Ikuze Japanese Food Bazaar

Wednesday, August 07, 2013

Sesuai namanya, Ikuze Japanese Food Bazaar adalah sebuah restoran Japanese yang berkonsep Food Bazaar dimana di dalam restoran terdapat beberapa cooking station untuk jenis makanan yang berbeda-beda. Ikuze sendiri memiliki arti "let's go" dalam bahasa Inggris, diharapkan dengan nama yang mudah diingat ini akan dapat menarik perhatian para penggemar kuliner Jepang di Jakarta. Kali ini saya diundang untuk mencicipi beberapa menu andalan Ikuze yang kebetulan baru saja membuka cabang pertamanya di Kemang setelah outlet pertamanya di Epicentrum menuai sukses.



Ketika datang, pintu kayu besar bergrafir Ikuze akan langsung menyambut pengunjung yang datang, memasuki bagian dalamnya interiornya kental dengan nuansa Jepang. Dua counter di depan adalah counter penjual aneka snack khas Jepang seperti Kit Kat Green Tea dan Tokyo Banana. Di samping kirinya terlihat bar yang cukup ramai dengan pengunjung, masih dengan nuansa Jepang dengan dominasi kayu pada furniturnya. 
Sebelah kanannya beberapa cooking station seperti Sushi station & Teppan station terletak di sepanjang sisi ruangan. Ikuze menganut konsep open kitchen sehingga memungkinkan pengunjung melihat proses memasaknya. Beberapa tanaman buatan diletakkan di beberapa sudut ruangan untuk memberikan kesan segar di tengah temaramnya lampu.

 


 

Menu Ikuze sendiri terbilang cukup lengkap, mulai dari Sushi, Sashimi, Shabu-Shabu, bento bahkan yakitori dan ramen semua tersedia disini. Barnya sendiri juga menyediakan aneka minuman mulai dari green tea (ocha) hingga sake.

Shabu-Shabu Wagyu Small (125K)
Hot Pot Cooking with Sliced Beef, Shirataki Noodles, Tofu, Mushroom, Vegetables with Ponzu Sauce


Sayurannya segar, dagingnya tidak liat, dan kuah shabu-shabunya cukup gurih. Berhubung shabu-shabu adalah hidangan yang dimasak sendiri oleh pengunjung, maka untuk tingkat kematangan harus tetap diperhatikan agar seluruh elemen shabu-shabunya tidak ada yang overcooked. Seporsi shabu-shabu ini bisa dimakan sebagai hidangan pembuka untuk 3-4 orang.

Bento Ramadhan (90K)
Yakimeshi, Chawan Mushi, Chicken Teriyaki, Sushi & Sashimi, Mini Shoyu Ramen, Tempura Moriawase and Fruit & Salad


Menu spesial yang dikeluarkan di bulan puasa ini memang sengaja dipilih oleh Ikuze karena isinya yang cukup lengkap. Tidak perlu pusing memilih, dari mulai nasi, sushi, sashimi, ramen, tempura semua tersedia di dalam satu paket hidangan. Chawan Mushinya bagi Soya masih terasa hambar, namun menurut saya rasanya sudah pas. Chicken teriyaki dan sashiminya adalah hidangan favorit saya di Bento Ramadhan ini.


Teppanyaki Platters (155K) 
Beef Sirloin, Salmon, Prawn, Squid, seasoned with Teppan Sauce and served with Mixed Vegetables


Satu lagi menu andalan dari Ikuze yaitu Teppanyaki Platters. Sama halnya dengan Bento Ramadhan, Teppanyaki Platters ini berisi daging sirloin, ayam, udang,salmon dan cumi yang digrilled dengan tambahan bumbu saus teppan. Seporsi Teppanyaki Platters ini dilengkapi oleh sayuran yang juga dibumbui oleh saus teppan yang rasanya gurih manis. Saya suka dengan tekstur sirloinnya yang empuk sekali, saus teppannya pun meresap hingga ke dalam dagingnya plus sayuran yang teksturnya masih renyah cocok sekali sebagai teman menyantap nasi hangat.

Gyutang Yakitori (55K - 2 pcs)
Grilled Beef Tongue Skewer, Paprika, Negi, Yakitori Sauce


Menu ini berupa sate lidah sapi yang diiris tipis, sekilas tampak seperti lembaran daging sukiyaki. Sebenarnya menu yang satu ini juga merupakan menu andalan dari Ikuze, hanya saja ketika itu terjadi penurunan kualitas dari suppliernya sehingga lidah sapinya terasa liat/alot ketika digigit. Namun, saus yakitorinya yang dominan dengan rasa manis ini memang lezat, cocok sekali menjadi padanan sate lidah ala Ikuze ini.

Chicken Yakitori (40K - 2pcs)
Grilled Chicken Skewer, Paprika, Negi, Yakitori Sauce


Sama dengan Gyutang Yakitori, rasa ayamnya tidak jauh berbeda karena bumbu yang digunakan masih sama. Namun satenya dimasak dengan tingkat kematangan yang tepat, teksturnya masih juicy dan empuk saat digigit.

Chicken Skin Yakitori (30K - 2pcs)
Grilled Chicken Skin Skewer, Paprika, Negi, Yakitori Sauce


Penutup bersantap yang tepat untuk malam itu. Chicken Skin Yakitori ini merupakan makanan favorit saya malam itu! Tekstur kulit ayam yang chewy terasa manis karena baluran saus yakitori. Ketika digigit rasa gurih muncul perlahan-lahan bersama dengan aroma smokey panggangan yang harum. Biasanya saya tidak makan kulit ayam selain kulit ayam goreng tepung di fast food, tapi tampaknya saya harus membuat pengecualian untuk Chicken Skin Yakitori milik Ikuze.

Overall, Ikuze cukup sukses menyguhkan hidangan Jepang lezat dengan konsep yang cukup unik. Bagi penggemar masakan Jepang yang menginginkan banyak pilihan, dapat menjadikan Ikuze sebagai alternatif tempat bersantap, baik saat makan siang maupun makan malam bersama teman ataupun keluarga.




IKUZE JAPANESE FOOD BAZAAR
Lt. UG, Unit 01 OD Lippo Mall Kemang
Jl. Pangeran Antasari No. 36 P Kemang – Jakarta
(021) 2952 8356

You Might Also Like

4 comments

  1. lin! i love your interior photograph especially yang ada kucing nya. so cute! makin pinter ngeditt yaa linnnn . anyway, can you make it on wednesday? bbm me ya =p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yay, thanks Cend! Belajar nih belajar..Hehehe!
      Sip, lanjut di BBM yaa..

      Delete
  2. Ihh tempatnya lucu deh jadi pengen mampir hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, Nez! Tapi katanya masih lebih gede yang di Epiwalk restorannya..

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe