Brunch at GAIA by Oso Ristorante

Sunday, July 06, 2014

Baru-baru ini, Altitude menciptakan menu brunch di tiga restorannya, Salt Grill by Luke Mangan, Enmaru dan juga GAIA by Oso Ristorante. Bertepatan dengan Italian National Day, saya dan beberapa blogger mendapat undangan untuk mencicipi menu-menu Brunch Gaia yang didominasi oleh Italian food.







Sebagai salah satu restoran fine dining, harga yang ditawarkan Gaia untuk menu brunch tidak terlalu mahal. Pengunjung bisa memilih set menu dengan atau tanpa free flow Italian sparkling white wine, Prosecco Cascine 7 Extra Dry.

 




 


STARTERS

 

Italian Cold Cuts Selection – NON HALAL



Siapa yang bisa menolak Italian Cold Cuts? Cold Cuts merupakan irisan tipis daging yang disajikan dalam keadaan dingin. Biasanya cold cuts ini digunakan sebagai isian sandwich atau dimakan langsung. Gaia menyediakan aneka macam cold cuts yang cukup lezat, kebanyakan dari cold cuts yang dihidangkan menggunakan daging babi, jadi saya tidak mencobanya.

 

 

Traditional Bruschetta with Ripe Tomatoes

 

Less is definitely more. Meskipun hidangan ini hanya terdiri dari roti bruschetta dan potongan tomat, ini merupakan salah satu starters favorit saya. Roti bruschettanya renyah dengan topping potongan tomat segar yang dilumuri sedikit olive oil. Fresh, fresh, fresh!

 

Beef Carpaccio



Menu ini terbuat dari daging 200 days grain feed beef tenderloin yang diiris tipis, diberi dressing truffle oil dan juga irisan keju parmesan yang gurih di bagian atasnya. Dagingnya sangat lezat dan gurih dengan aroma truffle oil yang kuat. This one is soooo good!

 

 

Smoked Salmon Platter with Capers and Sliced Onions



Irisan tipis smoked salmon ini juga tidak kalah lezat. Smokeynya pas dengan aroma wangi.

 

 

Shrimp Salad in Light Mayo Dressing



Udang yang juicy dibalut dressing mayo. Mayonya sendiri memang light dan tidak berlebihan. Perfect.

 

EGGS

 

Sunny Side Up

Bagi sebagian orang, telur mata sapi menjadi salah satu menu wajib yang dimakan pada saat brunch. Gaia menyediakan telur mata sapi setengah matang dengan taburan lada hitam di bagian atasnya.

 

Open Omelette with Mixed Mushrooms and A Scent of Truffle


Berbeda dengan omelette standar hotel yang fluffy, open omelette ini justru terlihat seperti telur dadar biasa dengan tambahan irisan jamur dan truffle oil di atasnya.

 

PASTA

 

Spaghetti with Amatriciana Sauce – NON HALAL



Spaghetti ini dimasak menggunakan saus Amatriciana yang terbuat dari keju pecorino, pork cheek dan pasta tomat.

 

Potato Gnocchi with Gorgonzola Sauce



Salah satu hidangan pasta favorit saya. Chewynya pas dan tidak terlalu liat. Saus pastanya terbuat dari keju gorgonzola yang lunak dan beraroma tajam. Bagi yang tidak suka keju, aromanya mungkin sedikit menganggu, tapi bagi saya, pasta ini sangat lezat dengan saus cream super rich.

 

Fettuccine with Black Truffle Sauce



Hidangan pasta yang satu ini juga lezat. Pastanya menggunakan fettuccine al dente dan saus black truffle yang agak kental. Aroma truffle tercium saat menyuapkan pasta ke dalam mulut. Nice dish!



MAIN COURSES

 

Slow Cooked Wagyu Intercostal with Daily vegetables



Daging wagyu di bagian ribs ini telah dimasak dahulu selama beberapa belas jam sebelum dihidangkan. Rasa dagingnya sangat gurih dan super lembut dengan saus yang meresap hingga ke bagian dalam daging. Campuran rasa gurih dan manis dari sausnya menjadi highlight dari daging yang dihidangkan dengan asparagus segar ini.

 

Braised Lamb Shank with Caramelized Onions Sauce



Lamb ini cukup empuk karena dapat diangkat dengan mudah dari tulangnya hanya dengan bantuan garpu. Aroma khas lamb hanya tercium samar-samar sehingga tidak menganggu kenikmatan menyantap dagingnya. Hanya saja sausnya menurut saya kurang thick. Saya mengharapkan rasa yang lebih bold lagi dari sausnya dengan aroma caramelized onions yang memikat.

 

Oven Baked Seabass with Livornese Sauce



Ikan Seabass yang lembut ini dipanggang dan diberi saus livornese yang terbuat dari tomat, capers dan zaitun. Sausnya didominasi oleh rasa asam segar dari tomat dan juga asam capers serta zaitun yang gurih sehingga menghasilkan rasa saus yang light dan segar. Cocok sekali untuk padanan menu ikan.

 

 

FROM THE GRILL

 

Beef Sirloin



Sirloinnya disajikan dalam ukuran yang cukup besar, pilihan sausnya terdapat mushroom sauce, blackpepper sauce, red wine sauce, truffle sauce and mustard sauce. Saya memilih mushroom sauce yang gurih sebagai padanannya. Daging steaknya tidak selembut wagyu, mungkin juga karena sedikit terlalu matang saat memanggang (saya request medium, namun datangnya medium well).

 

Pork Ribs



 

Sautee Prawns with Spicy Sauce



Pertama, sausnya tidak sepedas yang saya kira. Bahkan tidak pedas sama sekali menurut saya. Hanya saja rasa sausnya cukup kuat & harum, dipadukan dengan udang yang begitu juicy menjadikan hidangan ini tidak cukup dipesan sekali.

 

Beef Ribs



Menu yang satu ini belum dikeluarkan ke dalam daftar menu. Beef Ribs ini dipanggang dengan lumuran saus barbeque special yang menjadikan ribs ini memiliki rasa yang dominan manis gurih dengan saus yang pekat, mirip seperti caramel. Dagingnya tebal dan empuk juga banyak mendapat pujian siang itu. Saya harap sang chef akan menambahkannya ke daftar menu karena ribs ini patut diacungi jempol.


SIDES

 

Mash Potato & Potato Gratin


Mash Potato Gaia adalah salah satu mash potato yang saya sukai di Jakarta. Teksturnya lembut namun tidak terlalu creamy. Truffle oil biasanya ditambahkan sedikit ke dalamnya. Potato Gratinnya juga lezat. Irisan kentang dengan saus cream dan keju ini juga menjadi side dish favorit saya di Gaia!

 

Mixed Grilled Vegetables



Bagi yang menginginkan sayuran, Gaia juga menyediakan mixed vegetables yang terdiri dari terong, zucchini dan wortel yang diiris tipis. Sedikit olive oil dituangkan di bagian atasnya.

 



DESSERTS

 

Italian Cheese Platter



All you can eat Italian Cheese Platter. Say Woohoooo!

Mulai dari parmesan cheese, pecorino cheese, taleggio sampai gorgonzola cheese disajikan dengan madu, kismis, batang seledri dan irisan tipis roti kering.

 

Ricotta Cheesecake with Mixed Berries



Nice cheesecake with refreshing berries sauce. Rasa cheesecakenya light dan tidak membuat eneg. Manisnya juga pas. Saus mixed berriesnya juga tidak terlalu manis. Yumm.

 

 

Chocolate Mousse



Rasa coklatnya pekat dan rich tampil dalam bentuk mousse yang lembut membelai lidah. A must try dessert for chocolate lover.



Tiramisu




Saya sudah pernah mencoba tiramisu Gaia dan kali ini saya masih bisa mengkalim bahwa tiramisu Gaia adalah salah satu yang terbaik di Jakarta. Paduan mascarpone, Kahlua, kopinya benar benar seimbang. Nothing too cheesy or milky or sweet. This is just perfect.

 

Pannacotta




Pannacotta Gaia juga patut dicoba. Teksturnya nyaris mendekati jelly, rasanya tidak terlalu milky seperti pannacotta lainnya. Tambahan topping buah-buahan asam menambah segar creamy dessert yang satu ini.

 

 

All You Can Eat Brunch at GAIA by Oso Ristorante
Every Saturday, Sunday or Public Holiday
350K++/ pax
450K++/pax – including free flow Prosecco (Italian Sparkling white wine)
 

 

 

 

 

GAIA by Oso Ristorante 
Altitude The Plaza 46th Floor 
WebsiteFacebook | Twitter 
Jl. M.H. Thamrin Kav. 28-30
Jakarta Pusat 10350 
(021) 2992 2448 

 

You Might Also Like

1 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe