Dapur Babah Elite

Saturday, February 19, 2011

"..Menoe DAPUR BABAH ini disoesoen oleh Iboe Wedya dari Tugu Hotels Group, bersoember dari bedienden-bedienden roemah-roemah Babah dari doeloe sampai sekarang.."


Seperti itulah tulisan yang tertera di depan buku menu Dapur Babah Elite. Kontras dengan keadaan kota Jakarta yang serba modern, Restoran Dapur Babah Elite yang menempati sebuah bangunan kuno ini menyuguhkan atmosfir klasik khas peranakan Tionghoa. Tidak ingin setengah-setengah, sang pemilik Resto berusaha menampilkan suasana peranakan yang kental tidak hanya lewat masakan, melainkan juga lewat cerita dan bahasa. Setelah duduk,  di depan para tamu akan terpampang secarik kertas yang berjudul "Koran The Dapoer Babah - Sebuah Pengoemoeman Special" yang berisi informasi tentang Dapur Babah yang menggunakan gaya Bahasa Indonesia jaman dulu, hal yang sama juga akan kita temukan saat membaca daftar menu.
Menu masakan yang dihadirkan Dapur Babah adalah masakan Indonesia yang mendapat pengaruh kultur Tionghoa, mulai dari Sayur Lodeh, Nasi Campur, Nasi Goreng, Bistik Daging, sampai dengan Fuyunghai. Uniknya, di beberapa judul menu ditambahkan sebuah nama. Ternyata hal ini dilakukan untuk mengenang si pencipta resep yang seringkali terlupakan.

Pengoemoeman dan Daftar Menu
Juga menjual aneka kue kering klasik



Benar-benar ada dapurnya!

 Kami memesan Nasi Kare Kepiting, Biefstuk Compleet Oen, Nasi Tjampoer Babah, dan Nasi Pindang Tjoemi Tjoemi Daoen Djati.  Semua penampilan masakannya tersaji dengan cantik, kami juga sempat tertawa-tawa kecil saat melihat beberapa penampilan ajaib dari menu yang kami pesan, seperti peyek di Nasi Tjampoer Babah yang besarnya sama seperti hiasan kepala wanita Minang, atau Nasi Pindang Tjoemi saya yang disajikan dalam wadah yang biasanya untuk nasi.  
Nasi Kare Kepitingnya terdiri dari nasi, tumis buncis, serundeng dan tentu saja kepiting yang diguyur saus kari yang kental. Rasanya enak, sarat akan rempah-rempah namun tidak pedas. Biefstuk Compleetnya terdiri dari tenderloin yang di pan fried, disiram dengan brown sauce yang manis dan dilengkapi dengan setup sayuran, kentang serta irisan telur rebus.




Satu Porsi Nasi Tjampoer Babah yang menjadi salah satu menu favorit disini terdiri dari  nasi hijau yang didapat dari daun pandan dan daun suji, udang goreng kering, sambal goreng kentang, empal, tahu tempe, sayur lodeh, perkedel udang, ayam tjotjoh bumbu rujak, serundeng, rempeyek, sambal terasi, dan acar kuning. Sedangkan nasi putih yang dibungkus daun jati, cumi-cumi, tumis pedas terong kecil, kering teri, pepes tahu, sate lilit yang spicy, kerupuk udang, dan kuah tinta cumi yang sangat gurih menjadi pelengkap menu Nasi Pindang Tjoemi yang saya pesan. Semua makanan hadir dalam porsi yang cukup besar.




Overall, kami puas dengan masakan yang kami pesan di restoran yang mendapat penghargaan Adikarya Wisata sebagai restoran nasional terbaik serta mendukung promosi pariwisata Indonesia di tahun 2010 ini. Baik dari segi ambience restoran, pelayanan, maupun rasa masakan tidak ada yang mengecewakan. Rasa masakan sangat lezat dan kaya bumbu. Satu-satunya yang membuat kami sedikit menyesal adalah tidak bisa lagi mencicipi dessert yang ditawarkan karena perut sudah terlalu penuh. Total harga yang harus dibayar untuk makan 4 orang siang itu adalah 470K-an. 


Dapur Babah Elite
http://www.tuguhotels.com/taojakarta/
Jl. Veteran I no. 18-19
Jakarta Pusat
Tel: (021) 7060 2256, 385 5653
Email: dapurbabah@tuguhotels.com

You Might Also Like

5 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe