Baked Spaghetti, my own way

Wednesday, April 06, 2011

Saya suka pasta. Begitu pula mami dan adik-adik saya sampai akhirnya menular juga ke si mbak. Lagi-lagi, dengan alasan penghematan, kami lebih sering memasak sendiri jika sedang ingin makan pasta. Lagipula, dengan memasak sendiri kita jelas bisa bereksperimen resep sesuka hati dan makan sebanyak yang kita mau. Nggak heran, paling tidak seminggu sekali saya pasti ditodong adik-adik dan si mbak untuk bikin pasta. Favorit mereka tetap creamy sauce, sampai akhirnya mereka coba baked spaghetti ini.Nggak ada komplain, yang ada cuma dentingan sendok yang beradu dengan piring plus pinggan kosong dan muka senyam senyum satu jam kemudian.
Padahal ini karena saya lagi kepingin makan lasagna tapi malas keluar rumah untuk beli pasta dan daging cincang, pas orang rumah ribut minta pasta, dan adanya cuma spagetti. Akhirnya jadilah Baked Spaghetti ini. Sausnya saya buat berlapis-lapis, persis seperti lasagna, jadi dalamnya nggak kering. Dan ternyata hasilnya sangat memuaskan! Saus tomat (saya bingung mau bilang saus apa, bolognese tapi nggak pakai daging cincang, pomodoro tapi bikinnya suka-suka saya, jadi ya saus tomat saja lah sebutannya) benar-benar paduan yang pas untuk saus creamynya. Rich, creamy, tasty. Karena sausnya berlapis-lapis, jadi tiap spaghetti terbungkus saus dengan sempurna. Benar-benar lezat. Hmm, I do believe that pasta will never fail to spoil my tongue!

Baked Spaghetti


Bahan :
250 gr spaghetti, rebus hingga matang. Tiriskan.
Saus Tomat :
2 sdm margarin/olive oil
3 bh tomat, haluskan
3 sdm saus tomat
3 bh daging giling kemasan, potong dadu kecil
150 ml kaldu 
1/2 bh bawang bombay, cincang kasar
oregano, basil, garam, lada secukupnya
** jika ada tambahan topping daging, jamur, sayuran, masukkan di saus tomat juga
Saus Krim :
3 sdm terigu
3 sdm margarin, untuk menumis
500 ml susu cair
75 gr keju cheddar parut
garam, merica, pala bubuk secukupnya

Cara :
1. Saus Tomat : lelehkan margarin/panaskan olive oil. Tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan daging dan sayuran jika pakai. Tambahkan saus tomat dan kaldu. Bumbui dengan oregano, basil, garam, dan lada. Masukkan tomat cincang, aduk rata sampai meresap dan agak mengental. Angkat, sisihkan.
2. Saus Krim : Panaskan margarin hingga leleh, masukkan tepung terigu, aduk rata. Tuangi susu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar tidak bergumpal dan adonan menjadi licin. Tambahkan keju dan bumbui dengan garam, merica, serta pala bubuk. Aduk rata. Masak hingga mengental dan matang. 
3. Olesi pinggan tahan panas dengan margarin.
4. Tuang saus tomat di dasar pinggan secukupnya. Susun spaghetti di atasnya. Tuang saus krim di atas spaghetti. Susun kembali spaghetti. Tuang dengan saus tomat. Begitu seterusnya hingga habis. Beri saus krim di lapisan paling atas spaghetti. Disini bisa ditambahkan mozarella, keju easymelt, atau parmesan jika suka.
5. Panggang hingga bagian atas berwarna kecoklatan.

You Might Also Like

4 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe