Le Cafe Gourmand

Sunday, March 16, 2014

Belum lama ini saya datang ke Grand Opening Le Café Gourmand yang baru saja dibuka.  Le Café Gourmand ini merupakan sebuah café yang mengadaptasi French café dengan suguhan varian kopi, teh serta aneka sandwich, pastry dan cake yang menggugah selera.  Namun tidak seperti French café yang kebanyakan mengambil lokasi outdoor, Le Café Gourmand sepenuhnya berada di dalam ruangan (indoor). 
Memasuki cafenya, pengunjung akan langsung dihadapkan oleh tempat pembuatan kopi yang memang berada di tengah-tengah ruangan. Display rack sebelah kiri berisi aneka gelato, pastry, cake, éclair, dan aneka dessert lainnya. Sedangkan di sebelah kanan dipenuhi oleh deretan alat-alat yang digunakan untuk brewing kopi.





Le Café Gourmand ini menggunakan kopi lokal, sedangkan tehnya terdiri dari teh impor hingga teh lokal. Soal kualitas Le Café Gourmand dapat dipastikan menyuguhkan kopi dan teh yang berkualitas karena mereka bekerjasama dengan Ratna Soemantri, sang tea expert Indonesia dan juga Rodney Glick dari Seniman Kopi.






Gelato 



Gelato adalah yang pertama saya coba dari Le Café Gourmand. Le Café Gourmand memiliki gelato dan sorbet yang cukup variatif, mulai dari rasa rasa klasik seperti coklat atau rum raisin sampai salted caramel dan peanut butter. Saya mencoba rum raisin, salted caramel, raspberry dan mango dari deretan sorbetnya. Semuanya memiliki tekstur yang lembut. 



Saya tidak terlalu suka rum raisin gelatonya karena terlalu manis, tapi untuk salted caramel gelatonya terasa cukup lezat. Gelatonya terasa creamy dengan semburat rasa asin ketika dicecap.
Sedangkan untuk sorbetnya, baik mango dan raspberry keduanya memiliki tekstur lembut dengan rasa asam buah segar yang mendominasi. A perfect sweet and sour at one bite.


Rose & Noisette Eclairs


Le Gourmand juga menyediakan beberapa varian eclairs untuk dicoba. Ukuran eclairnya cukup besar, puff terlihat renyah di bagian luarnya dengan tambahan crust di bagian atasnya. Rose Eclairs berisi rose cream yang aromanya super wangi, rasa manisnya juga pas. Noisette Eclairs adalah éclair rasa hazelnut. Di atasnya dipercantik dengan kacang macadamia berlapis coklat. Fillingnya berisi krim hazelnut yang manis dan nutty. Love it!


Triple Chocolate Tart


Chocolate tart mereka disajikan dengan tampilan yang cukup cantik dengan serutan coklat putih di atasnya. Crust tartnya terasa renyah dan ringan, sementara filling coklatnya berisi campuran dark dan milk chocolate (saya rasa, karena nama triple chocolate pastilah merupakan gabungan dari 3 coklat tersebut). Meskipun cukup lezat, tapi saya mengharapkan tekstur lembut dengan citarasa yang pekat sekaligus lebih creamy lagi untuk bagian dalamnya.


Beef Rib Pie



Beef Rib Pie merupakan salah satu varian savoury snack dari Le Café Gourmand ini. Pie berukuran cukup besar ini berisi cincangan daging iga yang dibumbui seperti Bolognese, bagian atasnya ditutup dengan mashed potato yang kecoklatan akibat panggangan oven. Beef Pie ini akan lebih ‘nendang’ lagi jika penggunaan herbs ditambahkan agar rasa gurih daging lebih menonjol.


Coffee Pannacotta


Coffee Pannacotta ini direkomendasikan oleh sang owner. Tekstur pannacottanya agak padat, tidak selembut pannacotta pada umumnya. Dugaan saya ini karena temperatur tempat penyimpanan yang terlalu dingin karena saat disendok, pannacotta terasa agak beku.
Namun secara keseluruhan dan komposisi rasa, coffee pannacotta ini enak. Hint rasa kopi yang pekat menyeimbangkan rasa creamy si pannacotta.


Le Café Gourmand menyediakan aneka varian kopi yang menarik untuk dicoba. Malam itu, saya mencicipi sajian kopi-kopi yang dibuat oleh Daniel Kauranny, salah satu foodies yang juga merupakan barista ternama & seorang coffee expert.  Le Café Gourmand memiliki sajian kopi unik yang bernama spicy coffee. Saat dicicipi, kopi ini terasa kuat dengan after taste pedas yang terjejak di pangkal lidah.



Selain itu masih ada varian lainnya seperti latte dan juga mocha yang juga tidak kalah nikmat. Bagi penikmat kopi hitam, sebaiknya mencoba kopi yang dibrewing dengan syphon yang memang menjadi andalan Le Café Gourmand. Yang cukup mengejutkan adalah, Le Café Gourmand memiliki hot chocolate yang luar biasa enak!


Hot chocolatenya sangat rich dengan rasa coklat yang pekat. Coklatnya tidak terlalu manis, tapi juga tidak sampai bitter seperti dark chocolate.
Saya bukan penyuka coklat, tapi harus saya akui, hot chocolate le Café Gourmand ini membuat ketagihan! Pastinya saya akan kembali ke Le Café Gourmand untuk mencicipi varian sandwich dan minuman lainnya (dan juga untuk hot chocolate!). 

Good luck, Le Café Gourmand!




LE CAFE GOURMAND
Jl. Gunawarman no. 65 Jakarta Selatan

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe