[Hotel Review] : ARTOTEL JAKARTA

Thursday, November 20, 2014

Bulan Oktober yang lalu, saya bersama beberapa blogger diundang untuk menginap di Artotel yang berada di pusat kota Jakarta. Artotel menempati sebuah bangunan dengan desain yang eksentrik. Seluruh dinding luarnya tertutupi oleh graffiti berwarna ungu yang membuat hotel berlantai 7 ini menjadi sangat eyecatchy meskipun tidak terlalu besar.

Artotel merupakan hotel yang sering digunakan untuk keperluan travelling/business dibanding Ieisure. Oleh karena itu, di Artotel tidak ada kolam renang ataupun kids club yang dimiliki oleh beberapa hotel lain.  Namun, meskipun hanya untuk tujuan bisnis/travelling, Artotel jauh dari kata membosankan.



Setiap sudut Artotel didesain dengan artwork-artwork dari seniman lokal seperti Zaki Arifin, Eddy Hara dan Oky Rey Montha. Tidak hanya di lobby, desain artwork yang beragam ini dapat dinikmati sampai ke dalam kamar.  Setiap lantai memiliki tema artwork yang berbeda, saya mendapat kamar di lantai 5 yang didesain oleh Wisnu Auri. 


The view from room 502

Tips : Please check the website first if you want to choose the room, make sure the artwork design suits you. Ask for high floor if you want a nice view, Theresia church/Menteng view is recommended.
 



Dari total 107 kamar, Artotel memiliki 3 macam tipe kamar, yaitu studio 40, studio 25 dan studio 20 yang saya tempati. Meskipun agak kecil, studio 20 ini terasa sangat nyaman, saya menempati kamar 502 dengan pemandangan mengarah ke Sarinah.





Setiap kamar di Artotel dilengkapi dengan TV 32 inch, free wifi access (it’s fast!), hair dryer, safety deposit box,  iPod docking station dan Dolce Gusto Coffee Maker!
 
 
Desain pintu kamar mandinya juga unik. Pintunya merupakan pintu geser yang sekaligus menjadi penutup lemari. Jadi ketika kamar mandi ditutup, maka lemari akan terbuka. Begitu juga sebaliknya. 


 
Tidak lama setelah puas bersantai-santai di kamar, saya menikmati cocktail class & afternoon tea di BART, Rooftop bar milik Artotel yang belum lama dibuka. Untuk lebih jelasnya, sesi cocktail class & afternoon tea di BART bisa dibaca disini.


Pada malam hari tibalah saatnya cooking class dengan chef Artotel yang bertempat di meeting room. FYI, Artotel memiliki meeting room yang cukup luas!


Pada malam itu saya memasak dua menu, Seared Salmon with Apple Cider Sauce dan Evolution Tomato Salad. Yay, ternyata membuat hidangan yang terlihat fancy ini tidak terlalu sulit. Post mengenai resep dan cara pembuatannya akan saya jelaskan di post terpisah ya..
 
 
RoCA
 
RoCA merupakan restoran milik Artotel yang menjadi tempat breakfast sekaligus all day dining yang buka 24 jam. Tidak seperti hotel lain yang mematok harga cukup tinggi, RoCA menawarkan aneka hidangan Indonesia dan western dengan harga yang cukup terjangkau.  



Tips : RoCA has a few promo, like free flow beer, 50% for F&B on every Secretary Day & High Heels Night. Check their website/social media for more details.
 
Chesnut Cream Soup Crispy Smoked Beef


 
Dihidangkan dalam gelas yang mungil. Sup ini lezat! aroma & rasa kacangnya tidak mendominasi rasa, justru menjadi lebih ngeblend dengan tambahan cream. Crispy smoked beef yang gurih membuatnya lebih enak lagi.
 
Grilled Wagyu Striploin served Country Style Potato with Bordelaiase Sauce


Grilled wagyu sirloin ini patut diacungi jempol. Dagingnya juicy dan cukup lembut. Sausnya juga tidak kalah lezat. Rasanya gurih manis dengan bumbu yang cukup intens & pekat.  Yummy until the last bite!
 
Dessert Chocolate Melted served with Vanilla Ice Cream


You can never go wrong with chocolate melt as dessert.
It’s chocolaty, rich, moist and runny on the inside.


Suasana lobby pada malam hari

Overall, service dan rasa makanan RoCA tidak ada yang mengecewakan. Nilai plus untuk ambiance RoCA yang cozy, sehingga membuat betah berlama lama duduk di sini. Saya sendiri asik mengobrol dengan foodies lain hingga jam 1:30 pagi, dan pasti masih akan berlanjut seandainya saya belum mengantuk.
 
 
Breakfast at RoCA
 
 
Satu lagi keuntungan menginap di Artotel karena lokasinya yang cukup strategis. Saya bangun sepagi mungkin untuk menikmati suasana pagi sekitar Artotel. Jika ingin olahraga tapi malas keluar hotel, Artotel juga menyediakan fitness/gym centre yang dapat digunakan selama menginap disana.
 
Tips :  car free day at Sudirman-Thamrin it’s just within walking distance (about 200m) of the hotel. Down the road of Jl. Sunda, you will also find the fresh vegetables, fruit, dessert or milk at the Organic Market every Sunday. It’s fun!
 




Breakfast di RoCA available hingga jam 09:30 AM setiap harinya. Menunya cukup variatif, mulai dari salad & cereal station, bread station, egg station, menu ala American breakfast (sausage, dll), Asian, hingga masakan Indonesia tersedia lengkap untuk dipilih. 


 

Sebelum pulang dan bersiap-siap untuk check out, saya menyempatkan diri untuk melihat art gallery yang terletak di lantai 2 yang berisi beberapa pernak pernik unik dan juga aneka lukisan.  Feast for the eyes!


 
Thank you so much ARTOTEL for the unforgettable staycation!







ARTOTEL THAMRIN JAKARTA
Jl. Sunda No.3 Jakarta Indonesia
(021) 3192 5888

You Might Also Like

6 comments

  1. makasih saya telah mencari cari hotel murah di jakarta ini, tapi tidak ada yang benar dan saya menemukan hotel ini, sangat bermanfaat.
    hoteljkt

    ReplyDelete
  2. Hotelnya unik dan artnya keren abis...

    Pantes dinamain artotel

    Hotel di simatupang

    ReplyDelete
  3. Aku beberapa kali kesini tapi belum pernah nginep jadi pengen nginep ini lucuukk

    ReplyDelete
  4. wow aseli keren bingit review hotelnya dengan sejumlah fasilitas yang ada. Sangat bermanfaat untuk dapat mengetahui yang diberikan oleh hotel agar dapat memberikan pengalaman yang berbeda. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai review kamar hotel yang bisa kamu kunjungi di http://kamarhotel.web.id


    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe