Molten Chocolate Cake

Sunday, March 31, 2013

Kali ini saya menggunakan resep berbeda untuk Molten Chocolate Cake dari Prevention.com untuk melihat bagaimana hasil dan teksturnya. Dan kali ini bisa dibilang saya hampir berhasil, hanya saja pada saat pemanggangan loyang pertama masih terlalu lama sehingga molten choco cakenya menjadi overcooked. Membuat kudapan yang satu ini memang harus super teliti, paling tidak perhatikan benar waktu memanggangnya. Karena setiap oven berbeda-beda, maka ada baiknya dilakukan tes panggang terlebih dahulu agar tahu berapa menit waktu yang diperlukan untuk membuat molten choco cake yang perfect.

Untuk molten choco cake kali ini saya memakai campuran bubuk espresso, namun jika tidak suka maka dapat diganti dengan menambahkan bubuk coklat dengan jumlah yang sama dengan bubuk espresso. Teksturnya lembut dan ringan, hampir menyerupai sponge cake, rasa manisnya diimbangi oleh rasa pahit espresso yang khas. Sajikan dengan es krim pasti lebih nikmat!


MOLTEN CHOCOLATE CAKE
Serving : 7 cup



Bahan :
3 ons dark chocolate, potong kasar
3 sdm unsalted butter
2 sdt espresso powder (saya pakai 1 sachet VIA Starbucks)
1/2 cup gula pasir
1/2 cup coklat bubuk, ayak
2 sdt ekstrak vanilla
3 butir telur
2 butir telur, ambil putihnya saja

Cara :
1. Lelehkan dark chocolate, butter dan espresso powder dengan cara ditim, sisihkan.
2. Campur gula pasir dengan ekstrak vanilla. Masukkan 3 butir telur dan 2 putih telur secara bersamaan, kocok hingga mengembang. Masukkan coklat bubuk, aduk rata.
3. Campurkan lelehan coklat kedalam kocokan telur, aduk rata.
4. Tuangkan kedalam aluminium foil cup ataupun ramekin. Masukkan kedalam oven bersuhu 180 derajat celcius hingga bagian luarnya set. (pada tahap ini, oven saya membutuhkan waktu panggang 15 menit). Dinginkan 1-2 menit. Sajikan dengan es krim vanilla.



You Might Also Like

2 comments

  1. Wow! Look at the molten chocolate oozing out of the spongy cake...my gosh, line, ga mau tauk, pokoke next time gathering minta bawain!!! >,<" Hehehe...
    Great job! =D

    ReplyDelete
  2. Ellyna : gw sendiri gak nyangka sukses juga. Contekan resepnya yang tokcer nih kayaknya, coba deh El, dibikin sendiri, nanti gw coba.. *lho?

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe