Cooking Class with Ten Ten Tempura House & IDFB

Saturday, May 04, 2013

Dua minggu yang lalu saya diundang oleh Indonesian Foodblogger (IDFB) untuk menghadiri acara cooking class yang bertempat di Ten Ten Tempura House, salah satu restoran yang dikelola oleh Boga Group. Meskipun acaranya berlangsung cukup pagi, namun antusiasme peserta-peserta cooking class tetap tidak surut. Bahkan beberapa dari kami, termasuk saya datang sebelum pintu depan mall dibuka.
Cooking class kali ini bertempat di Ten Ten Plaza indonesia yang kental dengan nuansa modern yang didominasi oleh kayu-kayu terang yang menghiasi interior hampir seluruh ruangan. Sistem penerangan dan beberapa pernak-pernik unik yang dipajang di lemari dan membuat suasana restoran terasa hangat. Sekilas serupa dengan outletnya yang pernah saya kunjungi di Pondok Indah Mall (review bisa dibaca disini).

 

Ten Ten Tempura House sendiri merupakan restoran spesialisasi tempura yang belum terlalu lama hadir di Jakarta. Terhitung sejak tahun 2010 akhir, Ten Ten membuka outlet pertamanya di Pondok Indah yang kemudian berkembang menjadi beberapa cabang, diantaranya di Plaza Indonesia & di Plaza Senayan. Menu yang disajikan terdiri dari tempura, aneka tendon, donburi, udon sampai parfait dan mousse sebagai pencuci mulut setelah makan. 

Tempura Ten Ten menjadi spesial karena ukuran udang black tigernya yang besar dan rasa tempuranya yang pas. Bagian luarnya dibalut dengan tepung tebal yang renyah, bagian dalamnya berisi udang yang masih juicy. Ten Ten menggunakan metode menggoreng khusus sehingga semua konsumen akan mendapat kualitas tempura terbaik yang sama.


Seperti cooking class Bakerzin, kami dibagi menjadi beberapa kelompok untuk kemudian menyimak Chef Dian memasak tempura omurice dan panna cotta. Setelah perkenalan dan beberapa sambutan dari perwakilan IDFB  dan Boga Group, kamipun mulai menyimak informasi demi informasi mengenai tempura, dari mulai cara membelah udang sampai cara menggorengnya yang disampaikan oleh chef Dian dengan fasih.

Tepung Tempura Nissin (bisa didapat di supermarket besar)
Delicious and crunchy tempura - Step by Step
Simple & super quick butter rice!
Tempura Omurice with Demiglace Sauce by Chef Dian

Setelah Chef Dian selesai memasak, kamipun mendapat tantangan untuk membuat sendiri tempura omurice dalam waktu 20 menit. Grup saya berhasil menyelesaikan tantangan tersebut dengan menyajikan I Heart U Tempura. Nama ini dipilih karena bentuk tempura sayur kami disusun menyerupai hati dan karena kami semua suka tempura. Tidak disangka-sangka, grup kami dinobatkan oleh Chef Dian menjadi pemenang cooking challenge. Yay!

Meet our "I Heart U Tempura", the winner of the day!

Setelah itu Chef Dian memulai demo masak Panna Cotta yang sayangnya kami tidak bisa lihat hasil akhirnya karena Panna Cotta memerlukan waktu pendinginan yang cukup lama di kulkas sebelum akhirnya dihidangkan. Acara kemudian dilanjutkan dengan santap siang bersama, beberapa menu unggulan dari Ten Ten yang kami pilih di awal registrasi pun mulai berdatangan.


Ebi Yose Katsu 
Merupakan hidangan pertama yang disajikan. Saya suka sekali dengan katsu ini, luarnya crunchy dan dalamnya lembut, rasa udangnya cukup intens. Siraman saus manis gurih dan saus tartar di atasnya membuatnya menjadi lebih kaya rasa.
Tendon Spicy
 Menu yang saya pesan untuk makan siang kali itu. Ternyata Ten Ten memiliki beberapa varian Tendon yaitu Tendon Spicy, Tendon Curry, Tendon Blackpepper dan Tendon Seaweed. Seporsi Tendon berisi nasi, tempura dan sup miso sebagai pelengkap. Yang membedakan hanyalah bubuk perasa yang membaluri tempuranya.
Untuk Tendon Spicy, bumbunya tidak terasa pedas, porsi nasinya banyak sekali dan tempuranya memang matang sempurna dan lezat.
Tenbara Donburi
Salah satu jenis menu milik teman yangs empat saya cicipi. Menu ini terdiri dari daging ayam yang digoreng dengan tepung tempura dan dilumuri dengan saus wijen. Tenbara ini banyak menjadi favorit banyak orang di siang itu karena rasa gurih dan manis sausnya bercampur sempurna dengan kerenyahan daging ayam. Saya merekomendasikan menu yang satu ini.


Foret Noir Cup & Oreo Cheese Cup
Foret Noir ini merupakan black forest yang berbentuk mousse. Di dalamnya berisi mousse coklat lembut dengan potongan dark cherry dan sedikit sentuhan rhum.Sedangkan Oreo Cheese Cup merupakan cream cheese yang diberi taburan remahan oreo di bagian atasnya. Teksturnya creamy dan lembut, hanya saja dibandingkan rasa keju, rasa susunya jauh lebih dominan.
Acara siang itu sungguh menyenangkan. Selain saya bisa bertemu teman-teman lain dari IDFB, cooking classnya sendiri juga sangat seru & bermanfaat. Sehabis ini, kami pastinya bisa membuat panna cotta & tempura ala restoran sendiri di rumah. 
Terima kasih Indonesian Foodblogger & Ten Ten Tempura House! 




Ten Ten Tempura House
Basement level, Unit 16-17 Plaza Indonesia 
Jl. MH Thamrin Kav 28-30 Jakarta 
(021) 299 23730

You Might Also Like

3 comments

  1. jd agak nyesel2 dikit lin gak dtg ke ten-ten raawwrr

    ReplyDelete
  2. Artikelnya kerenn..pantes menang! Makasi ya Mba..

    ReplyDelete
  3. @Cend : Makanyaaa, belajar bangun pagi dulu gih. Hehehee..

    @Mba Anne : Makasi banyak ya, Mba..nggak nyangka juga kok bisa menang. Huhuu

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe