Rendang Burger ala Burger King

Saturday, September 14, 2013

Naik daunnya rendang yang diklaim sebagai salah satu makanan terenak di dunia mendorong Burger king berinovasi menghadirkan burger rendang sebagai seasonal menu terbarunya. Seperti yang kita tahu, rendang yang merupakan makanan tradisional khas padang ini memiliki perpaduan rasa yang juara. Proses pemasakan yang tidak sebentar menjadikan rempah-rempah yang dipakai meresap ke dalam daging. Ketika dikunyah, rendang akan terasa semakin lezat, paduan rasa gurih dan sarat bumbu ini juga memberikan sentuhan rasa manis dan sedikit pedas. 

Courtesy of Burger King
Burger King sebagai salah satu gerai fast food ternama akhirnya mengadopsi menu tradisional ini ke dalam daftar menunya. Indonesia dan Singapore mengeluarkan varian Burger bersaus rendang dalam waktu yang nyaris bersamaan. Untuk menu Rendang Burger dari Burger King ini terdiri dari dua varian yaitu Tendercrisp Chicken Rendang Burger dan Double Beef Rendang Burger, jika Double Beef Burger dirasa cukup berat, maka pengunjung juga dapat memesan Single Beef Rendang Burger.
 
Tenderscrisp Rendang Deluxe (27,3K)


Burger ini berisi chicken fillet berbalut tepung yang renyah. Isian burgernya terdiri dari mayonnaise, lettuce segar, irisan tomat merah segar, beefacon serta saus rendang.  ‘Wow’ adalah reaksi yang pertama keluar dari mulut saya. Burger ayam ini menjulang tinggi dengan lapisan fillet daging ayam yang tebal di tengahnya. Saya suka dengan fillet ayamnya yang juicy dan gurih. Saus rendang yang dioleskan di atas fillet ayam terlihat berwarna merah kehitaman. 


Rasa bumbunya cukup tajam, didominasi oleh rasa gurih dengan sedikit rasa pedas dan asin. Tambahan mayonnaise membantu mengurangi pekatnya bumbu rendang.  Lidah saya tidak mendeteksi rasa manis yang biasanya timbul lamat-lamat ketika memakan rendang padang. Meskipun rasanya tidak se-otentik rendang Padang, tapi rasa bumbunya cukup intens, tambahan lettuce dan tomat memberikan aksen segar pada hidangan dengan saus rendang ini. 

 
Doubles Rendang  Deluxe (30K)


Daging sapi memang jodohnya bumbu rendang, oleh karena itu Burger King juga menghadirkan varian daging sapi dalam Rendang Burgernya. Bisa dipesan baik single maupun double beef, kali ini saya mencoba Double Beef Rendang Burger. Ukuran burgernya agak lebih kecil dari Tendercrisp Rendang Deluxe, di antara bun bertabur wijen putih tampak isiannya yang terdiri dari dua patty yang telah di-grilled, beefacon yang crispy, irisan bawang Bombay, mayonnaise serta bumbu rendang. 


Gurih khas daging sapi terasa ketika menggigit burger ini, beefacon memberikan tambahan tekstur renyah. Paduan mayo dan bumbu rendang menciptakan rasa yang lebih mild dan creamy pada sausnya. Tapi untuk varian Rendang Burger ini ternyata saya lebih menyukai Tendercrisp Rendang Deluxe karena paduan rasa yang lebih menyatu dengan tambahan sayuran segar disela-selanya.
 
 
Harga menu di atas adalah harga untuk menu ala carte, belum termasuk french fries dan minuman. Jika tertarik untuk mencicipi sentuhan tradisional di dalam western food, Rendang Burger ini dapat dicoba secepatnya mengingat menu ini hanya akan tersedia selama bulan Agustus hingga September di semua outlet Burger King.

You Might Also Like

1 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe