Modern Mexican at Keraton at The Plaza

Saturday, May 10, 2014

Berdekatan dengan festival Cinco de Mayo yang dirayakan di bulan Mei, Keraton at The Plaza meluncurkan Chef Lamberto’s Modern Mexican Kitchen sejak akhir Maret yang lalu. Chef lamberto Valdez Lara menyajikan aneka hidangan ala carte khas Meksiko yang modern namun tetap bercitarasa autentik. 



Sajian eksotis ini dapat dinikmati setiap Senin hingga Jumat pada jam makan siang ataupun makan malam. Bahkan untuk makan siangnya, Keraton at The Plaza juga menyediakan three course lunch set menu yang tidak kalah menariknya.  Lunch set menu yang ditawarkan terdiri dari 3 macam jenis hidangan mulai dari starter, main course hingga dessert dengan harga Rp. 150,000nett/pax.


BEVERAGES
Signature Lychee Ice Tea and Mixed Berries Tea


 
STARTERS
Sopa de Tortilla
Chicken strips, avocado, tortilla strips, sour cream pasiila chili


Sup tortilla ini merupakan salah satu menu pembuka yang saya suka. Sup berwarna jingga ini agak kental dan terasa asam dengan semburat rasa pedas karena penambahan cabai pasilla. Potongan tortilla menambah tekstur renyah pada supnya. Love it.
 
Guacamole
Served with crispy corn totopos
 


Guacamole ini disajikan dengan tiga macam keripik berbentuk segitiga yang terbuat dari tepung jagung yang renyah. Keraton at The Plaza menggunakan alpukat impor yang dirasa paling cocok untuk guacamolenya. Guacamolenya terasa creamy sekaligus tasty, saya yang bukan penyuka alpukat saja sampai dengan senang hati menghabiskannya. Selain guacamole, totopos juga disajikan dengan salsa tomat, salsa verde dan sour cream.
 
Avocado, roasted corn salad
Corn relish, cilantro pesto, butter lettuce, vine ripe tomatoes


Bagi penyuka salad bisa memilih menu yang satu ini. Sayuran yang segar dan renyah berpadu dengan pipilan jagung bakar, potongan alpukat dan juga irisan tomat. Dressingnya yang asam segar menjadikan hidangan ringan ini cocok menjadi menu pembuka.
 
 
MAIN COURSES
Steak Grilled Quesadillas
Mexican cheese, roasted tomato, rajas, chipotle sauce, crème agria, pico de gallo




Keraton at The Plaza memiliki beberapa macam isian quesadillas yang bisa dipilih, yaitu daging sapi, ayam dan jamur. Kami mencicipi quesadillas yang berisi potongan steak yang dicampur dengan aneka saus khas meksiko dan juga lelehan keju yang generous. Dagingnya terasa gurih dan juicy. Perfect.
 
Carne Asada Tacos
Grilled skirt steak, cotija cheese served on soft or crispy corn tortillas, Mexican rice and refried pinto beans


Tacos ini berisi suwiran daging panggang yang disajikan bersama keju dan irisan selada. Dagingnya melimpah dibalut dengan soft corn tortilla yang dibuat sendiri oleh Chef Lamberto. Sebagai pelengkapnya tersedia pula Mexican rice yang dicampur dengan refried pinto beans.
 
Lamb Birria Tacos
Leg of lamb slowly braised for 12 hours served on soft or crispy corn tortillas, Mexican rice and refried pinto beans


Tacos ini tidak kalah enak. Suwiran daging kaki domba yang telah dimasak selama 12 jam ini benar-benar lembut dengan bumbu yang meresap. Bahkan aroma khas domba yang biasanya tercium kuat nyaris tidak terdeteksi lagi. Tambahkan sedikit saus guacamole ataupun tabasco untuk rasa yang lebih nikmat.
 

Hanger Steak Iron Skillet Fajitas
Grilled fajita, bell peppers, tomatoes, onions, guacamole, Mexican rice, flour tortillas and tequila guajilo onions marinate steak




Fajitas adalah hidangan populer Meksiko lainnya. Fajitas berasal dari kata faja yang berarti daging sapi bagian dada. Berbeda dengan quesadillas yang sudah ada isian di dalamnya, fajitas biasanya disajikan terpisah. Setidaknya terdapat roti tortilla, salad sayuran dan juga daging yang dihidangkan di atas hot plate untuk menjaga panasnya agar awet. 
Cara makannya adalah dengan cara mencampurkan daging, sayuran dan saus yang diinginkan ke dalam roti tortilla dan kemudian digulung. Saya merekomendasikan fajitas ini karena rasa dagingnya yang benar-benar lezat. Tekstur dan kematangannya pas dengan rasa gurih daging yang dimasak bersama caramelized onion dan juga potongan parika.
 
 
DESSERTS
Cinnamon Sugar Churros
Cajeta (goat milk) caramel, white chocolate sauce, chunky mango compote


Their churros is extremely good! So far, churros di sini adalah churros terenak yang pernah saya coba di Jakarta. Begitu pula dengan sausnya, terutama saus caramel yang manis dan legit ini. Dessert yang patut diacungi jempol, menurut saya.
 
 
Pastel 3 Leches
3 milks cake, berry compote, Kahlua sauce
 

Bagi para sweeth tooth, Pastel 3 leches ini mungkin merupakan pilihan yang tepat. Cake yang terbuat dari 3 macam susu ini memang manis dan milky. Teksturnya lembut, agak spongy dan disiram dengan saus yang dicampur dengan Kahlua yang memberikan aroma dan rasa yang khas.
 
Choco Flan
Vanilla flan, chocolate, pistachio caramel crunch

 
Crème brulee ala Meksiko ini dihidangkan dingin dengan chocolate cake di bagian bawah flannya. Aroma vanilla menjadi pelengkap flan yang creamy dan super lembut ini. Cincangan pistachio menjadi sentuhan akhir rasa gurih renyah yang pas untuk dessert yang satu ini.
 
 
Dalam rangka memperingati Cinco de Mayo yang jatuh pada tanggal 5 Mei ini pula, maka mulai dari tanggal 5 Mei hingga seminggu ke depan, Keraton at The Plaza juga menyuguhkan hidangan Mexican dinner set menu dengan harga yang juga spesial. Overall, masakan meksiko yang disajikan di Keraton ini wajib dicoba karena rasanya yang lezat (guacamole, fajitas, quesadillas…glek!).
Their lunch set menu is also a great deal for Mexican food lover. Definitely will come back for more!
 
 

 
 
BENGAWAN RESTAURANT
Keraton at The Plaza
Jl. MH Thamrin Kav.15 Jakarta 10350
(021) 5068 0000

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe