Berbagi Referensi Kuliner dengan OpenSnap

Thursday, September 10, 2015

Bagi tukang makan seperti saya, OpenSnap memang sudah tidak asing lagi. Setidak-tidaknya dari beberapa tahun silam saya sudah mengenal portal kuliner yang bernama Openrice.com. Openrice inilah yang kemudian meluncurkan Opensnap yang juga tidak jauh dari perkulineran. 
Bedanya, jika Openrice lebih cocok untuk orang yang suka menulis, maka Opensnap ditujukan untuk para foodies yang gemar berbagi foto makanan ke social media. Tidak tanggung-tanggung, informasi kuliner dalam Opensnap ini tidak hanya terbatas untuk daerah Jakarta saja, namun juga beberapa kota besar seperti Surabaya, Jogjakarta dan Bali sampai Singapore, Thailand sampai China!

 




OpenSnap tersedia dalam bentuk website yang dapat dibuka di PC ataupun aplikasi yang bisa di download gratis di smartphone (Android & iOs). Loginnya cukup simpel, hanya masukkan account openrice (kalau sudah punya), akun email atau bahkan memakai akun Facebook. Kebetulan saya dulu juga merupakan member dari Openrice, jadi hanya tinggal login menggunakan akun Openrice, saya sudah bisa eksplore OpenSnap. Ternyata di OpenSnap versi terbaru ini banyak fitur-fitur yang menarik!



Setelah login, kita bisa langsung memilih menu yang ada pada halaman depan. Kalau mau mencari referensi kuliner, masuk saja ke “Home”. Halaman “Home” ini berisi berbagai informasi mengenai tempat makan-tempat makan favorit di kota kita. Untuk mempermudah pencarian, tempat makan ini sudah dikelompokkan menurut lokasi ataupun kategori tertentu seperti misalnya masakan Padang, Fine dining, Dessert, Lounge/Bar sampai Halal food. 




 

Untuk tukang makan  seperti saya, yang paling sering saya buka pastinya kategori New Restaurant, agar saya bisa tetap update. Untuk yang sering kehabisan ide cari tempat nongkrong, maka Editor’s pick atau Nearbylah jawabannya. Editor’s pick merupakan berbagai restoran terbaik yang telah disortir oleh Openrice Editor, misalnya seperti kategori Kue Coklat Terbaik di Jakarta. Pokoknya sudah pasti enak deh! Sedangkan Nearby merupakan fitur OpenSnap untuk memunculkan tempat makan dalam radius 2KM di dekat kita dalam bentuk list maupun tampilan peta.

 






Di OpenSnap versi terbaru ini, pengguna juga dimanjakan oleh fitur edit pada location. Jadi saya bisa merubah preferensi lokasi sesuai yang saya mau. Area-area yang saya pilih pastinya merupakan area yang paling sering saya kunjungi untuk jajan jajan cantik.




Kebetulan pagi ini saya sedang ada di Kemang, langsung saya buka OpenSnap buat liat-liat list restonya dan jatuhlah pilihan kepada Parc 19 Bistro Terrace yang rupanya sedang menyediakan menu breakfast barunya. 

Informasi restoran tersedia lengkap sama petanya.

Karena saya harus naik taksi, jadi tanpa perlu repot buka google maps, waze dan sebagainya, saya bisa langsung klik gambar map di samping alamat resto di OpenSnap. Bahkan mapnya bisa langsung dishare ke Line, Whatsapp sampai FB hanya dengan klik tombol yang ada di kanan bawah.  Easy peasy lemon squeezy!




Dan seperti biasa, sebelum makan saya pastinya foto makanan terlebih dulu. Naaah menariknya, upload foto pada OpenSnap juga cukup mudah. Setelah pilih foto yang akan di-upload, tersedia fitur editing untuk mempercantik foto, mulai dari filter, stiker-stiker gemes sampai mengatur brightness bisa dilakukan sesuka hati. Setelah diupload, sesama pengguna OpenSnap dapat memberikan like ataupun komentar di foto itu. 

Foto Kiri : beberapa contoh filter OpenSnap. Foto Kanan : stiker-stiker gemes yang bisa ditambahin di foto yang mau diupload. <3
 

Selain untuk mencari referensi, juga tersedia pilihan untuk upload photo, halaman pencarian restaurant sampai “find foodies”. FYI, sebelumnya, Openrice Indonesia telah digunakan oleh lebih dari 340 ribu pengguna. Disini nih serunya..selain bisa menyalurkan hobi eksis kita, OpenSnap bisa menjadi ajang mencari gebetan  teman-teman baru sesama pecinta kuliner. Kebayang kan serunya café hopping dengan gebetan teman sesama foodies? :)

 

Jangan lupa follow yang fotonya ganteng! #ehgimana
Lewat OpenSnap, kita bisa berinteraksi dengan sesama pengguna OpenSnap melalui fitur Everyone Tab. Melalui fitur ini, kita akan terkoneksi dan terupdate dengan seluruh foodie yang berada di kota tertentu tentang apa yang mereka makan. Selain itu, kita bisa melihat history kunjungan restoran teman yang kita follow lewat Social Visited. jadi kita bisa tahu restoran atau makanan apa saja yang paling banyak difavoritkan teman-teman kita.

 


Nah, buat saya, fitur lain yang juga tidak kalah menariknya adalah fitur Offers Nearby!

Kenapa? Karena fitur ini sesuai dengan kodrat saya sebagai perempuan yang lemah banget sama embel-embel promo dan diskon. Hahahaa…

Banyak info promo & diskon makan! *Kekepin dompet*

Offers Nearby berisi daftar promo dan diskon-diskon dari aneka tempat makan. Nah, biar praktis, saya langsung deh bookmark promo-promo tempat makan yang dekat sama kantor & rumah. Jadi, kalau besok-besok mau jajan, tinggal cus cek page “My Bookmark” cyiin! 
Selain untuk bookmark Offers, pengguna Opensnap juga bisa bookmark restoran atau bahkan foto dan topik yang ada di OpenSnap lho. Fitur Bookmark ini oke banget karena kamu bisa personalized OpenSnap sesuai dengan selera kuliner kamu.

 

Salah satu event OpenSnap yang sedang berlangsung.
 


Jadiiii, kalau kamu juga seorang foodies yang suka banget jeprat jepret foto sebelum makan, aplikasi OpenSnap wajib ada di HP kamu! Banyak banget keuntungan buat jadi member OpenSnap. Semakin sering kamu gunakan, semakin besar pula kesempatan kamu untuk ikutan dalam event-event berhadiah yang sering diadakan OpenSnap.

Yuk buruan coba dan jangan lupa untuk follow dan upload foto dengan hashtag (#) foolosophy yaaa!

I’ll see you soon on OpenSnap! :D 

 

You Might Also Like

4 comments

  1. Fotonya bagus-bagus banget, foto pakai kamera atau pake HP ya? Kalau pake kamera, pindahin ke opensnapnya gimana?

    Food Delivery Jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you Mika. Ini foto pakai kamera. Pindahin ke Opensnap bisa via laptop atau Wifi kalo kameranya ada fitur wifinya..

      Delete
  2. Kalau ke Malang dan sekitarnya, patut dan silahkan dicoba Nandyca Catering – Jl. Puncak Jaya Ujung Kav.4 Dieng, MALANG - Contact Person : Ibu Eka Gautama (Arik) – Telp. 081333234123 – 082230019179 - Catering Malang - Kue Basah Malang - Kacang Sembunyi - Onde-onde Ketawa - Terima kasih...

    ReplyDelete
  3. artikel yang sangat bermanfaat, menambah pengetahuan saya tentang open snap, salam kenal www.RendangPadangOnline.com

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe