Shang Palace

Wednesday, August 21, 2013

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat undangan dari Shang Palace, Chinese restaurant dari Shangri-La Hotel, Jakarta. Shang Palace ini terletak di lantai 1,  lokasinya bersebelahan dengan Satoo, salah satu restoran buffet terbaik di Jakarta yang juga dimiliki oleh Shangri-La. Shang Palace ini didesain dengan model China klasik yang glamor dan elegan dengan dominasi warna merah dan emas di seluruh penjuru restoran. Dengan 6 private room dan Lotus Ballroom yang dapat digunakan sebagai tempat resepsi, Shang Palace dapat menampung lebih dari 300 orang di dalamnya. 













Dikepalai oleh Benson Fok Ping Kong selaku Executive Chef, Berbagai hidangan khas Kanton menjadi andalan Shang Palace, selain itu olahan seafood segar yang diambil langsung dari akuarium besar yang terletak di dalam restoran yang juga menjadi aneka hidangan yang diunggulkan disini. Bahkan jika mau, pengunjung diperbolehkan untuk memilih sendiri jenis seafood yang diinginkan untuk diolah.












 
Kolak & Kurma



Karena pada saat itu sudah memasuki bulan puasa, kami mendapat hidangan pembuka berupa kolak dan kurma.
 
Lobster with Spicy Sauce (228K)



Penyajiannya sangat atraktif. Cangkang lobster disajikan sebagai hiasan bersama daun selada, sedangkan dagingnya sendiri sudah tersusun apik di depannya dengan siraman spicy sauce dan potongan mangga di bawahnya. Lobsternya mengeluarkan rasa manis alami, kematangannya juga pas. Rasa pedas dari sausnya ringan dan samar-samar, potongan mangga memberikan sentuhan rasa segar pada hidangan ini.
 
Minced Beef Soup with Spinach (68K)




Tampilan lain dari sup ini diperoleh dari cincangan halus daun bayam sehingga sekilas mirip sekali dengan rajangan daun bawang pada sup bening. Sebagai tambahannya, sup ini juga berisi kocokan telur dan juga telur puyuh untuk mempercantik tampilannya. Konsistensi supnya kental dengan daging cincang yang cukup banyak. Sup yang gurih ini paling enak dinikmati selagi masih hangat.
 
Deep Fried Boneless Chicken with Almond Flakes on Lemon Sauce (78K)



Ayam saus lemon memang merupakan salah satu menu khas dari Chinese Food, namun di Shang Palace ayam tersebut masih diberi balutan kacang almond yang super renyah. Karena kacang almondnya sendiri sudah terasa gurih, maka hidangan ini terasa lezat. Asam dari saus lemonnya juga tidak menyengat, sayang bagi saya ayamnya overcooked, sehingga teksturnya menjadi kurang juicy.
 
Chef’s Special Stewed Pork Rib served with Chinese Bread (88K) – Non Halal


Hidangan yang terdiri dari roti mantau dan potongan iga babi ini banyak mendapat pujian dari teman-teman yang menikmatinya malam itu. Untuk lebih jelasnya dapat dibaca di blog milik Yenny, Soya dan Hans.
 
Braised Whole Abalone and Goose Web with Bailing Mushroom (188K)


Ini pertama kalinya saya mencoba abalone, ternyata rasanya enak! Teksturnya sangat juicy dan sedikit chewy. Abalone adalah sejenis kerang yang berukuran cukup besar dan harganya sangat mahal. Di Cina sendiri, Abalone yang sering disebut dengan kerang mata tujuh ini dikenal sebagai makanan keberuntungan. Biasanya, abalone hanya disajikan di acara-acara spesial dimana tidak semua orang bisa menikmatinya.
Seporsi menu ini disajikan dengan jamur bailing dan juga kaki angsa. Ini juga pertama kalinya saya makan kaki angsa. Rasanya gurih dengan sedikit lapisan daging di sela-sela tulangnya, karena dimasak hingga sangat empuk, jadi saya tidak terlalu kesulitan untuk menyantapnya.
 
Live Crab with Chilli Sauce (38K/100gr)




Tampilan kepiting segar berlumur saus pedas ini sangat menggugah selera. Dibantu dengan alat pembuka cangkang, kami langsung asik sendiri menikmati daging kepiting yang kaya rasa ini. Dagingnya pun banyak dan tebal, konsistensi sausnya pas, rasa gurih pedasnya sedang dengan sedikit semburat rasa asam. Super yummy!
 
Homemade Bean Curd with Vegetarian Ham, Shimeji, Mushroom and Dried Scallops (78K)


Hidangan vegetarian ini tidak lantas mengurangi kelezatannya. Tekstur homemade tofunya renyah di lapisan luar dan super lembut di bagian dalam. Campuran jamurnya chewy dan potongan vegetarian hamnya tebal disiram dengan kuah gurih yang kental.
 
Shang Palace Yang Zhou Fried Rice (88K) – Non Halal


Nasi goreng Yang Zhou adalah salah satu menu khas di berbagai Chinese  restoran. Isian nasi gorengnya cukup banyak dan bervariasi di setiap restoran, namun ada beberapa macam bahan yang wajib ada seperti nasi, potongan char siu, udang, kuning telur dan daun bawang. Potongan Char Siu ini merupakan bahan terpenting dalam membuat Nasi Goreng Yang Zhou ini karena memberikan rasa manis yang spesial di hidangan ini. Bagi non-muslim, Nasi Goreng Yang Zhou ini sepertinya menjadi salah satu menu yang wajib dicoba jika bertandang ke Shang Palace.
 
Almond Bean Curd with Mixed Fruits (35K)



Tekstur kembang tahu almond ini terasa mirip seperti agar-agar. Rasa almondnya tidak terlalu kuat, dengan kuah bening dan potongan buah yang terasa manis. It was okay.
 
Chilled lemon Grass jelly with Lime Sorbet (35K)


Perpaduan baik antara jelly beraroma sereh dengan satu scoop es krim rasa jeruk nipis. Aroma dan rasa serehnya tidak terlalu kuat sehingga tidak mengacaukan rasanya. Jellynya sendiri juga tidak terlalu manis. Jauh lebih enak daripada yang saya pernah makan di restoran lainnya (lihat disini).

Chilled Mango Pudding (35K)


Presentasi yang cantik datang dari dessert berbahan dasar mangga ini. Pudingnya terasa lembut dengan rasa mangga yang kuat.
 
Chilled Avocado Puree topped with Coconut Ice Cream (35K)


Creamy dan lembut adalah gambaran yang tepat bagi dessert yang satu ini. Es krim kelapanya legit, jadi pelengkap yang cocok untuk puree alpukat dengan rasa yang cukup pekat.
 
Chilled Mango Sago Cream (35K)



I Love it. Sepertinya dessert berbahan dasar mangga dari Shang Palace menjadi favorit saya malam itu. Dessert yang satu ini benar-benar lezat! Semua komponennya berpadu dengan sempurna, sedikit creamy dengan sentuhan rasa mangga yang lembut dengan tambahan tekstur kenyal dari sago (mutiara yang terbuat dari tepung tapioka). Highly recommended!


Shang Palace menjadi tempat yang saya rekomendasikan jika ingin merasakan pengalaman bersantap hidangan khas Kanton yang berkualitas dengan ambiance yang elegan sekaligus cozy. Terima kasih Shang Palace dan Shangri-La!



SHANG PALACE 
Shangri-la Hotel Jakarta
Level 1 Kota BNI JL. Jend. Sudirman Kav. 1
Jakarta, 10220
(021) 2922 9999

You Might Also Like

7 comments

  1. wow...... keren....
    aku suka fotonya Chef Benson Fok, sayang pas dikenalin aku sedang ke rest room.... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi, Soya..reviewmu gak kalah keren kok.. :)

      Delete
  2. aaaaaaaaaaaah lince.. ada namakuuuuuuuuu.. terharu.. tp spt biasa, beautiful lin :) just like you :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa, scr aku nggak akan bs deskripsiin rasanya gimana siih.. ;D

      Delete
  3. wow, menu abalonenya murah bgt ya,
    tempting to try klo ke jakarta........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, varian abalone yang lainnya juga banyak yang bisa dipilih. Boleh banget dicoba kalo ke Jakarta.. :)

      Delete
    2. maksudnya varian jenis abalone atau jenis menunya mbak???

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe