FoodPanda : Online Food Delivery Indonesia

Monday, June 25, 2012

FoodPanda adalah sebuah situs yang menyediakan jasa pesan antar makanan yang telah berkembang di beberapa negara seperti Singapura, Thailand, India, Malaysia dan kini mulai merambah Indonesia. Meskipun belum beroperasi 24 jam, namun kerja samanya dengan lebih dari seratus restoran di Jakarta membuat FoodPanda dapat menjadi alternatif penyedia jasa pesan antar yang cukup oke.



Yang membuatnya makin menarik adalah bahwa kita tidak perlu register dahulu sebelum memesan, cukup hanya memasukkan nama, email dan nomor telepon saja dan kemudian kita dapat langsung memilih menu yang diinginkan dari restoran-restoran pilihan. Untuk lebih memudahkan pengunjungnya, FoodPanda juga mengklasifikasikan restoran sesuai dengan lingkup area layanan pesan antar mereka yang sementara ini hanya di Jabodetabek saja.

Saya mencoba memesan beberapa menu di Alex's Pizze e Pasta yang berada di Epicentrum Walk melalui FoodPanda. Untuk beberapa restoran yang menjadi partner FoodPanda, mereka memberikan promo berupa diskon khusus bagi para pemesan. Kita tinggal memilih restoran yang diinginkan dan klik LIHAT MENU untuk memilih makanan dan minuman yang diinginkan.
Pemesanan dilakukan dengan meng-klik tombol (+) di samping nama menu yang dipilih. Sedangkan untuk total belanja dapat dilihat di pojok kanan atas. Jika sudah benar, klik PESAN SEKARANG dan kemudian isi formulir dengan selengkap mungkin. Setelah itu FoodPanda akan mengirimkan SMS ke HP berupa passcode yang harus kita masukkan di layar.


Menurut saya, disini seharusnya FoodPanda seharusnya tidak terpaku pada 'pesan sekarang' melainkan juga menambahkan pemilihan waktu yang diinginkan oleh konsumen karena bukan tidak mungkin konsumen memesan di pagi hari untuk makan siang mereka.
Konfirmasi setelahnya akan dilakukan oleh FoodPanda via email dan restoran tempat kita memesan via SMS beserta estimasi waktu yang diperlukan untuk mengantar pesanan kita. Selanjutnya kita hanya perlu menunggu dan menyiapkan uang karena sistem pembayaran FoodPanda menggunakan Cash On Delivery (COD/bayar di tempat).

Satu setengah jam kemudian, belum ada tanda-tanda datangnya pesanan saya. Saya pun mengajukan complain ke FoodPanda. Dari keterangan salah satu customer servicenya baru saya tahu kalau si kurir tidak dapat menemukan kantor saya. Sangat disayangkan, FoodPanda tahu masalahnya namun bukannya pro aktif menghubungi konsumen untuk menanyakan lokasinya, mereka malah diam saja. Saya tidak tahu bagaimana jadinya apabila saya tidak menelepon. 
Akhirnya 3 jam kemudian, sampailah pesanan saya ke kantor. Jujur saja saya kecewa dengan pelayanan FoodPanda yang tidak maksimal. Apalagi ketepatan waktu seharusnya menjadi syarat utama bagi penyedia jasa pesan antar makanan, sesuai dengan tag yang diusung FoodPanda : ordering food online should be fuss-free, fast and definitely fun. Jika FoodPanda tidak memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan kedepannya, maka saya rasa konsumen akan lebih memilih untuk mendatangi sendiri atau memesan langsung ke restoran yang diinginkan dibandingkan harus menunggu selama 3 jam untuk orderan mereka.




FoodPanda Indonesia
http://foodpanda.co.id/
Equity Tower 35th Floor, SCBD Lot. 9.
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53
Jakarta 12190

You Might Also Like

2 comments

  1. Haha, ternyata ada yg nunggunya lebih lama gila dari episode gw :))

    http://mellyspreference.blogspot.com/2012/06/foodpanda-my-trial-delivery-order.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya kita high five apa tepok jidat bareng nih, Mel? :p

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe