White Asparagus Affair at Scusa

Wednesday, May 15, 2013


Bulan April hingga Juni merupakan musim panen asparagus di Eropa.Sayangnya, sayuran kaya antioksidan dan berserat ini tidak dapat ditemukan di Indonesia dengan mudah, terutama untuk asparagus putih. Untuk itu, Scusa meluncurkan promosi menu terbarunya yaitu White Asparagus Affair untuk memperkenalkan citarasa asparagus putih segar yang diimpor langsung dari Peru kepada masyarakat. 



Scusa sendiri merupakan restoran Italia Intercontinental Hotel yang terletak di pusat Jakarta. Restoran ini cukup luas, beberapa private room tersedia di lantai dua, kapasitasnya dapat mencapai 100 pengunjung. Scusa hadir dengan konsep fine dining sekaligus bar lounge yang dapat dijadikan alternatif tempat untuk berkumpul bersama teman ataupun keluarga. 
Suasana restorannya berkesan elegan namun tetap hangat, berbeda dengan restoran fine dining kebanyakan. Uniknya lagi, Scusa memiliki open kitchen yang memungkinkan pengunjung melihat proses memasak hidangan hingga siap disajikan.

Fantasia (65K)
Orange, lychee, mango and grenadine syrup


Mocktail ini merupakan minuman best seller di Scusa. Tidak heran memang, disamping penampilan warna gradasinya yang cantik, rasanya sungguh segar.

Shirley Temple (65K)
Lime, grenadine syrup and soda


Rasanya tidak kalah segar dengan Fantasia, cocok untuk penggemar soda.

Walnut Bread with Feta Cheese (complimentary)


Complimentary bread ini tersedia untuk setiap pengunjung Scusa. Ukurannya cukup besar dan di dalamnya berisi keju feta yang lembut. Roti ini disajikan dengan olive oil sebagai dippingnya.

White Asparagus
Boiled white asparagus, fried egg, black truffle, rosemary butter sauce


Hidangan pembuka yang simpel, ringan dan lezat. Sepertinya menu ini memang dibuat untuk menonjolkan rasa manis alami dan tekstur asparagus putih yang renyah dan berair.

White Asparagus Soup
White asparagus soup with Parmigiano Reggiano fritters


Sup ini menyerupai sup krim yang lembut, hanya saja rasanya lebih ringan karena terbuat dari puree asparagus. Saus pesto pada bagian atasnya menjadi penambah aroma dan citarasa sup, bersama dengan bola keju Parmigiano Reggiano yang memberikan sentuhan rasa unik yang kuat.

Grilled White Asparagus and Beef Tenderloin
Grilled white asparagus, grilled beef tenderloin, gorgonzola, creamed potatoes and béarnaise sauce


Rupanya saya lebih menyukai asparagus putih yang di-grilled karena aromanya wangi, teksturnya renyah dan tidak terlalu berair. Dagingnya dipanggang dengan tepat, lelehan keju gorgonzola dan saus béarnaise yang gurih dan sedikit asam menjadikan hidangan ini semakin lezat. Recommended!

White Asparagus Risotto
Risotto with white asparagus, truffle and parmesan


Risotto ini disajikan sebagai makanan pendamping untuk menu utama. Di dalamnya terdapat potongan-potongan asparagus putih. Rasanya gurih dan creamy, proporsi kejunya pun pas sehingga rasa dan aromanya tidak mendominasi risotto.

Warm Melted Chocolate Cake
Melted chocolate cake with rum raisin ice cream



Penyajian pertama rupanya terlalu lama dioven sehingga tidak ada yang meleleh begitu cakenya dibelah. Langsung saja sang chef membuat chocolate cake yang baru, fresh from scratch untuk kami. Saya suka cakenya yang moist dan coklatnya yang terasa enak. Sepertinya ini juga menjadi salah satu hidangan favorit malam itu, dalam hitungan menit saja, melted chocolate cake ini langsung tandas.

Acara kemudian ditutup dengan obrolan dan tanya jawab singkat mengenai asparagus putih dan masakan yang telah kami santap sebelumnya bersama Chef Wawan Barito sebagai Chef de Cuisine dari Scusa. Karena masa panen asparagus putih ini terbatas, maka White Asparagus Affair ini hanya tersedia di Scusa hingga akhir Juni. Hidangan-hidangan lezat diatas dapat dinikmati dengan harga 105K++ hingga 445K++ per porsinya.




Scusa Italian Restaurant
Intercontinental Jakarta Mid Plaza
Jl. Jend. Sudirman Kav.10 - 11 Jakarta 10220
(021) 251 4188



You Might Also Like

1 comments

  1. Grilled White Asparagus and Beef Tenderloin dan Warm Melted Chocolate Cake sangattt "mengundang"

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe