Convivium Cafe Deli

Friday, March 30, 2012

Pecinta pasta, khususnya di Jakarta pasti sudah mengenal Convivium. Yap, Convivium Cafe Deli is one of the pasta specialist restaurant in Jakarta. Dengan mengusung tagline "Homemade Italian Cooking", ia berhasil memikat para pengunjung yang didominasi oleh anak muda. Setiap harinya, restoran yang telah berdiri sejak tahun 2010 ini hampir selalu fully booked, terlebih lagi belakangan ini karena mereka juga menyediakan the famous Red Velvet Cake. Hal ini juga didukung oleh penataan ruangan yang menarik sehingga berhasil menciptakan suasana homey-looking.

Mengunjungi Convivium tidak sah rasanya apabila tidak mencoba menu pastanya. Maka kali ini saya dan seorang teman memesan dua macam pasta, yaitu Green and White Tagliatelle with Meatballs (65K) dan Eggplant Ravioli with Butter and Sage (50K).

Tagliatellenya tampil cukup menarik dengan perpaduan warna yang kontras antara putih, hijau dan merahnya saus. Lima buah meatballs yang sudah bercampur dengan saus bertengger cantik di pinggiran piring. Dari yang saya dengar, restoran yang memiliki arti mengajak berkumpul untuk makan ini tidak menggunakan pasta jadi siap pakai untuk masakannya. Everything at this restaurant is made from scratch.


Pastanya bertekstur kenyal dan al dente. Tingkat kematangannya pas, sedangkan untuk rasanya sendiri antara putih dan hijau (yang diperoleh dari bayam) tidak terlalu berbeda. Saus yang menjadi yang menjadi pusat dari rasa masakan pasta ini terbuat dari tomat dan beberapa rempah khas Italia, seperti oregano, basil, you named it. rasanya cukup ringan dan tidak terlalu pekat. Rasanya gurih dengan sedikit semburat manis dengan masih menonjolkan kesegaran asam khas tomat. Sementara itu, si bola-bola daging juga cukup enak. Tekstur dagingnya cukup oke dan rasanya gurih. Hanya saja, menurut selera saya masih kalah enak dibandingkan meatballs di Toscana.


Ravioli datang dengan tampilan yang cukup simpel. empat buah ravioli berjejer di piring dengan lumuran saus butter & sage yang berwarna kuning cerah. Rasa creamy dan buttery dari saus merupakan paduan yang pas dengan eggplant ravioli yang bercitarasa gurih dan ringan. Sayangnya, pastanya masih agak keras, terutama di bagian pinggirnya. 


Kami memesan Torta Passione/ Red Velvet (35K) untuk dessertnya. Porsinya cukup besar dan tampil lebih 'kalem' bila dibandingkan dengan red velvet Union. Pada bagian atas cake hanya ditaburi parutan kelapa kering yang memperkaya rasa. Tekstur cakenya padat dan benar-benar  moist. Setiap layernya dilapisi oleh cream cheese dan mascarpone. Saya suka takaran manis yang tidak berlebihan pada cake maupun krimnya. hanya saja saya punya masalah dengan tekstur si cake yang ketika masuk dalam rongga mulut terasa kasar dan meninggalkan aftertaste yang aneh di lidah. Kurang lebih seperti tepung yang tidak tercampur dengan baik. Not too impressed with this one
Oh ya, mengingat ukurannya yang cukup besar dan padat, jika ingin mencoba Red Velvet Convivium sebagai dessert saya rasa satu porsi bisa untuk sharing, karena kami sendiri cukup kewalahan menghabiskan satu slice cake setelah menyantap habis hidangan pastanya




Convivium Cafe Deli
www.facebook.com/conviviumdeli
@ConviviumDeli
Jl. Panglima Polim 9 No. 1
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
INDONESIA 12160
telp : (021) 726 9963

You Might Also Like

7 comments

  1. I want to go there, coz the red velvet really watering my mouth :)

    ReplyDelete
  2. Wah...red velvet fever! Dari Union, Convivium ampe Starbucks juga bikin! jadi bingung mau nyobain yang mana hehe =P

    ReplyDelete
  3. Buzzz Buzzz Buzzz
    lam kenal

    Mantap i nfonya, jd pengen coba

    Salam Madu juga Sengat

    ReplyDelete
  4. Suka sama catatan tastingnya. Detail. Apalagi yang red velvet. G ke sana siang nanti, semoga post ini bisa jadi acuan. Hehehe. =)

    ReplyDelete
  5. OMGF : Datang aja, cobain RVCnya, dan kasih komentar. Masih penasaran sih kenapa gak enak gitu tp banyak yg suka, apa pas lg gak enak atau rasanya memang ky gitu ya?

    Ellyna : Yups! Semua ngeluarin cake gonjreng ini nih. Tapi gw malah blm sempet cb yg Union. Hehee..

    Ruby : Makasi Ruby! Semoga kunjungan kesananya sukses! *eh, udh telat ya?* hahaha

    ReplyDelete
  6. Red velvetnya enak ga???
    keliatannya enak sekali..
    mesti coba ni keliatannya :)

    please visit my blog :)

    http://beforewehungry.blogspot.com

    Thank u,
    vebbi

    ReplyDelete
  7. Red velvetnya yummy bangeeeet! udah pernah nyobain. Pernah pesen spaghetti bolognese tapi pastanya msh keras, kurang mateng! pelayanannya jg kurang, lg weekend, rame, cm ada 2 pelayan yg nggak tanggap. Tempatnya bagus,..

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe