Ramadan Specials at E&O Jakarta

Tuesday, June 21, 2016

Pada bulan puasa kali ini, Chef Will Meyrick kembali berkreasi dengan menghidangkan menu spesialnya di E&O Jakarta. Berbagai macam menu dari mulai minuman, appetizer, main course hingga dessert lengkap tersaji untuk pilihan berbuka puasa para pengunjungnya.

Courtesy of E&O Jakarta

 
Pandan Latte, smooth, creamy and fragrant drink. Perfect to quench your thirst.
APPETIZERS
 
Prawn Popiah (90K)
 

Prawn popiah merupakan kreasi lain dari spring roll khas hidangan Asia. Gulungan yang terasa crunchy segar ini berisi udang, mangga hijau, kacang, kecambah, fresh lettuce dan sambal belacan untuk memperkaya rasa. Rasa sayuran segar yang bertekstur renyah tentunya mendominasi hidangan ini. Sambal belacan yang tidak terlalu pedas memberikan twist rasa spicy gurih di popiahnya.
 
 
 
Egg Martabak (70K)
 

Ketika disajikan, aromanya yang wangi langsung menguar di depan kami. Martabak telur milik E&O ini patut dicoba karena isiannya menggunakan herbs tambahan untuk memperkaya citarasa. Belum lagi martabak ini dinikmati dengan acar, cabe dan kuah kari ikan sebagai dippingnya. Yummo!
 
Singaporean-Style Rujak (100K)
 

Rujak memang makanan yang cukup familiar di Asia Tenggara, baik sebagai cemilan ataupun makanan pembuka. Kali ini E&O mengadaptasi rujak dengan gaya Singapore yang menggunakan kepiting soka (soft shell crab) yang digoreng renyah. Kepiting soka disajikan dengan remahan kacang, nanas, mangga muda, asam, terasi dan irisan bengkuang. Rasanya asam segar berpadu dengan gurihnya kacang yang saya suka.
 
Tahu Isi-Stuffed Tofu and Chillies (90K)
 

Tahu/cabai isi ini berisi daging ikan yang dicincang halus dan dibumbui dengan santan kelapa. Saat mencicipi, sekilas mengingatkan saya akan tekstur sate lilit khas Bali, hanya saja pada menu ini E&O menggunakan saus yang terbuat dari blackpepper dan juga kecap manis.
 

MAINS
 
Kuzi Daging – Boneless Beef Short Ribs (160K)
 

Daging iga yang dimasak dengan teknik slow cooked ini benar-benar lembut. Chef Will Meyrick memadukan daging yang super lembut dengan bumbu khas Malaysian curry yang flavourful dan kaya rempah. Bahan-bahan seperti yogurt dan chutney juga digunakan sebagai penyeimbang agar rasanya tidak terlalu ‘berat’.
 
Ayam Merah – Chicken Simmered in a Rich Tomato Sauce (110K)
 

Potongan ayam yang cukup generous ini dibalut dengan saus tomat pekat. Rasanya tidak terlalu asam, justru ada sedikit hint manis di setiap suapan. Daging ayamnya juga cukup lembut dengan bumbu yang meresap hingga ke bagian dalam.
 
 
Gulai Ikan – Whole Barramundi (180K)
 

Sebenarnya ikan ini cukup lezat karena seperti biasa, rasa saus kari buatan Chef Meyrick selalu perfect. Namun, saat itu kami cukup mengalami kesulitan saat memotong karena ikan yang digoreng kering membuat ikan menjadi keras ketika dingin. Mungkin salah kami juga yang terlalu lama mengambil foto. Saya masih optimis, hidangan ini pasti jauh lebih enak jika dinikmati saat masih hangat.
 
Malaysian Lamb Korma (160K)
 

Untuk varian lambnya, E&O Jakarta menyuguhkan semacam rendang yang diberi twist dengan penambahan korma sehingga warnanya lebih gelap. Namun, meskipun begitu rasa manis kurma tidak sampai overpowering. Daging lambnya juga sangat lembut. Well done, Chef.
 

DESSERTS
 
Sago Pudding (60K)
 

Sago pudding disajikan dalam gelas kaca sehingga kita dapat melihat layernya dengan jelas. Markisa, sago pudding, dan tambahan lain seperti nangka, kelapa dan pandan jelly tersusun cantik di topping atasnya. Rasanya dominan asam dari markisa, sago pudding yang lembut menyeimbangkan rasa asamnya sementara nangka dan kelapa memberikan sentuhan rasa & tekstur menarik saat dikunyah. Pandan jelly justru hampir tidak terasa, but overall I love love this dessert.
 
Martabak Durian (60K)
 

Happiness in a plate!

Martabak durian E&O tidak disajikan dalam adonan martabak manis ala Indonesia, melainkan menggunakan pastry renyah yang disisipi puree durian di bagian tengahnya. Rasanya? Sejauh ingatan saya, E&O masih no. 1 restoran di Jakarta khususnya jika menyangkut varian dessert dengan bahan dasar durian. Begitupun dengan martabak durian. Colek sedikit coconut ice cream di atasnya sebelum dimakan, then prepare for the heavenly good dessert! Please, please E&O put this perfection into your regular menu.
 
 
Happy fasting, readers and thank you E&O Jakarta!



Facebook  | Twitter | Instagram   Menara Rajawali 1st Floor  Jl. Ide Anak Agung Gde Agung Lot #5.1  Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan  (021)2902 3418
 

You Might Also Like

5 comments

  1. Ramadan gini Aline jadi rajin ngeblog ya, alhamdulillah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahha! Alhamdulillah ya, bos cuti pas bulan puasa *LOL

      Delete
  2. Rujak nya 100k jadi begitu mahal kalo di bandingkan rujak cingur suraboyo haha #Lupakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. OMG! Lebay banget tapi aku girang pas liat mas Cumi komen di blogkuu! Aku salah satu pembaca setia blogmu yang kocak banget itu lho maas! Hahahaaa...
      Iya sih, jangan dibandingin sama rujak Cingur ya..apalagi rujak bebeg. Hihihi

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe