Mooncake Festival at Mandarin Oriental Jakarta

Tuesday, September 09, 2014

Bertepatan dengan hari ke lima belas bulan ke delapan (mid autumn) penanggalan Cina, momen tersebut dimeriahkan oleh Festival Moon Cake yang ditunggu tunggu sebagian besar masyarakat etnis Tionghoa. Tidak kalah meriah dari negara asalnya, di Indonesia sendiri banyak masyarakat yang masih merayakan datangnya Festival Moon Cake  yang tahun ini jatuh pada tanggal 8 September.





Mandarin Oriental Jakarta di bawah tangan dingin Chef Jeff Lee juga tidak mau ketinggalan untuk menyuguhkan  varian-varian mooncake andalannya di tahun ini.  Bersama dengan Tim dari Xin Hwa, Chef Jeff Lee menyiapkan mooncake dengan tampilan logo Mandarin Oriental yang cantik dan juga rasa yang unik. Mooncake ini dikemas cantik dalam boks elegan berwarna merah emas dan berbagai warna cerah yang masing-masing memiliki arti khusus.
 
 
  


Sebelum saya mencicipi Mooncake dari Mandarin Oriental, Chef Jeff Lee mendemostrasikan cara membuat mooncake kepada kami. Mulai dari membentuk dan membungkus isi mooncake hingga proses mencetaknya ke dalam cetakan kayu sesuai dengan ukuran yang diinginkan.  Begitu pula dengan chocolate mooncake yang menjadi salah satu mooncake andalan Mandarin Oriental di tahun ini.


Mandarin Oriental menyajikan Mooncake dengan beberapa pilihan rasa diantaranya Salted Egg Yolk with White Lotus, Red Bean Paste Mooncake, White Lotus Paste Mooncake dan Macademia with Red Lotus Mooncake.
Untuk menikmati mooncake ini, Mandarin Oriental juga menyiapkan 4 macam teh sebagai pairingnya. Sencha Green tea, Guan Yin Tea, Pu Erh Tea dan Mandarin Jasmine Tea  menjadi pairing mooncake yang tersedia. Varian mooncake favorite saya  sendiri adalah Salted Egg Yolk with White Lotus yang tidak terlalu manis. Paduan kuning telar asin di bagian ditengahnya menyeimbangkan rasa manis dari mooncake. Macademia with Red Lotus Mooncake juga menjadi favorit, tidak lain karena potongan utuh kacang macademia yang gurih tersebar di dalam mooncake.
Tehnya sendiri bisa dipilih sesuai selera, jika ingin teh dengan rasa ringan maka Sencha Green tea dapat menjadi pilihan, namun jika ingin the dengan aroma dan aftertaste yang kuat maka Pu Erh Tea harus dicoba. Saya sendiri sangat suka dengan Guan Yin Tea dan Mandarin Jasmine Tea yang memiliki aroma yang sangat wangi.
 
 



Selain varian mooncake tradisional, Mandarin Oriental juga menyuguhkan dua varian rasa baru yaitu Mini Egg Custard Mooncake yang cocok bagi para sweeth tooth yang menyukai tekstur lembut dan Chocolate Based Mooncake. Chocolate Based Mooncake hadir dalam 3 varian rasa yaitu Caramel, Passion fruit dan Pu Erh Tea.  Pu Erh Tea dan Passion Fruit menjadi varian rasa yang saya suka karena rasanya tidak semanis Caramel Chocolate Mooncake.
 
Varian-varian Mooncake Mandarin Oriental ini dapat dibeli di Cake Shop Mandarin Oriental dengan harga mulai dari 108.000++ untuk individual mooncake. Festival Mooncake di Mandarin Oriental sendiri akan berlangsung dari tanggal 25 Juli – 10 September 2014.

 
Setelah mencicipi aneka mooncakenya, Chef Jeff Lee mempersilahkan kami untuk menikmati aneka hidangan andalan dari Xin Hwa Restaurant yang berada di Mandarin Oriental. Hampir seluruh menu yang disajikan menjadi favorit saya, terutama Old Fashioned Shanghai Style Smoked Cod Fish Filletsnya yang luar biasa lezat!



 
 
Mandarin Oriental Hotel Jakarta
Jl. M.H. Thamrin PO BOX 3392
Jakarta Pusat 10310

You Might Also Like

1 comments

  1. Love the salted egg yolk mooncake <3 you should try mooncake by raffles hotel singapore, unbeatable so far!



    http://chezabelll.com/blog

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe