah kepekatan matcha sponge, cake ini akan terasa lebih sempurna.

Berry Berry Good Sundae (75K)
Ivory chocolate croissant pudding, almond crumble, berry fudge, seasonal berries and vanilla ice cream



Berry Berry Good Sundae ini merupakan salah satu menu dessert ala carte andalan dari JJ Royal Brasserie. Awalnya saya tidak terlalu tertarik untuk memesan karena menurut saya komposisi bahan yang digunakan tidak terlalu spesial, sampai akhirnya pada kunjungan kedua saya, Eric Guilbert memberikan kami dessert ini sebagai compliment darinya.

THIS. IS. SO. GOOD!

Suapan pertama membuat saya melotot. Bagaimana tidak? Perpaduan antara croissant yang buttery, aneka buah berry, berry fudge, vanilla ice cream serta semacam biscuit crumble benar-benar perfect! Sekali suap anda dapat merasakan panas dan gurihnya croissant, saus berry yang asam, buah segar dan crumble untuk tambahan tekstur dan juga vanilla ice cream yang dingin dan creamy. Dessert ini merupakan salah satu resep yang diciptakan sendiri oleh Eric. Definitely will comeback again and again for this Sundae. Top notch dessert!

Giant Valrhona Chocolate Soufflé (70K)
Confectioner's sugar, fresh raspberries and vanilla ice cream



Lucky me, dessert lain andalan JJ Royal Brasserie ini juga merupakan compliment dari Eric (thank you so much, Eric!). Soufflé merupakan salah satu dessert yang membutuhkan tingkat keahlian yang cukup tinggi. Soufflé harus terlihat mengembang dan naik, dan tidak boleh terlalu lama didiamkan karena akan membuat soufflé mengempis.

Ketika disendok, soufflé ini terasa moist, sedikit spongy dengan rasa coklat Valrhona yang tidak terlalu pekat dan manis. Bagian dalamnya terasa lebih lembut lagi. The fluffiness just melts in my mouth. Vanilla ice cream membuatnya semakin sempurna dan tidak dapat ditolak. 

Pengalaman saya mencicipi aneka menu di JJ Royal Brasserie sangat menyenangkan. Pastinya akan lebih banyak lagi yang akan saya coba mengingat banyaknya variasi menu yang ditawarkan, termasuk Beef Tartare yang menjadi salah satu andalan JJ Royal Brasserie.










JJ ROYAL BRASSERIE
www.foodiehabit.com/brasserie
Facebook  
Ground Floor, Lotte Shopping Avenue - Ciputra World Mall
Jln. Professor Doktor Satrio No.5, Jakarta Selatan, 12940
(021) 2988 8980

Open :
Sunday - Thursday 07:00am - 01:00am
Friday - Saturday 07:00am - 03:00am


You Might Also Like

3 comments

  1. OMGGGG... ngiler nya to the max!! all the foods looks sooo fabzzzz!! definitely will pay this place a go gaga..

    ReplyDelete
  2. Aline, the photos are amazing! Salah banget nih ngeliat ginian lagi laper..... :(

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe