365 Eco Bar

Friday, June 21, 2013

Satu tahun terdapat 365 hari, dimana setiap harinya semua orang pasti ingin perubahan yang lebih baik. Hal ini kemudian yang mendasari konsep penamaan 365 Eco Bar. Terletak di bilangan Kemang, 365 Eco Bar yang telah berdiri sejak Juli 2009 ini menyuguhkan konsep yang berbeda dengan kebanyakan cafe di sekitarnya.

Menu yang ditawarkan oleh 365 Eco Bar tidak terlalu spesifik. Selain beberapa menu western, mereka juga menyelipkan beberapa menu bercitarasa Asia. Daftar menunya banyak dipenuhi oleh snack sharing seperti Chilli Nachos, Sea Grass Chips ataupun Pomme Frites. Namun disamping itu mereka juga menyediakan main course bagi pengunjung yang ingin makan besar. Dari mulai aneka salad, soup, pasta hingga steak tersedia di 365 Eco Bar dengan harga yang relatif terjangkau. Untuk minuman, Eco Bar menyediakan deretan varian cocktails, shots, flaming, bir, hingga mocktails, teh dan aneka racikan kopi.

Russian Roulette (85K)
Coffee Liquor, Vodka,Irish cream, milk

 

Penyuka kopi boleh mencoba cocktail andalan dari 365 Eco Bar ini. Warnanya sekilas tampak seperti kopi susu. Campuran coffee liquor, vodka dan creamnya menimbulkan rasa manis dengan tidak menghilangkan aroma wangi kopi itu sendiri.


Fuzzy Kiwi (85K)
Pears Vodka with Muddle Kiwi Cubes



Varian cocktail dari 365 Eco Bar ini terbuat dari Vodka dan Kiwi segar yang ditumbuk. Cara menumbuk digunakan untuk memperoleh tekstur potongan Kiwi yang masih cukup besar sehingga menimbulkan sensasi tersendiri ketika meminumnya.

1000 Kisses (43K)
Light Cherries, Tea and Cream Smoothie


Kesan feminin yang kuat tercipta saat melihat 1000 Kisses. Di samping karena namanya, juga warna pink cantiknya yang membuat minuman ini identik dengan perempuan. Mocktail ini cocok untuk penggemar susu. Rasanya manis dan creamy karena mengandung susu dengan campuran teh di dalamnya membuat minuman ini menjadi lebih segar.

Virgin Colada (43K)
Tropical Blend of Pineapple, Coconut and Cream


Serupa tapi tak sama dengan Pina Colada, namun tetap dengan bahan dasar yang hampir mirip. Virgin Colada ini mengandung nanas segar, kelapa dan cream untuk memperkaya rasa. Saat dicicipi, nanas yang asam segar mendominasi keseluruhan rasa. 

Mediterranean BBQ Wings (39)
Grilled Chicken Wings Tossed in Tangy Barbeque Sauce

 

Hidangan yang termasuk ke dalam menu snack untuk sharing ini adalah salah satu menu andalan 365 Eco Bar. Sayap ayam dimarinasi dengan bumbu barbeque buatan sendiri lalu kemudian dipanggang hingga matang. Bumbu BBQnya enak dan meresap hingga ke dalam daging, tapi tekstur sayapnya agak kering. Kalau masih juicy, tentu rasanya akan lebih lezat lagi.

Tequila Quesadilla (45K)
Tequila Marinated Chicken Julienne, Pan-Fried in White Tortilla



Bukan sembarang Quesadilla, jika ayam yang menjadi isiannya dibumbui dengan tequila. Di bagian atasnya diberikan pelengkap berupa saus guacamole yang terbuat dari alpukat dan salsa yang terdiri dari potongan tomat segar. Rasa tequilanya sudah tidak terlalu kuat lagi karena kandungan alkoholnya sudah menguap ketika dimasak. Hanya aromanya saja yang tertinggal. Quesadillanya terasa lezat, isiannya lembut berpadu pas dengan tortilla yang renyah.

Chicken Parmigiana (63K)
Breaded Chicken Breast Covered in Marinara Sauce topped with Mozarella and Parmesan Melt


Dada ayam tanpa tulang dibalut dengan lapisan tepung renyah dan diberikan tambahan saus marinara (saus tomat khas daerah selatan Italia) dan keju parmesan dan mozarella yang dilelehkan. Dada ayamnya tebal dan empuk! Saus marinara juga menambah kelezatan karena tidak terlalu asam. 
Seporsi hidangan ini dilengkapi dengan Watercress Salad yang diberi dressing Balsamic dan french fries sebagai side dishnya. Jika tidak ingin french fries, maka dapat diganti dengan potato chips, mashed potato, ataupun butter rice untuk porsi yang lebih mengenyangkan.

Tenderloin Shish Kebab (75K)
Turkish Style Shish Kebab of Tenderloin Cubes, Green Pepper and Mushroom over Rice


Tiba-tiba ingin menikmati menu ala Timur Tengah? Shish Kebab ala 365 Eco Bar ini wajib dicoba. Saat disajikan, sang pelayan akan membantu pengunjung untuk melepaskan shish kebab dari tusukan panjangnya agar lebih mudah dinikmati. Tenderloinnya tebal dan juara empuknya, paprika dan zucchininya renyah dengan aroma smokey khas panggangan dan bawang bombay yang menjadi manis rasanya karena sudah dipanggang. Recommended!

Coffee Liquor Aceh Gayo

Setelah menikmati aneka hidangan yang disuguhkan, Nova, sang F&B Manager dari 365 Eco Bar memberikan kami salah satu minuman spesial racikan 365 Eco Bar yang diberi nama Coffee Liquor Aceh Gayo. Minuman beralkohol ini terbuat dari kopi Aceh Gayo yang memiliki karakteristik kuat dicampur dengan sedikit rhum.Saya tidak mencobanya, namun beberapa orang teman saya mengatakan rasanya sangat enak.

Chantily Chocolate Martini (30K)
Dark Chocolate Mousse with Layer of Chantilly Cream


Dessert time! Untuk kali ini, kami mencoba Chantily Chocolate Martini yang menjadi salah satu hidangan best seller dari 365 Eco Bar. Dessert ini terdiri dari campuran dark chocolate mousse dan chantily cream pada bagian bawahnya yang berfungsi untuk menetralisir rasa coklat yang cukup pekat. Chocolate moussenya sangat lembut dan creamy, tidak terlalu manis namun juga tidak terlalu pahit, chantily cream yang ringan menambah lezat sajian ini. Satu porsi terasa masih kurang!

Mengusung konsep eco friendly, maka 365 Eco Bar juga meminimalisir penggunaan plastik baik dalam alat-alat makan ataupun furniturnya.Dari tempatnya saja mereka menggunakan kontainer kapal yang didesain dan dicat ulang. Bagian dalamnya tidak terlalu banyak menggunakan lampu, susana malam hari lebih banyak diterangi oleh lilin-lilin yang ada di setiap meja. 
 


Untuk furniturnya sendiri tidak kalah unik, beberapa mejanya dibuat dari tong bekas Pertamina, sedangkan tempat duduknya menggunakan krat minuman yang dilapisi bantalan. Sebisa mungkin, mereka ingin menggunakan bahan-bahan yang bisa didaur ulang dan ramah lingkungan. Meskipun begitu, suasananya sangat nyaman dan homey. Cocok sekali untuk tempat hang out bersama teman-teman. 
Terdapat pula dua private room dengan kapasitas berbeda dan panggung untuk live music yang memang ada hampir setiap hari. Uniknya lagi, kata "365" dalam plang "365 Eco Bar" setiap hari akan secara otomatis menghitung mundur jumlah hari setiap jam 12 malam sampai akhirnya nanti di tanggal 31 Desember menjadi 0.


Sebagai tempat nongkrong dan minum, 365 Eco Bar cukup sukses menjadi salah satu tempat hangout di Kemang dengan konsep eco-friendlynya yang unik. Jam buka sampai jam 2 malam dan jam 4 pagi di waktu weekend menambah nilai plus bagi Eco Bar. 
Belum lagi, tidak ada sistem last order yang berlaku disana. Artinya, jika 365 Eco Bar tutup jam 2, maka pengunjung tetap bisa memesan makanan hingga jam 2. Alunan live music yang berganti-ganti hampir setiap hari antara jazz, pop atau rock serta berbagai macam event menarik sering diselenggarakan di Eco Bar juga menjadi salah satu daya tarik Bar yang sempat beberapa kali mengubah penataan interiornya.





365 Eco Bar
www.ecobar.co.id
Facebook  | Twitter 
Aksara Kemang Parking Lot
Jl. Kemang Raya No. 8B Jakarta Selatan
(021) 719 1032

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe